dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Tiongkok Kenang Li Wenliang, Dokter Pertama yang Peringatkan Covid-19
Tiongkok Kenang Li Wenliang, Dokter Pertama yang Peringatkan Covid-19

11 Desember 2022, 14:31:24 WIB



JawaPos.com – Rakyat Tiongkok frustasi dengan kebijakan Presiden Xi Jinping yang menginginkan nol-Covid dengan tindakan penguncian ketat di sejumlah wilayah. Dampaknya, warga teringat dengan sosok dokter whistleblower, Li Wenliang, yang menjadi simbol ketidakpuasan publik terhadap penanganan pandemi virus Korona.

Maka ramai-ramai netizen atau warga menulis dan menyebut akun dokter tersebut untuk mengenangnya. Sebelum meninggal karena Covid-19, Li yang bekerja di sebuah rumah sakit di kota Wuhan di Tiongkok, termasuk di antara 8 dokter yang ditegur oleh polisi setempat pada awal tahun 2020 karena dianggap menyebarkan desas-desus tentang penyakit mirip SARS yang baru-baru itu muncul di kota tersebut.

Beberapa pekan kemudian, ketika virus korona mulai menyebar ke seluruh dunia, Li meninggal karena penyakit tersebut setelah tertular di tempat kerja. Dia berusia 33 tahun.

Kini, banyak pengguna media sosial bergegas memberi tahu Li, membanjiri profilnya di Weibo, dengan ungkapan terima kasih, perayaan, dan kesedihan. “Sudah tiga tahun, dr. Li, sudah berakhir,” kata salah satu netizen seperti dilansir dari CNBC, Minggu (11/12)

“Dr. Li, dalam tiga tahun terakhir, saya sering memikirkan Anda di malam hari. Saya menangis setiap saat,” tulis seorang komentator lain dari provinsi Sichuan.

Pelonggaran pembatasan terbaru terjadi setelah protes massal di seluruh Tiongkok menentang kontrol nol-Covid dengan beberapa demonstran menyerukan Xi untuk mundur. Situasi ini telah melelahkan publik.

“Epidemi telah berakhir, begitu juga masa muda saya,” kata seorang komentator dari wilayah Mongolia Dalam di halaman Li.

Beberapa pengguna Weibo bersumpah untuk membuat Li bangga saat jumlah kasus meningkat. “Saya harap rekan-rekan yang masih hidup tidak akan mengecewakan Anda, dan virusnya akan segera hilang,” kata seorang komentator dari provinsi Jiangsu.

“Terima kasih, kami bersyukur telah memilikimu dan kamu akan selalu diingat,” kata netizen.

https://www.jawapos.com/internasiona...tkan-covid-19/
0
602
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan