Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

banteng.mudaAvatar border
TS
banteng.muda
PSI Heran Baliho Ganjar-Yenny Dipermasalahkan: Tak Ada Pelanggaran
PSI Heran Baliho Ganjar-Yenny Dipermasalahkan: Tak Ada Pelanggaran


Baliho PSI yang bergambar Ganjar Pranowo-Yenny Wahid di Kota Blitar akhirnya dicopot usai disebut melanggar aturan. DPP PSI menilai tidak ada aturan yang dilanggar oleh partainya.

Advokad LBH PSI, Francine Widjojo, mengatakan pencalonan Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid sebagai presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024 merupakan aspirasi rakyat. Sehingga PSI disebut menyampaikan aspirasi ini ke publik.
Baca juga:
Penampakan Sebelum dan Sesudah Baliho PSI Ganjar-Yenny di Kota Blitar Dicopot

"Pencalonan Mas Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia di Pemilu 2024 merupakan aspirasi rakyat yang disampaikan melalui Rembuk Rakyat PSI. Aspirasi rakyat inilah yang kemudian kami sampaikan ke publik, dipasangkan dengan Mbak Yenny Wahid sebagai calon Wakil Presidennya," ujar Francine dalam keterangan tertulis, Kamis (3/11).

Francine menilai penyampaian aspirasi di ruang publik melalui billboard tidak termasuk dalam kampanye. Menurut Francine hal ini tidak bisa diterapkan sebagai pelanggaran kampanye.

"Sampai saat ini belum ada penetapan siapa saja yang menjadi peserta Pemilu 2024 nanti," kata Francine.

Selain itu dia menurutnya izin pemasangan billboard juga telah dilakukan dengan baik. Francine lantas menyinggung banyaknya elit parpol yang juga memasang billboard dengan narasi politik namun tidak dipermasalahkan.

"Tidak ada yang dilanggar terkait kampanye. PSI juga bekerja sama dengan perusahaan penyedia reklame yang kredibilitasnya baik, jadi yang bersangkutan pasti sudah mengurus seluruh izin yang diperlukan. Jangan sampai suara rakyat dibungkam dengan cara ini," tuturnya.
Baca juga:
Pemilik Reklame Copot Baliho PSI Ganjar-Yenny Usai Diperingatkan Pemkot Blitar

"Saya justru heran, banyak billboard yang memuat wajah dan narasinya para elit politik bertebaran dimana-mana, tapi dibiarkan. Jangan sampai ekspresi aspirasi rakyat yang disampaikan oleh PSI ini dibungkam, dengan alasan yang diada-adakan. Sementara billboard dan baliho yang memuat kepentingan para elit politik dibolehkan," sambungnya.

Selain itu Francine mengingatkan Pasal 1 angka (35) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) secara tegas menyatakan kampanye pemilu adalah kegiatan peserta pemilu atau pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan/atau citra diri peserta pemilu. Sedangkan penetapan peserta pemilu sendiri disebut baru akan dilakukan pada 14 Desember 2022 sampai 14 Februari 2023.


Pemilik Reklame Copot Baliho PSI Ganjar-Yenny

Baliho PSI yang bergambar Ganjar Pranowo-Yenny Wahid di Kota Blitar akhirnya benar-benar dicopot. Baliho yang dipajang di Jl Merdeka, Kota Blitar itu bukan dicopot oleh PSI maupun Pemkot Blitar, melainkan oleh pemilik reklame.

Sekretaris DPD PSI Kota Blitar Tedi Randa Permana Putra mengatakan, petugas dari pemilik reklame menurunkan baliho itu sekitar pukul 12.30 WIB. Namun, Tedi menampik anggapan jika PSI Kota Blitar yang menurunkannya.

"Kami di sini hanya mengurusi keanggotaan. Tadi pas kebetulan saya lewat, tahu ada petugas dari papan iklan yang menurunkannya," jawab Tedi dikonfirmasi detikJatim, Kamis (3/11).

Saat ini, papan iklan yang semula terpasang gambar Ganjar-Yenny telah berganti menjadi program Pemkot Blitar Gempita.

Soal dicopotnya baliho PSI Ganjar-Yenny juga dibenarkan Plt Kasatpol PP Kota Blitar Ronny Yoza Pasal Bessy. Ronny mengatakan, pihaknya kemarin belum bisa dihubungi karena masih berkoordinasi dengan dinas perizinan.

"Benar sudah diturunkan. Dari yang memasang sendiri yang mencopot, karena memang aturannya melanggar Perwali Kota Blitar nomor 23 tahun 2017 tentang Pedoman Penyelengaraan Reklame dan Alat Peraga Kampanye," tukasnya.

Baca artikel detiknews, "PSI Heran Baliho Ganjar-Yenny Dipermasalahkan: Tak Ada Pelanggaran" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-6386...a-pelanggaran.

partai santri indonesia gak tertib banget


PSI Heran Baliho Ganjar-Yenny Dipermasalahkan: Tak Ada Pelanggaran
Diubah oleh banteng.muda 05-11-2022 00:26
odjay05
Veritonix
pakisal212
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan