ibukfatimahAvatar border
TS
ibukfatimah
Kala Habib Rizieq Ogah ke Reuni 212 Versi Demo Sebab Bisa Dipenjara

Kala Habib Rizieq Ogah ke Reuni 212 Versi Demo Sebab Bisa Dipenjara

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 21:04 WIB



Habib Rizieq (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Habib Rizieq Shihab (HRS) hadir dalam acara reuni 212. Habib Rizieq mengaku ogah ke reuni 212 jika dalam bentuk demo karena takut dipenjara lagi.
Reuni 212 bertajuk 'Munajat Akbar Indonesia Bersholawat' digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim) Jumat (2/12/2022). Keraguan untuk hadir dalam reuni 212 itu disampaikan Habib Rizieq kepada para hadirin.

Habib Rizieq mengaku terlebih dulu konsultasi dengan pengacara sebelum menghadiri acara reuni 212. Setelah konsultasi, akhirnya Habib Rizieq mau datang ke reuni 212.


"Saya konsultasi dengan para pengacara nih, kalau saya datang ke reuni, ini pelanggaran hukum apa bukan. Ini yang jadi persoalan. Kalau pelanggaran, besok PB (pembebasan bersyarat) saya dibatalkan, besok saya dicomot lagi untuk dimasukkan ke penjara selama satu tahun. Tapi kalau bukan pelanggaran hukum, nggak ada masalah," kata Habib Rizieq dalam sambutannya.

Habib Rizieq mengaku langkah bertanya kepada pengacara agar dirinya bisa lebih waspada. Habib Rizieq mendapat penjelasan bahwa secara de jure atau secara hukum, hadir reuni 212 tidak melanggar, termasuk melakukan demonstrasi.

"Itu secara de jure, tapi secara de facto itu bisa menjadi masalah kalau ada orang-orang yang tidak suka (lalu) mempermasalahkan. Karena itu pengacara mengatakan 'gini aja Habib', usul dari pengacara, 'Habib tanya dulu, itu mereka bikin reuni bentuknya bagaimana? Kalau bentuknya demo, aksi di jalan, sebaiknya Habib jangan ikut', oh pengacara tolak keras, jangan ikut," jelasnya.

"Walau secara hukum boleh, asal demonstrasi ada pemberitahuan ke polisi. Tapi demo itu riskan, ada satu yang nimpuk, bisa ribut. Kalau terjadi keributan, Habib kena. Demonstrasi itu riskan karena ada orasi politik di mobil komando, begitu ada orasi politik dan dianggap tidak menyenangkan, Saudara, bahkan dianggap provokasi ke masyarakat, walau bukan saya yang bicara, tetap saya akan dipermasalahkan, maka pengacara bilang, jangan ikut kalau demo, udah nggak usah ikut meski disebut demo damai, karena riskan, bisa terjadi sesuatu," lanjut dia.

Baca juga:
Reuni 212 Digelar di Masjid At-Tin, HRS Doakan Soeharto dan Ibu Tien







Yang terpenting bagi Habib Rizieq saat ini adalah tidak melanggar aturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Habib Rizieq mengatakan panitia acara datang langsung ke kediamannya dan menyerahkan undangan bersama tokoh-tokoh 212.

"Kalau bentuknya seperti yang lalu-lalu, dulu pernah ada reuni kan, kalau bentuknya salat tahajud, salat Subuh, zikir, ah itu nggak ada masalah, yang penting tausiahnya, tausiah keagamaan, jangan jadi orasi kayak demonstrasi, jadi ini arahan para pengacara, saya terima, karena pengacara lebih paham soal hukum nasional. Begitu kita sudah diskusi, berapa hari panitia datang sebelum acara? Tiga hari sebelum acara, para panitia datang ke rumah saya bersama tokoh-tokoh 212 yang pernah ikut di tahun 2016, datang ramai-ramai sampaikan hajatnya," tuturnya.

Habib Rizieq lantas mewanti-wanti bahwa dirinya bisa terancam kembali dipenjara jika reuni 212 hari ini berujung menjadi persoalan. Untuk itu, dia betul-betul menjaga segala kegiatannya.

"Saya jawab dengan jawaban pengacara, saya bilang 'kalau bentuknya demo, aksi, maaf, saya tidak terima', bukan persoalan saya takut, bukan persoalan saya nggak berani, persoalannya ini strategi dakwah, strategi perjuangan, karena begitu saya ikut saya dipenjara lagi 1 tahun, saya nggak bisa kumpul gini sama umat," imbuhnya.

Reuni 212 digelar mulai dini hari. Acara diawali salat tahajud dan salat Subuh berjemaah.

https://www.google.com/url?q=https:/...jtnZhrvDe2Ry2Q

Ngedown mbibemoticon-Ngakak

Nelson Mandela gk pernah mundur mbib walau dipenjarakan puluhan tahun,karena dia merasa dia dalam kebenaran mbibemoticon-Cool

scorpiolama
rinandya
xneakerz
xneakerz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan