xianying21Avatar border
TS
xianying21
Mengenang 10 Smartphone Andromax di Masa Kejayaan Smartfren, Agan Pernah Punya?


Ketika pertama kali Android muncul sebagai salah satu OS perangkat mobile, banyak yang terkagum-kagum dengan segala fiturnya yang terbilang canggih dan jauh melampaui feature dan bahkan Blackberry sekalipun. Karena open source, membuat setiap vendor bebas mengadopsi Android tanpa membayar sepeser pun ke Google. Karena itulah ketika masa-masa awal Android muncul, banyak Android murah bermunculan dan diserbu oleh konsumen.

Salah satu yang suka merilis Android murah adalah Smartfren Andromax yang bekerjasama dengan Hisense dan Haier untuk memproduksi smartphone Anderoid dengan harga yang terjangkau. Dulu, Andromax ternyata sangat diminati sebelum akhirnya tergeser oleh Xiaomi dan yang lainnya. Berikut ini adalah deretan smartphone dari Andromax yang sempat meramaikan pasar Android di Indonesia.

1. Andro Max


Smartfren Andro Max E860 dirilis pada akhir tahun 2012 sebagai smatrphone murah yang dibundling dengan kartu Smartfren. Andro Max laris manis karena harganya yang di bawah satu jutaan atau lebih tepatnya Rp. 700 ribuan saja. Versi Androidnya sudah Ice Cream Sandwich, RAM 512 MB dan storage setengah GB. Andro Max menjadi salah satu pionir Android muraj di Indonesia.

2. Andromax C


Ini dia smartphone fenomenal dari Smarrfren yaitu Andromax C yang dirilis saat memasuki pertengahan tahun 2012 dengan harga Rp. 650 ribuan. Dengan harga yang sangat murah, Andromax C laris bak kacang rebus sampai-sampai stoknya habis di berbagai galeri Smartfren di seluruh Indonesia. Andromax C merupakan smartphone low end penerus dari Andro Max dengan sejumlah upgrade seperti ukuran layar, kamera depan, dan storage yang menjadi 4GB. Andromax C merupakan salah satu smartphone Andromax terlaris.

3. Andromax U


Andromax U adalah Android keluaran Smartfren yang dirilis pada awal tahun 2012 sebagai pilihan spek lebih tinggi dari Andro Max. Seperti layar 4.5 inchi, RAM 758MB, dan lain-lain. Andromax U mempunyai penerus yaitu Andromax U2 dengan peningkatan atau upgrade spek di beberapa aspek.

4. Andromax C2


Andromax C2 dirilis pada pertengahan tahun 2014 menjelang bulan Ramadhan sebagai penerus Andromax. Harganya adalah Rp. 650 ribuan dan juga sangat laris di pasaran. Spesifikasinya hampir sama dengan Andromax C namun memiliki sejumlah peningkatan dari segi performa. Andromax C2 juga punya penerus yaitu Andromax C3 yang harganya Rp. 500 ribuan dan menjadi salah satu Android termurah sepanjang masa.

4. Andromax G


Andromax G diluncurkan sekitar awal tahun 2014 sebagai smartphone murah low end dengan harga di bawah satu jutaan. Dengan Andromax G, pengguna bisa memain game yang sedang populer ketika itu seperti Subway Surfers, dan Clash of Clans.

5. Andromax T


Kembali ke tahun 2013, Andromax T adalah Android low end dengan spesifikasi yang lebih tinggi yaitu RAM 1GB dan ROM 4GB yang saat itu merupakan spek yang lumayan, mengingat RAM yang terbesar di tahun 2013 adalah 2GB.

6. Andromax Z


Salah satu Andromax yang lumayan banyak peminatnya di tahun 2013 adalah Andromax Z yang merupakan Android mid range di masanya. Punya bentang layar 5.5 inchi, merupakan ukuran layar yang besar untuk saat itu.

7. Andromax R, Q




Di tahun 2015, Smartfren mulai beralih ke 4G dan meluncurkan Android 4G pertamanya yaitu Andromax R dan Andromax Q dengan harga di bawah dua jutaan. Andromax R punya spek yang lebih tinggi dari Q seperti ukuran layar yang lebih besar.

8. Andromax Ec dan Andromax Es


Beberapa kemudian, Smartfren kembali meluncurkan Andromax 4G dengan harga yang lebih murah, di bawah satu jutaan yaitu Andromax Ec dan Andromax Es dengan spek low end dan keduanya tak memiliki perbedaan berarti selain perbedaan vendor Haier dan Hisense.

9. Andromax A


Nah, ini juga sempat menggemparkan pasar Android karena dijual dengan harga Rp. 650 ribuan untuk sebuah hape 4G dan menjadi hape 4G termurah saat itu. Penjualannya pun laris manis dan menjadi smartphone Andromax terakhir yang laris manis dan mengguncang pasar.

10. Andromax B dan L




Smartfren merilis smartphone terakhir mereka ini pada tahun 2017, ketika Xiaomi benar-benar masuk ke Indonesia dengan serius dan diikuti oleh brand lainnya. Smartfren kemudian memutuskan menutup bisnis smartphone mereka pada 2018.

Nah, apakah agan setuju kalau Andromax dibangkitkan lagi? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi


bang.toyip
nomorelies
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan