cintadineAvatar border
TS
cintadine
Review Kamen Rider Black Sun, Reboot Ksatria Baja Hitam, Gore dan Brutal


Reboot Ksatria Baja Hitam yang berjudul Kamen Rider Black Sun sudah tayang di Amazon Prime sejak 28 Oktober 2022 yang lalu dan berjumlah 10 episode dan memunculkan reaksi yang beragam ada yang menganggap kalau series ini memuaskan dan ada juga yang sebaliknya.

Kamen Rider Black Sun adalah salah satu dari dua proyek Toei dalam rangka perayaan ulang tahun serial Kamen Rider yang ke 50 sejak pertama kali tayang pada 1971. Satu proyek lagi berjudul Shin Kamen Rider (reboot Kamen Rider original yang pertama) direncanakan akan tayang pada 2023.

Seperti yang diketahui kalau Kamen Rider Black alias Ksatria Baja Hitam adalah salah satu tokusatsu Jepang yang terkenal di Indonesia di era 90an. Mengisahkan tentang pemuda bernama Kotaro Minami yang diculik bersama saudara tirinya, Nobuhiko oleh organisasi bernama Gorgom dan dijadikan cyborg untuk memperkuat tujuan mereka menguasai dunia.



Nah, dalam serial Kamen Rider Black Sun ini, ceritanya dikhususkan untuk orang dewasa karena nuansanya jauh lebih serius, kelam, dan penuh dengan kekerasan. Bahkan kalau dengan ukuran zaman sekarang, Kamen Rider Black versi original saja sudah termasuk dark untuk anak-anak.

Black Sun dibintangi oleh Hidetoshi Nishijima sebagai Kotaro Minami alias Black Sun dan Tomoya Nakamura sebagai Nobuhiko Akizuki alias Shadow Moon.

Premis


Kamen Rider Black Sun berlatar di tahun 2022 di mana dikisahkan dunia ada yang namanya manusia setengah monster yang disebut dengan kaijin. Keberadaan kaijin ini meresahkan manusia biasa dan para kaijin ini mendapatkan diskriminasi bahkan kekerasan dari manusia dan juga terjadi sebaliknya.

Di awal episode juga diceritakan Kotaro dan Nobuhiko kecil dijadikan cyborg kaijin dan belum diungkap apa tujuannya ketika di awal-awal cerita.

Puluhan tahun kemudian, Aoi Izumi, seorang gadis remaja berprestasi sekaligus seorang SJW pejuang kesetaraan kaijin dengan manusia disorot oleh PBB sebagai aktivis hak kaijin. Aoi diburu oleh Gorgom karena dia menyimpan Kingstone yang mampu menciptakan raja penciptaan yang dapat membuat para kaijin berkuasa atas manusia. Di sisi lain, Aoi bertemu dengan Kotaro dalam sebuah insiden dan Kotaro memutuskan untuk melindungi Aoi.

Gore, Dark, dan Brutal


Kamen Rider Black Sun mendapatkan rating 18+, artinya serial ini tidak boleh ditonton oleh anak-anak karena penuh dengan adegan kekerasan yang begitu brutal seperti anggota tubuh terpotong, kepala yang copot, dan adegan lainnya.

Serial ini memang dikhususkan untuk penonton dewasa atau mereka penggemar Kamen Rider Black yang dulu tumbuh sebagai anak-anak di era 1990an. Selain gore, cerita dan nuansa Kamen Rider Black Sun ini juga lebih serius, tidak ada adegan henshin yang berbelit-belit.

Jadi, jangan ajak anak-anak di bawah umur untuk nonton Black Sun, karena selain adegan yang akan membuat mereka trauma. Anak kecil juga akan sulit mencerna alur ceritanya.

Tema yang Relate


Tema yang diangkat dari Kamen Rider Black Sun adalah mengangkat isu rasisme dan diskrimnasi ras dan kelompok. Kaijin di sini dianggap makhluk kelas dua, menjijikan, dan mendapatkan perlakuan kasar dari para manusia biasa. Di sisi lain juga ada kelompok yang aktivis yang memperjuangkan hak dan kesetaraan kaijin.

Di dunia nyata, belakangan ini kita sering menemukan isu rasisme dan diskriminasi seperti yang terjadi pada imigran di berbagai negara. Belum lagi, ada isu kalau di Jepang, beberapa masyarakatnya yang alergi terhadap para pendatang atau orang asing.

Serial ini mencoba untuk mengangkat itu dan memberikan pesan tersirat di dalamnya kalau rasisme itu adalah masalah yang rumit dan tidak sederhana.

Seru Tapi Alur agak Berantakan


Kamen Rider Black Sun punya adegan-adegan yang seru terutama adegan pertarungannya yang jauh lebih realistis dibandingkan dengan Kamen Rider versi anak-anak. Sinematografinya juga keren dan dilakukan dengan niat.

Sayangnya, serial ini punya alur cerita yang cukup berantakan dan ada beberapa plot hole walaupun itu tertutupi oleh banyak adegan yang seru. Namun, alur yang berantakan inilah yang membuat ane menggernyitkan dahi.

Klimaks di episode terakhir menurut ane juga kurang memuaskan walaupun ada salah satu adegan fan service yang akan membuat fans Ksatria Baja Hitam bernostalgia. Ane rasa hanya adegan opening episode terakhir yang berasa nostalgianya.


Secara keseluruhan, reboot Kamen Rider Black ini masih seru untuk dinikmati, sayangnya ada beberapa kekurangan walaupun tidak sampai jadi series yang gagal.

Skor dari ane 7/10.

Nah, apakah agan sudah nonton? :


Referensi
Diubah oleh cintadine 07-11-2022 00:09
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
4K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan