ranggass829Avatar border
TS
ranggass829
Pertahanan Udara Sangat Penting untuk Keamanan Negara

Terkait pertahanan negara tidak mudah. Namun harus ada upaya meningkatkan pertahanan dari berbagi segi.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI terus melakukan penguatan pertahanan negara di udara, laut, dan darat. Memang sebuah negara harus kuat pertahanannya, baik itu darat, lautan, dan udara.

Dalam perang semua sisi akan diserang. Termasuk serangan melalui udara. Penulis setuju dengan Pak Menhan Prabowo Subianto. Pertahanan udara perlu diperkuat.

Pak Menhan juga belajar dari konflik antara Rusia - Ukraina.  Dari konflik ini bisa dipelajari. Kekuatan dan menjaga pertahanan harus dilakukan. Negara kita perlu perkuat itu.

Namun sisi lain Pak Menhan lebih paham dan mengerti soal ini. Harap RI Perkuat Pertahanan Udara Menurut Prabowo, salah satu hal yang dipelajari dalam konflik Rusia-Ukraina adalah soal pertahanan udara.

Menurutnya, kita harus mengembangkan pertahanan udara. "Kita harus secara teknis kita harus fokus mencari dan menghancurkan peluru kendali yang bergerak mobile. Jadi peluru-peluru kendali sekarang itu mobile, bergerak, sistemnya mobile, berpindah-pindah," ucapnya.

"Kemudian kita harus mengintegrasikan kemampuan siber ke dalam rencana operasi dan pelaksanaan taktis. Kita juga sekarang harus benar-benar kembangkan doktrin lawan unmanned aerial system dan kita harus akuisisi senjata untuk melawan unmanned aerial system dan melatih untuk melawan ini," katanya.

Menurut Prabowo, harga teknologi pertahanan bisa disebut relatif murah. Karena itu, negara-negara kecil pun bisa mengembangkan teknologi pertahanan,

"Yang terjadi adalah bahwa teknologi sekarang terutama unmanned system itu terjadi penurunan harga, relatif murah, teknologi drone sekarang relatif murah dan sudah tersebar di mana-mana.

Kalau tadinya kekuatan udara hanya ranahnya negara besar dan negara kaya, superpower, sekarang negara-negara kecil mampu memiliki kekuatan udara yang ampuh, minimal negara kecil seperti Ukraina bisa hadapi negara besar seperti Rusia yang kita anggap superpower kedua di dunia, tadinya," katanya. 


Sumber : Detik.com
Diubah oleh ranggass829 10-11-2022 22:46
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan