masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Sembarang Mistis, Ini Dia Urban Legend Hantu Sumiati Makassar yang Menyeramkan
Menjadi urban legend di daerah Makassar, ini dia sekilas kisah hantu Sumiati yang menyeramkan


Hantu atau dedemit, merupakan sosok roh dari manusia atau hewan yang telah mati tetapi mereka masih gemar untuk menunjukkan wujud dalam kehidupan manusia yang lain dengan tujuan serta maksud tertentu.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis hantu yang dikenal oleh masyarakat luas. Mulai dari kuntilanak, genderuwo, pocong, banaspati, tuyul, sundel bolong, dan masih banyak lagi jenis-jenis hantu lain yang tidak kalah terkenal dan ditakuti.

Selain ada hantu-hantu yang dikenal secara luas, ada juga hantu yang hanya ada dan terkenal di daerah tertentu saja GanSis. Di thread kali ini TS akan sedikit membahas tentang sesosok hantu yang terkenal di daerah Makassar dan kisah hantu tersebut sudah menjadi urban legend yang diceritakan secara turun temurun di tengah masyarakat.

Bahkan hantu yang terkenal di tengah masyarakat Makassar ini sempat diadopsi menjadi sebuah film yang dirilis di tahun 2015 dengan judul yang sama dengan nama hantunya.

Hantu apa yang menjadi urban legend di daerah Makassar?
Berikut ini sekilas kisahnya.




Sumiati, merupakan nama dari hantu yang kisahnya sudah menjadi urban legend di Makassar, Sulawesi Selatan.

Hantu wanita ini memiliki kemiripan dengan sosok kuntilanak atau sundel bolong, hanya saja memang kisahnya berbeda dengan kedua hantu tersebut karena kisah hantu Sumiati ini dipercaya merupakan kisah nyata yang berawal dari kisah di tahun 90-an.

Ada kisah menarik tentang asal muasal munculnya hantu Sumiati di Makassar, cerita tersebut berawal dari kisah seorang gadis bernama Sumiati yang merantau ke daerah Makassar untuk membantu keuangan kedua orang tuanya yang ada di Jawa.

Tidak ada yang berbeda antara kehidupan Sumiati dengan orang-orang yang lain, sampai akhirnya Sumiati mengalami nasib buruk dicegat oleh sejumlah pemuda yang berprofesi sebagai tukang becak dan sopir angkot saat malam hari setelah pulang kerja.

Sumiati dirudapaksa oleh sekumpulan supir angkot dan tukang becak secara bergiliran, sampai akhirnya Sumiati tidak berdaya dan dibunuh oleh salah satu pelaku pemerkosaan sebelum kemudian dikubur di sebuah hutan dengan tidak sepantasnya.

Ada cerita versi lain tentang hantu Sumiati ini, dimana menurut yang kisah yang lain disebutkan bahwa Sumiati tewas bunuh diri di sebuah jembatan yang ada di Makassar setelah menjadi korban pemerkosaan.




Dari sinilah muncul sosok hantu Sumiati yang bangkit untuk membalaskan dendamnya terhadap para pelaku.
Hantu Sumiati ini bukan hanya muncul di tempat dia dirudapaksa, dia juga menampakkan diri di beberapa tempat di Makassar dan tidak sedikit warga yang mengaku pernah melihat penampakan dari Sumiati.

Adapun hantu Sumiati sendiri memiliki wujud seorang wanita bergaun merah, bersimbah darah, memiliki tatapan tajam dengan rambut terurai.

Sosok hantu Sumiati tersebut muncul untuk membalaskan dendamnya kepada para pelaku, tetapi karena Sumiati tidak mengingat wajah pelaku pemerkosaan terhadap dirinya dan hanya mengingat warna baju yang digunakan oleh salah satu pelaku yaitu berwarna merah, maka seringkali Sumiati mengganggu pria-pria muda berbaju merah, tukang becak, dan supir angkot.

Beberapa kali masyarakat Makassar Sulawesi Selatan mengaku pernah melihat penampakan Sumiati saat malam hari. Biasanya sosok Sumiati muncul di jalan raya dan pernah juga penampakannya dilihat di sebuah taman yang ada di pusat kota Makassar.




Berikut tadi GanSis sekilas tentang urban legend hantu Sumiati yang terkenal di tengah masyarakat Makassar.

Kisah yang sangat tragis jika memang asal muasal kemunculan hantu Sumiati tersebut bukan sebuah cerita rekayasa.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5
verdandigr
lutfigilang01
boelnauri
boelnauri dan 8 lainnya memberi reputasi
7
3.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan