kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
Korban Pencabulan Ponpes Kulonprogo Bertambah Jadi 4 Anak, 3 Masih di Bawah Umur

KULONPROGO, iNews.id - Satreskrim Polres Kulonprogo terus mengembangkan kasus pencabulan yang dilakukan oknum pengasuh pondok pesantren di Kokap, Kulonprogo dengan tersangka MT. Dari pemeriksaan, setidaknya sudah ada empat korban, tiga di antaranya berusia di bawah umur.  

“Ada empat orang, awalnya ada dua kemudian bertambah menjadi dua,” kata Plh Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu Dwi Wijayanto, Jumat (18/11/2022).  Aksi pencabulan ini dilakukan tersangka selama dua tahun mulai pertengahan 2020 sampai dengan 2022. Seluruh korban ini merupakan warga Kulonprogo tiga orang berusia 15 tahun dan satu lagi sudah dewasa.  

 “Kami sudah memeriksa kepada 15 orang saksi, termasuk dari rekan-rekan korban dan dari Dinsos yang mendampingi korban,” katanya. Kasus pencabulan ini mencuat pada 3 Oktober lalu, setelah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo melaporkan terkait adanya kasus pencabulan. Setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku akhirnya ditahan sejak 7 Oktober lalu.   “Kami masih menunggu keterangan dari saksi ahli dari obgyn RSUD Wates dan psikiatri dari RSUP dr Sardjito," kata Dwi.

Kepala Dinsos P3A Kulonprogo, Irianta mengatakan, terkait kasus ini mereka telah berkoordinasi dengan lembaga perlindungan saksi dan korban (LPSK) terkait proses pendampingan terhadap korban. Saat ini dua korban kondisinya sudah membaik. Sedangkan dua korban lainnya masih trauma psikologis.  

Atas rekomendasi dari psikiater RSUP dr Sardjito, para korban butuh pendampingan psikologis setiap hari. Mereka saat ini dititipkan di selter yang ada di Yogyakarta.  Dinas juga telah berkoordinasi dengan PLSK dan orang tua korban. 

Selain itu juga telah mengirimkan surat pendampingan ke Rifka Annisa, organisasi non pemerintah yang berkomitmen terhadap penghapusan kekerasan terhadap perempuan.  “Perlindungan terhadap korban dan saksi menjadi lengkap dan kuat. Sehingga kondisi kejiwaan dan keselamatan mereka juga terjamin,” ujarnya



Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " Korban Pencabulan Pengasuh Ponpes di Kulonprogo Bertambah Jadi 4 Anak, 3 Masih di Bawah Umur ", Klik untuk baca: https://yogya.inews.id/berita/korban-pencabulan-pengasuh-ponpes-di-kulonprogo-bertambah-jadi-4-anak-3-masih-di-bawah-umur.

Solusinya Simpel #JanganMondok
nurade247
kaninaninditya.
Proloque
Proloque dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan