xianying21Avatar border
TS
xianying21
8 Hal yang Ada Dalam Android Jadul dan Perbedaannya dengan Sekarang, Baterai Boros


Android pertama kali diluncurkan pada 2008 yang lalu oleh Google. Namun, baru pada 2009 berbagai vendor mulai mengadopasi OS robot hijau tersebut. Sedangkan hape Android pertama adalah HTC Dream yang dirilis pada 2008. Android pertama kali booming ketika Samsung merilis seri Samsung Galaxy S pada 2010. Kemudian Android mulai berkembang pada awal 2010an dan berhasil menguasai dunia OS perangkat mobile sampai sekarang.

Pada awalnya, OS Android belum lah stabil seperti sekarang namun masih memiliki kekurangan. Namun pada waktu itu Android tetaplah lebih canggih dari feature phone. Lalu, apa saja sih perbedaan Android jadul dan sekarang?

1. RAM


Salah satu kekurangan Android jadul dibandingkan dengan iOS adalah kapasitas RAM yang kecil tapi kinerja yang penuh sesak dan lag. Makanya dulu Android sering diejek sebagai hape yang suka ngelag oleh para pengguna iPhone. Dulu RAM yang paling besar adalah 2GB dan paling kecil adalah seperempat 4GB. Untuk Android kelas menengah dengan RAM 1GB saja sudah termasuk bagus.

2. Kapasitas (Storage)


Storage Android jaman sekarang yang paling kecil adalah 64GB, 32GB itu sudah sangat minimal. Sedangkan Android jadul itu storagenya sangat kecil, ada yang hanya 4GB dan bahkan ada yang di bawah 1GB seperti Samsung Galaxy Y. Kala itu ukuran aplikasi memang kecil-kecil tapi tetap saja kurang nyaman dalam pemakaiannya.

3. Bentang Layar

Android jadul memiliki bentang layar paling besar adalah 5 inchi yang biasanya didapat di Android kelas menengah sampai flagship. Sedangkan Android jelata ada yang 3,5 inchi bahoan 3 inchi. Sejak tahun 2013, kemudian layar yang umum adalah 4 inchi dan digantikan oleh 5 inchi.

Sedangkan Android sekarang ukuran layarnya hampir semua di atas 6 inchi dengan rasio layar 18:9 dan 19:19.

4. Aplikasi Pihak Ketiga


Android jadul sering kali diinstal aplikasi pihak ketiga untuk mengubah penampilan seperti aplikasi launcher, SMS, dan yang lainnya. Pengguna Android jadul suka sekali memodifikasi penampilan lewat aplikasi pihak ketiga karena sebelumnya di feature phone itu tidak bisa dilakukan.

Aplikasi Android sekarang lebih fungsional karena sudah seperti kebutuhan primer seperti transportasi online, m-banking, berbelanja, dan yang lainnya.

5. Baterai Boros


Sepertinya waktu itu bukan hanya Android yang memiliki masalah baterai boros tapi juga iPhone. Waktu itu teknologi baterai besar belum semaju sekarang. Satu hari, Android bisa dicas sampai dua atau tiga kali. Sangat boros.

Sejak 2017, kapasitas baterai Android mulai besar-besar dan awet serta bisa tahan seharian.

6. Kamera


Kamera Android jaman dulu ya kamera standar dengan satu di depan dan satu di belakang. Sedangkan Android sekarang kamera belakangnya bisa lebih dari dua dengan aneka fungsinya dan bisa merekam video berkualitas tinggi. Untuk kamera depan Android jadul lebih difokuskan untuk video call, sedangkan Android sekarang bisa digunakan dengan baik untik vlog sampai selfie.

7. Oprek


Android jadul para penggunanya hobi banget dalam ngoprek alias melakukan root lalu memodifikasi apapun di dalamnya. Android sekarang, para opreker memang tidak sebanyak dulu tapi tetap ada. Padahal dulu setiap ada Android baru pasti yang ramai dibahas di forum-forum adalah bagaimana cara root dan memasang custom rom.

8. Main Game


Sudah jelas kalau Android sekarang sudah sangat bisa memainkan game-game online seperti PUBG, Mobile Legends, dan Free Fire. Sementara Android jadul, bisa memainkan Angry Birds dan Temple Run saja sudah sangat bagus.

Ayo, gan apalagi ya? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
ochezz
sukhoipakfa
angelkidz
angelkidz dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan