Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Awas Teman FB Lama Kembali Minta Konfirmasi Pertemanan, Ini Yang Bakal Terjadi!
Awas Teman FB Lama Kembali Minta Konfirmasi Pertemanan, Ini yang Bakal Terjadi?



Kejadian ini baru beberapa hari yang lalu kembali menimpa saya. Di mana malam itu, teman FB aku kembali mengajak pertemanan. Sepahamku dulu sudah berteman.

Takut dikira sombong, tanpa berpikiran buruk angsung saja aku konfirmasi pertemanannya. Tanpa ba-bi-bu, setelah aku mengonfirmasi pertemanan, ia langsung kirim mesengasr yang intinya, kalau ia lagi di rumah sakit. Katanya istrinya lagi opname dan butuh pulsa untuk mengabari keluarga di rumah. Sayang pulsanya menipis sehingga ia pun meminta untuk membelikan pulsa.

Namun aku mulai curiga, teringat kejadian tersebut pernah menimpa aku dan modusnya sama. Di rumah sakit, istri opname dan butuh pulsa untuk menelpon saudara.



Karena teringat hal tersebut, aku langsung kirim foto skrinshot isi mesengasr tersebut ke grup alumni sekolah. Siapa tahu ada teman, atau yang bersangkutan memberikan klarifikasi. Dan benar saja, ada teman sekolah aku yang mengabarkan bila akun FB kena hack.

Selanjutnya chat-chat di grup alumni sekolah tersebut aku kirim ke orang yang messager aku di FB. Namun tidak ada respon dari si oknum tersebut. Mungkin dia tahu kalau modus operandinya gagal diterapkan ke aku.



Yang dapat dipetik dari pengalaman saya adalah.

1. Harus lebih berhati-hati bila teman FB kembali meminta konfirmasi pertemanan lagi, bisa jadi akun tersebut kena hack. Atau sebelum menerima konfirmasi lebih baik ditanyakan dulu kepada pemilik akun lewat media sosial lain, misal lewat WhatsApp, Instagram ataupun yang lain.

2. Jangan mudah panik. Karena dengan rasa panik yang berlebihan otak bisa akan menjadi nge-blank dan tidak mampu berpikiran waras karena akan grusa-grusu dalam melakukan tindakan lalu bisa saja akan menuruti keinginan si oknum tersebut.

3. Jangan mudah percaya kabar dari medsos. Kejadian buruk seringkali terjadi kecerobohan kita sendiri. Mendengar berita buruk menimpa teman langsung percaya, sebaiknya cara keterangan lebih dari satu sumber untuk memastikan hal yang sebenarnya.

Nah, itu tadi pengalaman saya saat bermain Facebook. Barangkali Gansist ada yang pernah mengalami hal yang serupa. Yuk, berbagi pengalaman di kolom komentar!

Di manapun kejahatan bisa saja terjadi, bukan hanya di dunia nyata tetapi dunia maya pun ada kejahatan. Waspadalah, waspadalah dalam bermain media sosial. Pergunakan media sosial dengan akal sehat dan tetap menjaga kewarasan. Sekian dari aku. Bye!

Narasi: pengalaman pribadi
Ilustrasi: dokumen pribadi

T.G.I.F.
terbitcomyt
b42l4t4k
b42l4t4k dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan