santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Virus Polio Muncul Lagi di Aceh, Kemenkes Sebut Karena Lingkungan Kotor


TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan penyebab terjadinya satu kasus virus Polio di Kabupaten Pidie, Aceh, karena terdapat lingkungan yang kotor. Ia mengatakan bahwa virus tersebut menyebar melalui saluran pencernaan dan menyebabkan penularan virus terhadap anak.

"Virus Polio dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen pada anak terutama yang belum mendapatkan imunisasi. Dan penyakit polio ini disebabkan oleh virus Polio, dan penularannya terutama melalui vital oral melalui faecal dan oral," kata Maxi dalam konferensi pers secara daring pada, Sabtu, 19 November 2022.

Maxi menjelaskan salah satu penyebab terjadinya penularan virus Polio bermula dari kondisi air yang tidak bersih. Akhirnya, virus tersebut terkontaminasi bersama saluran pencernaan di dalam tubuh manusia.

"Jadi, ya sudah pasti pada kebersihan terutama cuci tangan atau tidak cuci tangan. Adapun kontaminasi dengan faecal tidak bersih, terus masuk melalui mulut atau air yang terkontaminasi oleh tinja yang mengandung virus Polio," ujar Maxi.

Dia menyebut bahwa satu kasus yang terjadi di Aceh disebabkan air sungai yang tercemar kotoran tinja dan dipakai bermain oleh anak-anak.

"Dan memang kebanyakan ya virus Polio karena berkembang di pencernaan saat dia mengeluarkan kotoran faeces kemudian dia tidak masuk septic tank ke lingkungan yang ada di sungai, ada air tempat anak-anak bermain. Di situ menjadi sumber tempat penularan virus yang tadi berkembang di saluran pencernaan," tutur Maxi.

Lebih lanjut, Maxi menjelaskan virus Polio mengakibatkan beberapa kelumpuhan di bagian tulang dan sendi manusia. Ia mengatakan virus itu akan menyerang pertama kali di bagian saraf otot yang menyebabkan kelumpuhan.

"Kemudian virus itu menyerang sistem saraf ya, jadi ditungkai terutama virus otot di situ tidak berkembang. Sehingga kekuatan otot itu berkurang dan lama-lama otot itu mengecil dan menyebabkan kelumpuhan," ujar Maxi.

https://nasional.tempo.co/read/16586...ngkungan-kotor
nurade247
aloha.duarr
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan