Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ernovAvatar border
TS
ernov
183 Siswa Ikut UAS Sebelum Terusir dari SDN Pocin 1, Sempat Ada Keributan

Foto: Sebanyak 183 siswa SDN Pocin 1 mengikuti ujian akhir semester (UAS). Ujian ini merupakan kegiatan terakhir mereka sebelum dipaksa Pemkot Depok angkat kaki. (Devi Puspitasari/detikcom)

Depok- Sebanyak 183 siswa SDN Pondok Cina (Pocin) 1 mengikuti ujian akhir semester (UAS). Ujian ini merupakan kegiatan terakhir mereka sebelum dipaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok angkat kaki dari SDN Pocin 1.

Pantauan detikcom, sejumlah guru kembali datang mengawasi prosesi kegiatan yang juga disebut dengan penilaian akhir semester (PAS) ini. Keributan sempat terjadi saat orang tua diminta keluar dari kompleks sekolah.

"Ada 183 siswa yang ikut ujian di sini. Kita tadi udah diem kondusif terus dateng nyuruh kita (ibu-ibu) nunggu di luar malah jadi ribut," kata salah satu orang tua siswa, Cici, saat ditemui di SDN Pocin 1, Jl Margonda Raya, Depok, Senin (5/12/2022).

Pada pukul 09.20 WIB, terlihat siswa melaksanakan ujian di ruangan kelas dengan kondusif. Di lapangan sekolah, sejumlah orang tua murid sempat menunggu anak-anak mereka melaksanakan PAS. Namun, keributan terjadi di luar bangunan sekolah.

Keributan terjadi saat pihak Dinas Pendidikan Depok menyarankan orang tua siswa untuk menunggu di dalam bangunan sekolah.

"Tadi saya bertanya sama ibu-ibu, Satpol PP sudah bertindak belom? 'tidak' katanya. Cuma dari kepala dinas mengatakan ibu-bu disuruh keluar," kata anggota DPRD Kota Depok, Oparis Simanjutak, kepada detikcom di SDN Pocin 1.

Oparis mengatakan keributan terjadi lantaran Kepala Dinas Pendidikan yang menyarankan wali murid untuk menunggu di luar bangunan sekolah. Namun, hal tersebut sudah diredam olehnya karena kedatangan Kepala Dinas mulai diwarnai keributan di luar sekolah.

"Ini berproses lagi ujian, kalau bisa saya hadir di sini sampai ujian selesai supaya anak-anak kondusif. Kalau tidak ada, saya rasa akan semakin ramai tidak ada solusi jadi ribut," kata Oparis.


Polemik Relokasi SDN Pocin 1

Sebelumnya diberitakan, rencana relokasi SDN Pocin 1 karena di lahan tersebut akan dibangun masjid ramai diperbincangkan. Selain dari pihak ortu, keputusan Pemkot Depok itu menuai kritik dari anggota DPRD Kota Depok hingga sejarawan.

Meski begitu, Pemkot Depok tetap menjalankan rencana tersebut. Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga 9 Desember di mana pekan tersebut diisi kegiatan ujian. Setelah itu, siswa diharuskan 'angkat kaki' untuk pindah ke sekolah lain.



Siswa dari kelas 1-6 SDN Pocin pun dibagi ke dua sekolah yakni SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5. Dalam surat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, siswa kelas 1, 2, dan 6 SDN Pocin 1 akan belajar di SDN Pocin 5 per tanggal 14 November 2022. Sementara siswa kelas 3, 4, dan 5 belajar di SDN Pocin 3.



Per Jumat (2/12), sekitar 200 siswa masih belajar di SDN Pocin 1 meski tak ada lagi guru yang mengajar mereka. Sejak pertengahan November, para siswa akhirnya diajar oleh orang tua murid dan relawan.



Belajar di SDN Pocin 1 Dibatasi hingga 9 Desember


Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga Jumat (9/12). Siswa SDN Pocin 1 dipaksa angkat kakipada pekan selanjutnya.



"Kita membatasi proses belajar mengajar maksimal sampai tanggal 9, setelah itu pada tanggal 12 Desember mereka sudah harus pindah ke SDN Pondok Cina 3 dan 5, yang berkenan untuk pindah," kata Sekda Depok, Supian Suri, usai audiensi pada Rabu (30/11).



Sumber

Ati2 pak kadis, akan terkabulnya doa orang yang terdholimi, ada 183 siswa beserta keluarganya yang ga ikhlas pindah. Jangan sampai ada berita jenazah dilepeh bumi emoticon-linux2




syahali
letterboxd
bontakkun
bontakkun dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan