Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DwinDorAvatar border
TS
DwinDor
Roy Suryo dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara di kasus Meme Stupa


Roy roy...




Jakarta -Roy Suryo, terdakwa penistaan agama dan ujaran kebencian dalam kasus meme stupa Borobudur, dituntut 1 tahun 6 bulan penjara. Roy Suryo juga didenda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan."Menyatakan Terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 A UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sesuai dakwaan alternatif pertama," kata jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (15/12/2022).

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda sejumlah Rp 300 juta subsider pidana kurungan pengganti selama 6 bulan kurungan," tambahnya.

Jaksa membeberkan sejumlah hal yang memberatkan bagi Roy Suryo. Menurut jaksa, tindakan Roy Surya dapat menyebabkan rusaknya kerukunan umat beragama.

"Penuntut Umum mempertimbangkan beberapa aspek, salah satu aspek yang memberatkan Terdakwa yakni perbuatan Terdakwa melakukan quote tweet melalui media sosial Twitter dapat menyebabkan rusaknya kerukunan umat beragama dalam bingkai kebinekaan di mana Terdakwa tidak mencerminkan dirinya selaku tokoh masyarakat atau ahli telematika atau orang yang berlatar pendidikan tinggi yang memahami etika dalam bermedia sosial serta Terdakwa mengingkari perbuatannya dan perbuatannya seolah-olah hal yang biasa dan memberikan apresiasi terhadap kreativitas yang berlebihan yang menyinggung perasaan umat beragama," terang Jaksa.

Jaksa juga menyampaikan hal yang meringankan hukuman Roy Suryo. Hal itu adalah Roy Suryo belum memiliki catatan hukum.

"Segi meringankan diri, Terdakwa belum pernah dihukum," katanya.

Baca artikel detiknews, "Roy Suryo Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara di Kasus Meme Stupa" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6463035/roy-suryo-dituntut-1-tahun-6-bulan-penjara-di-kasus-meme-stupa.

Hanya 1 tahun 6 bulan? itu kalau ditambah diskon ini itu sisa berapa hari yah? mungkin lebaran 2023 udah keliaran dia.. emoticon-Hansipemoticon-Hansip


Cosmoflip
Proloque
bukan.bomat
bukan.bomat dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.7K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan