iskrimAvatar border
TS
iskrim
7 Tips Atur Siaran Tv Digital Tidak Hilang (Acak, Timbul Tenggelam)


Belum hilang rasa kecewa dan bingung karena beberapa masyarakat harus beralih ke siaran tv digital kini mereka setelah keluar uang membeli Set Top Box (STB) bagi pemilik tv analog atau mengganti tv led digital baru ternyata siarannya sering hilang, timbul tenggelam.

Tentu masalah ini membuat siapapun menjadi resah padahal tv favoritnya tadi pagi masih ada, tapi menjelang siang tiba-tiba berganti dengan stasiun lain atau malah menghilang tanpa pesan. Selain saya mungkin kamu juga pernah merasakannya?

Ketika mengalami hal itu biasanya saya melakukan pencarian stasiun tv lagi dari awal melalui pengaturan pencarian sinyal manual atau otomatis dari menu tv, biasanya selalu berhasil. Tapi terkadang sehari atau dua hari kemudian stasiun favorit menghilang lagi, begitu seringnya mengalami ini akhirnya saya coba mencari cara di Yutub dan mendapat solusi cukup bagus.

Nah, karena saya sudah berhasil melakukannya sekarang saya ingin bagikan tips tersebut di thread ini supaya agan tidak lagi mengalami kejadian serupa. Berikut caranya:



Tips pertama, matikan aliran listrik tv dan Set Top Box (STB). Bagi pemilik tv analog cabutlah semua perkabelan Set Top Box (STB) tadi yang terhubung ke tv kamu, lalu pasang kembali satu persatu dimulai dari kabel adaptor hingga ke antena.

Tips kedua, atur antena lebih tinggi atau ubah posisi dengan lebih baik antena digital kamu. Pengalaman saya, antena saya awalnya saya taruh didalam karena memang sudah menangkap siaran dengan jernih dan bagus tapi setelah ditinggikan diluar semakin kuat sinyalnya.

Tips ketiga, pemilik tv analog sebaiknya menggunakan kabel RCA yang bagus, sedangkan pemilik tv digital memakai kabel HDMI berkualitas. Pasang dengan benar dan jangan sampai kabel tertekuk terlalu ekstrim atau kusut tidak karuan.

Tips keempat, nyalakan Set Top Box (STB) dan pastikan ON dengan stabil dan benar. Akan muncul informasi pemasangan dan pengaturan, ingat jangan langsung pencet OK, ya. Pada pilihan Antenna ubah status ON ke OFF dulu jika ditemukan posisi ON sebelumnya bisa ini jadi penyebab sinyal bentrok berpengaruh pada penangkapan channel.



Tips kelima, isikan Kode Pos sesuai dengan wilayahmu tinggal dengan benar. Ini untuk mengaktifkan fitur Early Warning System (EWS). Fitur ini akan berguna memperingatkan kita jika (amit-amit jangan sampai terjadi, aamiin) ada bencana alam di wilayahmu, fitur ini akan muncul di layar berupa peringatan pesan dan suara saat tv menyala.

Tips keenam, tekan OK pada layar tv untuk mulai mencari saluran tv. Jika ada pilihan pencarian otomatis sebaiknya dipilih terlebih dahulu untuk melakukan tes seberapa banyak hasil saluran bisa didapat dan seberapa bagus kualitas siarannya tampil.



Untuk pencarian manual bisa dilakukan jika salah satu stasiun tidak tertangkap atau siaran masih buram atau suara kurang jernih. Ketika proses pencarian siaran berlangsung biarkan sampai selesai 100% lama atau cepatnya proses ini tergantung kekuatan sinyal pemancar stasiun terdekat diwilayahmu.

Tips ke tujuh, setelah pencarian selesai biasanya otomatis stasiun tv sudah kita dapatkan kembali dengan kualitas gambar dan suara lebih baik (berkualitas HD). Jika suatu saat stasiun hilang lagi maka tips pertama bisa kamu ulang kembali jangan lupa memeriksa posisi antena (kalau perlu lakukan penempatan ulang) dan cek perkabelannya.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 16-11-2022 01:36
azhuramasda
brnonl
sukhoipakfa
sukhoipakfa dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan