4574587568Avatar border
TS
4574587568
Pakar: Pilot Sengaja Jatuhkan Malaysia Airlines MH370 ke Arch Ketujuh, Pecah Jadi Dua


KUALA LUMPUR - Gilles Diharce, pakar penerbangan yang juga mantan pengawas lalu lintas udara Angkatan Udara Prancis, mengungkap teori baru tentang misteri lenyapnya penerbangan Malaysia Airlines MH370 bersama 239 orang pada 2014.

Dia mengatakan yang terjadi pada penerbangan itu bukanlah kecelakaan. Menurutnya, penerbangan itu sengaja dijatuhkan oleh pilot di Arch Ketujuh, sebuah area di Samudera Hindia Selatan.

Diharce mengungkapkan teori terbaru ini setelah lebih dari delapan tahun tragedi lenyapnya MH370.

Dia, kepada The Sun Online, yang dilansir Senin (12/12/2022), mengeklaim memiliki bukti yang membuktikan bahwa pesawat itu sengaja dijatuhkan oleh pilot di Arch Ketujuh.

Sebelumnya, ada banyak teori yang saling bertentangan tentang apa yang terjadi ketika pesawat itu lepas landas dari Kuala Lumpur—tetapi tidak pernah sampai ke tujuan yang dituju di Beijing. Dari 239 orang di dalam penerbangan itu, beberapa di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI). 


Penerbangan, dengan pilot Zaharie Ahmad Shah di pucuk pimpinan, menghilang dari radar penerbangan sekitar 40 menit setelah lepas landas, memicu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Teori resmi untuk hilangnya pesawat Boeing-777 menunjukkan bahwa pesawat melakukan putaran balik yang dramatis tak lama setelah komunikasi terakhirnya dengan kontrol lalu lintas udara, terbang berjam-jam sebelum jatuh ke Samudera Hindia.

Beberapa percaya pesawat MH3870 dibajak, sementara yang lain mengeklaim pesawat itu dijatuhkan oleh Angkatan Udara AS atau bahwa pesawat itu dalam "mode jelajah" ketika jatuh.

Banyak teori yang menyalahkan hilangnya pilot, Kapten Zaharie Ahmad Shah, sesuatu yang juga diyakini oleh Diharce. 


Tetapi penjelasannya berbeda dari yang lain, menunjukkan alih-alih pesawat meluncur dengan "death spiral" berkecepatan tinggi ke tempat yang dikenal sebagai Arc Ketujuh, pilot mencoba melakukan "soft ditching"—pendaratan darurat terkontrol—selama penurunan terakhirnya ke laut. 

Teori Diharce mengeklaim bahwa pada saat-saat terakhirnya, pilot dapat menyalakan sistem daya cadangan pesawat untuk mendapatkan kembali kendali pesawat ketika kedua mesin gagal berfungsi karena kehabisan bahan bakar.

Itu akan menjelaskan mengapa sistem komunikasi pesawat tiba-tiba menyala dan mencoba terhubung ke sistem satelit; Inmarsat.

Diharce yakin pilot kemudian mendaratkan pesawat dalam luncuran terkendali.

Tapi itu tidak berjalan sesuai rencana dan air yang berombak menyebabkan pesawat terbelah menjadi dua atau tiga bagian.

Diharce percaya luncuran itu adalah upaya yang disengaja untuk menenggelamkan reruntuhan dengan puing-puing sesedikit mungkin.

“Mengapa seseorang ingin menerbangkan pesawat ke tengah Samudera Hindia?” tanya pakar tersebut.

“Mungkin orang yang mengendalikan pesawat tidak ingin ada orang yang menemukan pesawat itu di masa depan. Menghilang tanpa jejak," ujarnya.

Jika teorinya benar, itu juga berarti pesawat itu bisa saja jatuh ke bagian Samudra Hindia Selatan yang belum diteliti. 


Diharce mengeklaim sekitar tujuh jam setelah MH370 hilang—dan hampir kehabisan bahan bakar—pilot melakukan tindakan sengaja menjatuhkan pesawat dan seluruh penumpangnya.

Selama penyelaman tiba-tiba, sistem komunikasi SATCOM pesawat dihidupkan ulang dan permintaan untuk bergabung dengan jaringan Inmarsat menunjukkan seseorang masih memegang kendali selama saat-saat terakhir penerbangan.
"Itu mengirim pesan ke satelit untuk menyambung kembali ke jaringan sehingga daya terputus dalam delapan menit ini," kata Diharce.
Dia yakin pilot bisa menyalakan pesawat ke sistem cadangan yang disebut APU untuk dapat mendaratkannya dalam mode meluncur.
“Untuk membuang pesawat, Anda harus memiliki kendali yang lebih baik terhadap pesawat. Kalau tidak punya mesin, sangat sulit untuk menerbangkan pesawat dan sangat berat untuk terbang,” ujarnya.

“Jika Anda mengaktifkan APU, Anda mendapatkan kembali daya listrik normal dari semua kontrol penerbangan dan Anda mendapatkan kembali kontrol penuh dengan kontrol fly-by-wire," paparnya.

“Itu akan menjelaskan gangguan daya pada sistem SATCOM dan mengapa mencoba menyambung kembali.”

Dia percaya pesawat meluncur ke laut bukan "death spiral" yang disarankan dalam laporan resmi setelah mesin kanan "flamed out" karena kekurangan bahan bakar.

Dengan hanya mesin kiri yang masih berfungsi, pilot harus menggunakan kemudi pesawat agar tetap lurus agar tidak berputar dalam kecelakaan berkecepatan tinggi.

Gilles percaya bahwa kurangnya puing-puing dari kecelakaan itu juga menunjukkan upaya ditching dan bahwa MH370 bisa pecah menjadi dua atau tiga bagian.
Berbicara tentang penurunan terakhir pesawat, Diharce berkata: “Tidak mudah untuk memahami bagaimana pesawat itu diterbangkan pada saat itu; itu hipotesis. Yang dapat kami pertimbangkan adalah bahwa pencarian itu tidak berhasil."

“Para pejabat membuat beberapa asumsi untuk menentukan area pencarian. Di Arc Ketujuh, kita tahu pesawat mengirim pesan ke satelit untuk mendapatkan kembali kontak," ujarnya.

“Mereka menganggap bahwa itu adalah kecelakaan berkecepatan tinggi pada akhirnya. Saya tidak sepenuhnya yakin akan hal itu.”
Dia mengatakan puing-puing pertama yang ditemukan memberi petunjuk bagaimana pesawat itu jatuh.
“Puing-puing pertama yang ditemukan adalah flaperon...bagian belakang flaperon disebut trailing edge. Bagian ini tidak ada di flaperon," ujarnya.

“Itu bisa menunjukkan bahwa flaperon masih bergerak ke atas saat menyentuh air," katanya.

"Kami tidak memiliki puing-puing ini jika Anda mengalami kecelakaan berkecepatan tinggi."
Flaperon membantu mengendalikan kecepatan dan posisi pesawat dan digunakan selama pendaratan.
Diharce percaya bahwa kerusakan pada flaperon, yang ditemukan di Pulau Reunion pada tahun 2015, menunjukkan bahwa pesawat meluncur daripada berputar keluar dari langit.

Tapi dia tidak pernah bisa menganalisis puing-puing dari dekat—dia hanya melihat gambar yang dibagikan kepada publik. 


Ketika ditanya tentang kemungkinan motif, Diharce mengatakan itu tidak jelas, tetapi menunjukkan fakta bahwa pilot tidak menjalani pemeriksaan medis selama empat tahun sebelum menghilang—sesuatu yang harus dilakukan pilot setiap tahun.

Putri Kapten Shah juga menyatakan bahwa ayahnya berada dalam kekacauan emosional atas kehancuran pernikahannya yang akan datang dan terganggu serta menarik diri pada bulan-bulan menjelang kecelakaan itu.

Diharce melanjutkan untuk menjelaskan bahwa pesawat penumpang dilengkapi dengan beberapa sistem cadangan jika ada sesuatu yang gagal di dalam pesawat—yang berarti tidak mungkin untuk tidak melakukan kontak jika ada kesalahan teknis dengan pesawat.

Sebagai anggota Angkatan Udara Prancis selama 17 tahun, dia berkata: “Tidak mungkin menganggap bahwa pesawat ini mengalami kegagalan teknis."

"Ketika Anda mempelajari bagian pertama dari hilangnya, sangat sulit untuk menjelaskan bahwa itu adalah kesalahan teknis pada pesawat, tetapi seseorang di pesawat yang tidak mau menelepon melalui radio," katanya.

Sistem komunikasi SATCOM MH370 dimatikan sampai pesawat itu turun untuk terakhir kalinya.

Diharce berkata: “Ini tentu mengejutkan. Saat ini SATCOM sudah dinyalakan kembali, jadi pertanyaannya kenapa SATCOM sebelumnya tidak dinyalakan?"

"Apakah ada seseorang di kokpit yang memutus input tenaga listrik ini?" tanya dia.

“Ketika SATCOM memiliki koneksi baru, seharusnya pesawat bisa mengirimkan pesan lagi yang menunjukkan posisi pesawat setiap 30 menit sekali. Bukan itu masalahnya," imbuh dia.

Diharce telah memetakan berbagai lokasi di mana dia yakin pesawat itu mungkin akhirnya jatuh. 


Teori utama saat ini adalah bahwa bangkai pesawat itu mungkin berada di dasar laut di daerah yang dikenal sebagai Arc Ketujuh—yang sebelumnya telah dijelajahi dua kali.

Namun, Diharce telah mengidentifikasi area tepat di sebelah zona pencarian asli yang dicakup oleh Ocean Infinity dan Pemerintah Australia antara tahun 2014 dan 2018.
Dia menyerahkan temuannya ke Biro Penyelidikan dan Analisis Prancis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil, dan kepada otoritas Australia dan Malaysia.
Ocean Infinity telah mengusulkan pencarian terakhir pada tahun 2023 dan Diharce berharap area pencarian barunya akan dipertimbangkan.


sumber
0
853
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan