masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pedihnya COD Tidak Hanya Menimpa Kurir, Waspada Modus Paket Datang Tanpa Dipesan
Marak modus penipuan paket COD datang tanpa dipesan, waspadalah jangan sampai menjadi korban


COD atau Cash On Deliverymerupakan metode pembayaran secara tunai saat menerima paket yang dipesan melalui online dan diantar langsung oleh kurir ekspedisi tertentu. Beberapa platform jual beli online menyediakan metode pembayaran COD untuk memudahkan pembeli bertransaksi setelah barang sampai di tujuan.

Meskipun metode COD disediakan untuk memudahkan para customer untuk membeli barang tertentu, seringkali metode ini juga dipersalah artikan oleh beberapa orang. Tidak sedikit orang yang memesan barang menggunakan metode COD tetapi setelah barang sampai mereka tidak mau membayar paketan dan mempersalahkan kurir dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal.

Ternyata cerita dan kisah pedihnya metode pembayaran COD ini tidak hanya dialami oleh kurir dan disebabkan oleh customer saja GanSis. Belakangan ini sistem COD juga disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengirimkan barang kepada seseorang dengan alamat tertentu padahal orang yang dituju tidak merasa memesan atau membeli sesuatu melalui online dengan sistem COD.




Sebagaimana kejadian ini dibagikan oleh warganet di media sosial dan di-share oleh akun Instagram @terang_media. Seorang pria paruh baya mengaku mendapatkan kiriman paket dengan sistem COD atas nama istrinya yang dikirimkan kerumah oleh seorang kurir.

Menurut keterangan dari pria tersebut baik istri atau anaknya tidak ada yang merasa memesan paket, tetapi berdasarkan alamat dan nama yang tertera di paket memang sama persis dengan alamat dan nama si pemilik rumah.

Uniknya paket yang diterima hanya berisikan kayu dan casing handphone, sedangkan pria paruh baya tersebut harus membayar dengan harga 69 ribu rupiah untuk paket yang tidak mereka pesan.

Usut punya usut dari berbagai sumber, TS menemukan fakta bahwa memang ternyata kasus kejadian yang seperti ini tengah marak terjadi GanSis. Menjadi modus baru oknum tidak bertanggung jawab yang mengirimkan paket menggunakan sistem COD kepada target tertentu.

Anehnya disini para pelaku bisa tahu alamat lengkap sekaligus nama target, sehingga mau tidak mau target atau korban harus membayar untuk paket yang tidak pernah dipesan.




Adanya modus penipuan jenis baru yang meresahkan banyak orang ini tentu saja butuh untuk diantisipasi GanSis, jangan sampai kalian menjadi korban orang yang tidak bertanggungjawab dan harus membayar sesuatu yang tidak kalian pesan.

Adapun cara untuk mencegah agar tidak adanya kejadian yang seperti ini menimpa kalian yaitu bisa dengan beberapa langkah.

Pertama, jangan pernah menuliskan atau membagikan alamat dan nama lengkap di media sosial karena ini rawan dipersalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kedua, jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal dengan memberikan identitas diri dan alamat lengkap apapun alasan dam bujuk rayu seseorang karena bisa jadi data diri kalian diperjualbelikan untuk sesuatu yang nantinya merugikan diri kalian sendiri.

Ketiga, jika memang Agan Sista mendapatkan paket dengan sistem COD tetapi tidak merasa melakukan pemesanan, maka kalian bisa meyakinkan pemilik paket dengan menunjukkan akun aplikasi toko online yang dimiliki. Perlihatkan bahwa kalian tidak pernah memesan barang dengan kode pemesanan barang yang ada di kotak atau bungkus paket yang dikirim.

Quote:


Itulah tadi GanSis modus penipuan baru berkedok paket COD yang datang tanpa dipesan.

Agan Sista harus selalu waspada agar tidak menjadi korban penipuan pelaku-pelaku kejahatan yang memanfaatkan data pribadi seseorang tanpa izin.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menjadi himbauan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
makgendhis
anton2019827
lembur.kolot
lembur.kolot dan 62 lainnya memberi reputasi
63
18.4K
262
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan