masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Penipuan Online Jual Beli Barang Elektronik, Pelaku Cari Mangsa di Instagram
Waspada penipuan online modus lelang barang elektronik harga murah, korban ditarget dari aplikasi Instagram


Media sosial, selain dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, mencari informasi dan hiburan, ternyata juga dapat disalah gunakan untuk melakukan tindak kejahatan penipuan.

Modus-modus penipuan melalui dunia digital atau online semakin marak ditemukan dan menimbulkan keresahan serta kekhawatiran di tengah masyarakat.
Tidak sedikit warganet yang mengaku menjadi korban penipuan di media sosial, dimana motif dari pelaku ini sangat beragam dan mudah untuk dipercaya karena sangat meyakinkan.

Membahas tentang penipuan online, di thread kali ini TS akan membagikan cerita dan pengalaman dari salah satu teman Kaskuser yang belum lama mengalami penipuan saat membeli barang elektronik melalui akun media sosial Instagram.

Adapun kronologis ceritanya adalah sebagai berikut.


Quote:


Quote:


Merasa penasaran dengan cerita dari Mba S, TS pun mencoba untuk berpura-pura memesan barang melalui akun Instagram yang sama.
Benar, admin tersebut memiliki inisial nama yang sama dengan yang disebutkan oleh Mba S yaitu IA. TS berpura-pura untuk memesan sebuah laptop yang dilelang dengan harga Rp. 1250.000 dengan ongkir Rp. 75000.

TS sudah diminta untuk mengisi format pengiriman barang dan transfer ke nomer rekening bendahara kantor yang ternyata berbeda dengan nomer rekening yang dikirimi uang oleh Mba S.

Setelah TS menegur untuk melaporkan tindakan penipuan online yang dilakukan oleh admin tersebut ke Polisi dan akan meminta pihak bank untuk membekukan rekening bank atas dugaan penipuan, disaat yang sama TS langsung diblokir di WhatsApp dan Instagram.


Quote:


Berikut tadi GanSis sekilas tentang cerita pengalaman pribadi dari teman Kaskuser yang belum lama mengalami penipuan online dengan modus lelang elektronik melalui akun media sosial Instagram.

Menjadi pelajaran berharga bagi Agan Sista semua untuk lebih berhati-hati dalam memesan barang melalui toko online atau media sosial. Jangan sampai sebab tergiur harga murah kemudian kalian tertipu dan uang yang sudah terlanjur dikirim hangus tidak kembali.

Mari lebih tingkatkan lagi kewaspadaan karena tindakan kejahatan dan penipuan semakin banyak ragam modusnya sehingga Agan Sista dituntut untuk selalu berhati-hati.

Quote:


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
Dokumen pribadi
lutfigilang01
radihenggardi
lembur.kolot
lembur.kolot dan 24 lainnya memberi reputasi
25
2.9K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan