Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indobotacademyAvatar border
TS
indobotacademy
Wah! Siswa MAN Ciptakan Robot Penjaga Kompor Gas Berbasis IoT


Kompor gas merupakan salah satu peralatan rumah tangga terpenting bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kompor gas dapat digunakan untuk membuat berbagai masakan yang akan dihidangkan baik untuk keluarga ataupun kegiatan usaha.

Pada kasus penggunaan kompor gas oleh rumah tangga, para ibu-ibu seringkali kelupaan untuk mematikan kompor gas setelah digunakan. Hal tersebut terkadang memicu terjadinya kebakaran akibat kompor yang menyala secara terus menerus. 

Solusi Bagi Emak-Emak Saat Kelupaan Mematikan Kompor Nih!

Mengatasi berbagai permasalahan yang timbul akibat kompor gas yang lupa dimatikan, beberapa siswa MAN 3 Medan ini merancang teknologi berbasis Internet of Things yang dapat mematikan kompor gas melalui chat bot. Selain dapat mematikan kompor gas melalui jarak jauh, alat tersebut juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas.

Menurut Humam yang dikutip dari laman cnnindonesia.com, dia mengatakan bahwa “alat ini bertujuan supaya lebih aman dan meningkatkan keselamatan pakai kompor gas, baik lewat sensor maupun dimatiin pakai chat bot telegram”.

Keunggulan Robot Penjaga Kompor Gas Berbasis IoT

Alat yang diciptakan siswa MAN 3 Medan ini memiliki segudang manfaat bagi masyarakat, terutama bagi yang sering lupa untuk mematikan kompor ketika ditinggal berpergian.

 
Menggunakan alat tersebut, apabila kompor gas lupa dimatikan ketika sedang ditinggal berpergian, kompor dapat dimatikan menggunakan smartphone dengan catatan perangkat harus terhubung dengan Wi-Fi.

Selain untuk mematikan dan menghidupkan kompor gas, alat tersebut juga dapat mendeteksi kebocoran serta mengetahui volume gas yang tersedia di tabung. 

Wadah Bagi Anak Bangsa Hasilkan Inovasi Canggih

Melalui kegiatan InaRI 2022, berbagai karya anak bangsa ditampilkan. Menurut Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), beliau mengatakan bahwa gelaran tersebut bertujuan untuk memotivasi anak bangsa agar dapat lebih kreatif dan menghasilkan berbagai inovasi dengan memanfaatkan sumberdaya Nusantara.

Pameran yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi, perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, Asean-Indian Startup Festival, Perwakilan Negara G20, perusahaan swasta, dan sekolah-sekolah tingkat SMA serta SMP berlangsung meriah di Gedung ICC Cibinong Science Center, Jawa Barat pada 30 Oktober 2022 yang lalu.

Harapannya, melalui kegiatan semacam ini berbagai talenta-talenta yang dimiliki anak bangsa akan muncul ke permukaan, sehingga dapat memperkuat perekonomian maupun ketahanan Nusantara di bidang teknologi.

0
305
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan