muqfaAvatar border
TS
muqfa
Tips Mendidik Anak Berwatak Keras
Setiap anak membawa watak, sifat dan perilakunya masing-masing. Ada anak yang “keras” ada juga yang “lunak”. Ada anak yang pecicilan ada juga anak yang anteng. Ada anak yang mudah bergaul, ada juga anak yang butuh waktu untuk berbaur bersama teman-temannya. Ada anak yang ceria, heboh dan berisik, ada juga anak yang pendiam. Sifat itu sudah terinstal dari “sononya” alias build in.

Quote:


Sebagaimana hal ini akan mudah di temui di dalam kelas atau komunitas anak-anak. Ada anak yang banyak keinginannya, selalu pengen beli ini beli itu. Ada anak yang malah sebaliknya, jarang sekali minta ini minta itu, kadang malah sampai ditawari, “Sayang, kamu mau beli apa?”

Tersebutlah ada satu anak yang memiliki watak yang keras, banyak maunya, banyak imajinasinya. Kalau yang diinginkannya belum ia dapatkan, jangan harap suasana akan aman tenteram sentosa. Jika dia sudah punya pendirian, tidak mudah membelokkannya. Dia tidak mudah diperintah dan diatur, malah sebaliknya dia yang atur semua temannya. Dia tidak bisa dimarahi, tidak bisa dikerasi. Jika itu dilakukan malah sebaliknya, akan semakin besar penolakannya, akan semakin sulit mengarahkannya.

Menghadapi anak seperti ini, jika kita tidak berlapang dada maka akan membuat kita cepat emosi. Apakah ada yang punya anak seperti ini? bagaimana menghadapinya?.

Berikut ini beberapa Tips yang bisa kita lakukan.

1. Banyak-banyak menyebut namanya, menghadirkan wajahnya dalam doa kita, doakan segala yang terbaik untuknya.

2. Dengarkan isi hatinya, curhatnya, tanyakan apa yang ia inginkan.

3. Jangan paksa dan perintah. Fitrah manusia itu hatinya lembut, kuasai hatinya, apa saja yang kita inginkan akan dia penuhi.

4. Hargai pilihannya walaupun itu tidak sesuai dengan pilihan kita. Yang penting pilihan itu tidak bertentangan dengan aqidah, norma susila dan budaya.

5. Jangan gurui, tapi banyak berdiskusi. Kadang anak tidak mau digurui.

6. Berkisah atau bercerita. Banyak-banyak ngobrol, dan berkisah pengalaman kita atau pengalaman orang lain dengannya.

7. Pahami sudut pandang dan cara berfikirnya. Kita perlu mengenal anak kita lebih dalam, mengenalnya dengan sangat detail kan memudahkan kita memahami cara berfikirnya.

8. Jika ingin menasihati, jangan saat kita emosi. Biasanya jika sedang emosi kata-kata kurang terkontrol. Agar tidak menimbulkan salah persepsi, tunggu waktu yang pas.

9. Jangan sekali-kali lakukan kekerasan fisik. Sebesar apapun marah kita, jangan sekali kali memukul, itu tidak akan menyelesaikan masalah.

10. Ibu harus waras, senangkan hati ibu, kelak ibu akan tenang menghadapi bagaimanapun tingkah polah anak.

11. Jika sikapnya positif, jangan pelit memberikan pujian.

12. Selalu sampaikan kepadanya, bahwa kita bersyukur pada Allah memilikinya.

Itulah yang sedikit bisa disampaikan di sini, semoga ada manfaatnya buat yang membacanya, apalagi yang sudah mempraktekannya, semoga ada yang bisa berikan testimoninya di sini untuk diupdate di thread ini ke depannya

Selamat mendidik anak-anaknya yaa...emoticon-Big Grin
Diubah oleh muqfa 26-11-2019 09:40
UriNami
tata604
makola
makola dan 10 lainnya memberi reputasi
11
10.2K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan