Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Kisah Perjuangan Leste Masuk ASEAN, Ramos Horta Temui Menlu RI Adam Malik

Kisah Perjuangan Leste Masuk ASEAN, Ramos Horta Temui Menlu RI Adam Malik
Jose Ramos Horta (Foto: Reuters) DILI, iNews.id - Penantian lama Timor Leste menjadi anggota ASEAN akhirnya terwujud. Dalam KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022), Timor Leste secara prinsip disetujui sebagai anggota ke-11. Meski demikian Timor Leste masih harus melalui tahapan untuk diterima sebagai anggota penuh.

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengatakan, keinginan untuk bergabung ke ASEAN bahkan sudah ada sejak negaranya masih di bawah kendali Portugal pada 1970-an. Setelah itu Portugal melepas Timor Leste (dulu Timor Timur) kemudian bergabung dengan Indonesia.

Sebagai seorang diplomat pemula pada 1970-an, Ramos Horta sudah mengangkat gagasan untuk bergabung ke Asia Tenggara. Setelah 50 tahun lebih, keinginannya itu baru terwujud. Pria 72 tahun itu mengatakan mimpi itu yang telah lama tertahan menjadi kenyataan.

“Pertama kali saya membicarakan hal ini, saya baru berusia 24 atau 25 tahun. Saya berangkat ke Jakarta dan bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu Adam Malik. Saya tidak memiliki pengalaman diplomatik, tapi saya tahu bahwa integrasi kawasan, keanggotaan di ASEAN, serta hubungan dekat dengan Australia dan Indonesia sangat penting bagi masa depan Timor Leste,” katanya, kepada Reuters, dikutip Sabtu (12/11/2022).

Timor Leste akan diberikan status sebagai pengamat pada setiap pertemuan tingkat tinggi. Hal itu diperlukan guna merumuskan peta jalan untuk mendapat keanggotaan penuh.

Ramos Horta paham betul keanggotaan penuh ASEAN tidak bisa didapat dalam waktu singkat. Ini masih bisa memakan waktu beberapa tahun. Meski demikian persetujuan tersebut sudah cukup menguntungkan bagi negaranya yang masih terbilang muda.

Timor Leste merayakan kemerdekaan ke-20 tahun ini. Namun di usia yang masih muda, negara berpenduduk 1,3 juta jiwa itu dihadapkan pada masalah pelik. Negara itu bergantung pada cadangan minyak dan gas yang semakin menipis. Bukan hanya itu, Timor Leste berjuang bertahun-tahun menghadapi ketidakstabilan dan regenerasi politik kemudian di saat bersamaan harus melakukan diversifikasi ekonomi.

Keanggotaan ASEAN akan membuka jalan bagi negaranya untuk menjalin hubungan diplomatik lebih luas dengan negara lain. Ini juga memberikan peluang lebih besar untuk mendatangkan investasi asing langsung serta memberi kesempatan bagi warganya untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan lebih baik.

"Akan ada lebih banyak fasilitas bagi warga Timor bepergian melintasi ASEAN untuk belajar dan bekerja. Akan ada banyak tekanan pada elite Timor, pemerintah kami untuk bekerja (lebih keras) ... karena tidak hanya datang dengan hak dan keistimewaan, tapi juga banyak beban tanggung jawab," tuturnya.

https://www.inews.id/news/internasio...dam-malik/all.

Menlu Retno Ungkap Timor Leste Diberikan Status 'Observer' oleh ASEAN
Kisah Perjuangan Leste Masuk ASEAN, Ramos Horta Temui Menlu RI Adam Malik

Foto: ist.
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para pemimpin ASEAN telah memberikan status negara pengamat (observer) kepada Timor Leste. Mereka juga telah memperbolehkan negara itu berpartisipasi pada berbagai pertemuan ASEAN.
"Mengenai keputusan para pemimpin ASEAN terkait aplikasi keanggotaan Timor Leste sebagaimana dimuat dalam ASEAN Leaders' Statement on the Application of Timor Leste to ASEAN, para pemimpin ASEAN di dalam dokumen tersebut memutuskan menyetujui secara prinsip diterimanya Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," kata Retno di sela-sela KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, dilansir Antara, Sabtu (12/11/2022).

Dengan itu, Timor Leste diperbolehkan berpartisipasi pada pertemuan ASEAN, termasuk sesi pleno KTT ASEAN. Retno menyebut sebelum memberikan status tersebut, para Menlu ASEAN membahas aplikasi keanggotaan Timor Leste.

Saat itu, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi menyampaikan briefing mengenai hasil laporan tiga tim pencari fakta ASEAN.

"Menugaskan ACC atau ASEAN Coordinating Council untuk memformulasikan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste termasuk berdasarkan milestone yang telah diidentifikasi dalam laporan misi pencari fakta yang dilakukan berdasarkan tiga pilar komunitas ASEAN," ujarnya.

ASEAN Coordinating Council (ACC) adalah pihak yang ditugaskan untuk menyusun peta jalan (roadmap) yang akan dilaporkan untuk diadopsi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.


Lalu, semua negara ASEAN dan mitra dialog diminta mendukung penuh Timor Leste untuk mencapai keanggotaan penuh. Yakni melalui pemberian bantuan pengembangan kapasitas dan dukungan lainnya.

(azh/imk)
https://news.detik.com/berita/d-6401...er-oleh-asean.
Ramos Harto bertemu dengan Menlu Adam Malik. Kemungkinan terjadi pas Operasi Seroja dimulai atau perang saudara berkecamuk di 1974.
Perjuangan Ramos Horta untuk Timles masuk ASEAN dengan bertemu Presiden Jokowi di kunjungan pertamanya sebagai Presiden ke-2 kalinya akhirnya berakhir sukses
Semoga masuknya Timor Leste ke ASEAN nggak jadi beban ASEAN setelah Myanmar setelah Timor Leste sangat tergantung dengan Indonesia dalam masalah suplai komoditas dan sebagainya emoticon-Big Grin
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
-1
895
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan