Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bikin Kesal dan Emosi, Pahami Kerugian Mengenal Orang yang Hobi Playing Victim
Punya teman atau rekan yang hobi playing victim?
Ingat, selalu waspada dan pahami beberapa dampak dan kerugiannya


Playing victim, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Semakin berkembangnya zaman diketahui bahwa sifat dan sikap manusia terhadap sesamanya juga ikut mengalami perubahan.
Jika dulu orang hanya mengenal baik dan buruk tanpa ada penggolongan, di era modern ini banyak sekali jenis-jenis penggolongan sifat, sikap, bahkan gangguan mental yang dialami seseorang dengan nama-nama sebutan yang sering terdengar sangat asing.

Salah satu penggolongan sikap manusia yang saat ini sedang banyak dibicarakan adalah playing victimatau victim mentality, yaitu sikap seseorang yang dengan sengaja melemparkan kesalahan yang diperbuat kepada orang lain dan merasa diri paling teraniaya, tersakiti, atau terdzhalimi.

Orang yang memiliki sikap playing victim ini mereka sadar bahwa mereka melakukan kesalahan GanSis, hanya saja untuk melindungi diri dan tidak mau dipersalahkan maka mereka melempar kesalahan tersebut kepada orang lain dengan berpura-pura menjadi korban atas apa yang telah terjadi.

Memiliki sahabat, rekan kerja, teman, atau saudara yang mempunyai sikap playing victim tentu saja Agan Sista harus lebih waspada dan berhati-hati. Bisa jadi kalian akan menjadi korban yanv sesungguhnya dan mendapatkan beberapa kerugian.

Berikut ini beberapa kerugian jika terlalu dekat dengan orang yang hobi playing victim.




1. Target untuk Dipersalahkan

Saat Agan Sista dekat dengan orang yang memiliki sikap playing victim atau mengalami gangguan victim mentality maka kalian harus siap untuk dipersalahkan atas apa yang tidak kalian perbuat.
Orang-orang dengan sikap playing victim mereka tidak akan segan untuk menuduhkan sesuatu yang tidak kalian lakukan, bahkan meskipun GanSis adalah orang terdekat dari pengidap gangguan victim mentality.

2. Bertanggung Jawab Bukan untuk Kesalahan yang Diperbuat

Selain harus rela untuk dipersalahkan Agan Sista juga harus siap untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang tidak kalian perbuat.
Orang yang memiliki sikap playing victim akan sangat mudah untuk mempengaruhi pikiran oramg yang lain agar mereka percaya terhadap apa yang dibicarakannya termasuk percaya bahwa orang yang dituduh oleh si playing victim ini benar-benar orang yang harus bertanggung jawab atas apa yang sudah terjadi.

3. Merasa Diri Jahat

Merasa bersalah dan merasa diri jahat juga akan kalian rasakan saat dituduh yang tidak-tidak oleh seseorang yang menjadikan kalian target untuk dipersalahkan GanSis.
Seseorang yang memiliki sikap playing victim benar-benar pandai memanipulasi kondisi serta keadaan, bahkan mereka juga bisa mempengaruhi pikiran orang lain untuk menganggap bahwa mereka hanya korban dan ada orang yang lebih tepat untuk dipersalahkan.

Menjadi tumbal si playing victim akan membuat kalian merasa jahat, karena tidak melakukan apapun tetapi dituduh yang tidak-tidak.

4. Stress

Perasaan stress juga tidak bisa dihindarkan saat kalian menjadi tumbal dan korban dari seseorang yang memiliki sikap playing victim GanSis.
Bahkan tidak sedikit orang yang sampai menutup diri karena dipersalahkan atas apa yang tidak dilakukan dan ini merupakan ulah dari seseorang yang mempunyai sikap playing victim.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang apa dampak dan kerugian saat kalian terlalu dekat dengan seseorang yang memiliki sikap playing victim.

Tetap hati-hati dan waspada GanSis sebab di era modern seperti ini banyak orang yang dengan tega mengorbankan orang lain untuk bisa mendapatkan keuntungan tertentu atau bebas dari kesalahan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai himbauan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
provocator3301
cahlenong
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.2K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan