cintadineAvatar border
TS
cintadine
Melihat Lagi Kejayaan Tokusatsu di Era 90an, Dari Ultraman Sampai Megaloman


Zaman sekarang memang bukan lagi eranya tokusatsu Jepang. Superhero adalah eranya Marvel dan DC, sementara di dari Jepang tentu saja anime lebih populer. Tokusatsu kini sudah tidak lagi relevan kecuali diremake untuk penonton remaja dan dewasa. Ya, tokusatsu memang ditargetkan untuk anak-anak.

Di era 90an, tokusatsu pernah berjaya termasuk di Indonesia. Kala itu, serial tokusatsu ditayangkan di stasiun tv nasional dan digandrungi oleh anak-anak. Cukup banyak serial tokusatsu yang pernah tayang di Indonesia di era 90an dan ada juga yang masuk lewat video kaset (VHS dan Betamax). Oh iya, ini hanya yang di era 90an ya, bukan 2000an ke atas. A

Black dan Black RX


Ya, inilah yang paling terkenal dan legendaris di Indonesia. Kstaria Baja Hitam tayang di RCTI sekitar tahun 1993. Menceritakan tentang pemuda bernama Kotaro Minami yang diculik oleh Gorgom dan diubah menjadi cyborg belalang namun berhasil kabur dan menjadi Kamen Rider Black.

Black dan Black RX adalah serial Kamen Rider ke 8 dan 9 sekaligus serial Kamen Rider yang terakhir di era Showa.

Goggle V


Dai Sentai Goggle V adalah serial super sentai yang keenam dan jadi yang pertama beredar di Indonesia melalui video kaset VHS dan Betamax. Anak-anak yang menonton Goggle V kala itu adalah mereka yang punya pemutar video kaset atau setidaknya numpang nonton di teman atau tetangga.

Gaban


Space Sheriff Gavan atau di Indonesia dikenal dengan sebutan Gaban adalah serial tokusatsu Metal Hero pertama dan juga menjadi yang pertama beredar di Indonesia walaupun tidak pernah ditayangkan di televisi, melainkan juga lewat video kaset. Gaban populer di kalangan generasi kelahiran 80an. Menceritakan tentang polisi luar angkasa yang bertugas melindungi bumi.

Saking populernya Gaban, terlahirlah istilah "segede gaban".

Jiban


Kidou Keiji Jiban, tokusatsu yang pernah ditayangkan di Indosiar sekitar tahun 1995. Merupakan serial Metal Hero yang ke-8. Konsepnya mirip Robocop yaitu tentang polisi yang berubah menjadi robot untuk memberantas kejahatan, bedanya di sini penjahatnya adalah monster. Ciri khas Jiban adalah membacakan pasal-pasal saat berhadapan dengan penjahat.

Pasukan Turbo


Judul aslinya adalah Kousoku Sentai Turboranger dan di Indonesia ditayangkan di RCTI sekitar tahun 1996 dengan judul Pasukan Turbo. Turboranger sendiri merupakan serial super sentai yang ke-13.

Mighty Morphin Power Rangers


Kalau yang satu bukan cuma terkenal di Indonesia tapi hampir di seluruh dunia. Power Rangers adalah adaptasi dari Kyouryuu Sentai Zyuranger yang merupakan Super Sentai yang ke-16. Di Indonesia, Power Rangers ditayangkan di RCTI sekitar tahun 1996 setiap Minggu pagi bersama dengan berbagai serial kartun anak.

Ultraman


Di era 90an, ada beberapa seri Ultaman yang pernah ditayangkan di Indonesia yaitu Ultraman, Ultraman Taro, Ultraman 80, Ultraman Leo, dan Ultra Seven. Yang tayang di SCTV adalah Leo, Taro, dan Ultraman 80. Semuanya adalah Ultraman era Showa karena Ultraman era Heisei pertama yaitu Tiga baru tayang di Indonesia setelah masuk tahun 2000an awal di Indosiar.

Byclosser


Judulnya adalah Kyodai Ken Byclosser, merupakan serial Tokusatsu yang dirancang oleh Shotaro Ishinomori dan Toei. Bukan merupakan bagian dari Super Sentai, Tokusatsu, maupun Metal Hero tetapi berdiri sendiri. Menceritakan tentang kakak beradik yang dapat berubah setelah masuk ke dalam lemari. Dulu, tokusatsu ini juga pernah tayang di RCTI.

Megaloman


Ini jelas bukan Ultraman meskipun bentuknya mirip dan ditambahkan rambut gondrong ala band metal 80an. Di Indonesia kata Megaloman populer di kalangan anak-anak 80an. Serial tokusatsu raksasa ini diproduksi oleh Toho Company yang ditayangkan di Fuji TV pada 1979. Sementara itu, Megaloman di Indonesia masuk melalui VHS dan Betamax.

Nah, gan apakah ada yang lainnya? emoticon-Ngakak (S)


Referensi
Diubah oleh cintadine 16-11-2022 09:01
indianboys
Okutet
capung1
capung1 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
6.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan