Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Siapa Menteri Jokowi Favoritmu?


Sekarang adalah tahun 2022. Kita sudah melewati separuh jalan dari kepemimpinan periode kedua presiden Joko Widodo. Tentunya ada banyak sekali pro dan kontra yang terjadi selama tiga tahun ini, tetapi mari kita singkirkan dulu hal itu untuk sesaat. Sekarang, mari kita bahas sedikit tentang sekumpulan orang yang telah membantu Pak Jokowi dalam menjalankan tugasnya sebagai presiden alias para menteri.

Kabinet Indonesia maju 2019-2024 terdiri dari 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang (daftarnya silahkan cari sendiri). Di antara menteri-menteri tersebut ada beberapa yang cukup menonjol karena sering masuk berita dan sering membuat kebijakan-kebijakan yang menarik perhatian.
Beberapa nama yang menurut saya lebih tersorot dibanding yang lain adalah:


Mahfud Md – Menko Polhukam

Selayaknya menteri koordinator, nama beliau sering kali diangkat saat terjadi kasus yang melibatkan politik, hukum, dan keamanan negara.


Luhut Binsar Pandjaitan – Menko Marves

Siapa yang tak kenal menteri yang satu ini? Opung Luhut seolah-olah sudah menjadi tangan kanan dari presiden yang selalu membereskan segala masalah yang ada. Elon Musk malah menyebutnya sebagai perdana menteri Indonesia.


Sri Mulyani Indrawati – Menteri Keuangan

Ada banyak cibiran terhadap beliau, terutama sejak dia mengumumkan 2023 akan terjadi resesi. Meski demikian saya pribadi memiliki pandangan yang cukup baik terhadap beliau. Dibandingkan negara lain, tekanan ekonomi Indonesia memang masih bisa dibilang baik-baik saja.


Prabowo Subianto – Menteri Pertahanan

Tak banyak prestasi Pak Prabowo yang sampai ke permukaan. Meski demikian sebagai seorang pemimpin partai sekaligus salah satu nama yang sering digadang menjadi calon presiden 2024, namanya sering menghiasi media massa.


Nadiem Makarim – Mendikbud Ristek

Penunjukannya sebagai menteri pendidikan cukup menjadi tanda tanya. Namun, sebagai menteri bidang yang cukup banyak mendapat perhatian di negara ini, pendiri Gojek itu mendapat pemberitaan yang cukup rutin.


Tri Rismaharini – Menteri Sosial

Namanya tenar sebagai walikota Surabaya dan sempat digadang-gadang akan ikut meramaikan pemilu 2024. Meski demikian sejak menjadi Menteri Sosial pada tahun 2020 Bu Risma tak banyak memberi gebrakan yang berarti.


Erick Thohir – Menteri BUMN

Karena ada banyak sekali masalah mengenai badan usaha di negeri ini, nama Erick Thohir pun kerap menjadi sorotan. Kenaikan harga minyak, sepinya Garuda, penunjukan komisaris eks koruptor, semua pasti akan terhubung padanya.


Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif

Pengusaha yang dulu bersaing bersama Prabowo dalam pemilu 2019 ini juga sering digadang sebagai kandidat presiden 2024. Katanya sih dia populer di kalangan ibu-ibu muda.


Johnny G. Plate – Menkominfo
Errr…..


Mereka semua jelas memiliki kelebihan masing-masing. So, siapa menteri favoritmu dalam kabinet Indonesia Maju ini?
Polling
0 suara
Siapa Menteri Favoritmu
arsenalkufc
muhamad.hanif.2
pakisal212
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan