ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Mengapa Genre Isekai dan Reinkarnasi Laku


Alkisah ada seorang pria bernama Joni. Joni adalah seorang hikikomori yang sudah lama tidak pergi ke sekolah. Setiap hari yang dia lakukan hanya berkurung di kamarnya menonton anime dan streaming V-Tuber, tetapi suatu hari Joni memutuskan untuk bunuh diri dengan cara gantung diri.

Awalnya Joni mengira dia sudah mati, tetapi saat membuka mata yang dia temukan adalah sebuah dunia yang benar-benar lain. Rumput luas yang seolah tak berujung itu dipenuhi oleh makhluk-makhluk yang hanya pernah dia lihat di dalam anime.

Elf yang menarik tali busurnya, naga yang menyemburkan api, penyihir yang memegang tongkat, dan kerumunan goblin hijau jelek yang mengelilingi mereka. Salah satu goblin itu melihat Joni dan menerjang ke arahnya. Joni panik dan berteriak, tetapi teriakannya menghancurkan seluruh goblin yang ada di sana.

Di saat itulah Joni sadar bahwa dia sudah bereinkarnasi di dunia lain dengan skill terkuat yang membuatnya tidak terkalahkan. Inilah kisah petualangan Joni mengelilingi dunia baru dengan perempuan-perempuan cantik yang terus mengelilinginya. TAMAT.



Ahhh isekai, dunia impian yang bisa mewujudkan mimpi-mimpi paling liar dari siapa pun yang membacanya. Industri anime/manga/light novel berbasis isekai sedang mengalami pertumbuhan pesat dalam satu dekade terakhir sampai-sampai isekai sudah menjadi genre tersendiri di Jepang sana.

Mungkin banyak orang memandang rendah isekai yang ceritanya monoton dan kebanyakan cuma mengandalkan fan service semata. Meski demikian genre ini laku, itu fakta yang tak bisa dibantah. Musim demi musim berganti dan isekai-isekai baru bermunculan. Kalau tidak laku tak mungkin isekai terus bermunculan.

Genre isekai memang terlihat indah, tapi bila kita lihat lebih jauh populernya genre isekai memiliki makna mendalam tentang kondisi mental orang-orang Jepang.

Konten Sensitif


Mari kita ulas pola paling mainstream dari isekai yakni mati lalu bereinkarnasi ke dunia lain. Menurut Anda mengapa pola seperti ini sering diceritakan? Jawaban paling dark adalah karena banyak orang yang berharap kehidupan mereka setelah mati akan lebih baik dibanding kehidupan mereka di masa kini.

Kehidupan para pekerja di Jepang itu memang nggak jauh-jauh dari kata sengsara. Mereka bekerja lembur dengan upah minim dan terus dipaksa bekerja sampai tak sedikit yang meninggal. Cerita reinkarnasi isekai ini seolah memberi mereka harapan bahwa setelah mati akan ada dunia yang lebih baik menunggu mereka. Jika tidak ada harapan tipis seperti itu mungkin banyak orang akan merasa lebih sengsara (mungkin lo).



Dan tentunya seorang protagonis isekai akan dilengkapi dengan kemampuan super power yang membuat mereka tak terkalahkan. Awalnya terdengar remeh, tapi pola ini juga mengandung pesan yang miris. Banyak di antara kita yang merasa begitu lemah di dunia nyata. Tak punya pekerjaan, miskin, menjadi bawahan orang lain, dan… ehm, jomblo.

Cerita isekai pun dibuat untuk mewujudkan hasrat terdalam yang tersembunyi itu. Protagonist cerita isekai memang sering kali memiliki skill cheat yang membuatnya amat sangat kuat, cewek-cewek cantik yang entah kenapa terus mengelilinginya, dan petualangan seru yang jauh lebih menyenangkan dibanding duduk dan bekerja seharian.

Konten Sensitif


Sama seperti sinetron di Indonesia dan drakor di Korsel, isekai adalah gambaran dari kondisi psikologis masyarakat. Masyarakat Jepang merasa lelah bekerja dan ingin berpetualang dalam dunia fantasi mereka. Orang Korsel merasa lelah bekerja dan menginginkan kehidupan romantis ala drakor. Orang Indonesia suka melihat orang kaya jahat jatuh menderita dan karenanya sinetron membuat cerita semacam itu.

Apa yang kita tonton adalah apa yang diam-diam kita harapkan dan karena itulah genre isekai-reinkarnasi menjadi begitu populer. Sedih memang, tapi seperti itulah adanya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur sumur
Diubah oleh ih.sul 06-11-2022 10:49
bang.toyip
freedomjustice
1punchman
1punchman dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan