harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Makan Durian Dan Minum Soda Bersamaan Bisa Bikin Meninggal? Berikut Penjelasannya!

Sumber Gambar

Durian adalah salah satu buah khas Asia Tenggara yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Kecuali yang tidak suka baunya. Tak kira-kira, bahkan ada beberapa jenis durian yang dijual mahal. Selain jadi dimakan biasa, buah ini juga kerap diolah menjadi berbagai olahan seperti minuman dan es krim.

Namun, ada satu isu yang beredar di masyarakat mengenai durian ini. Ada isu bahwa durian tidak boleh dimakan sambil meminum soda. Atau tidak boleh minum soda sesudah makan durian. Alasannya tidak main-main, karena bisa menyebabkan kematian.

Konon katanya, soda dan durian bila disatukan dapat memicu tekanan darah yang begitu tinggi hingga berujung pada gagal jantung.


Sumber Gambar

Apakah benar begitu? emoticon-Bingung (S)

Dikutip dari situs resmi Kominfo, informasi ini bisa dipastikan hoax. Soda dan durian tidak akan menyebabkan kematian. Hanya saja menyebabkan perut kembung karena gas dari soda itu sendiri. Sebenarnya hal ini wajar bukan kalau kita meminum minuman soda, apalagi dalam jumlah yang banyak. Jangankan soda, air mineral kalau terlalu banyak pun bisa kembung.

Informasi yang keliru ini cukup membuat takut masyarakat. Mungkin beberapa orang masih menganggap bahwa infomasi hoax ini tidak terlalu urgent. Namun, bila dibiarkan ditakutkan nantinya malah akan menjadi kebenaran di masyarakat. Karena biasanya, kekeliruan di masyarakat yang dipercaya banyak orang dapat menjadikannya kebenaran.

Tapi, memang ada minuman yang seharusnya dihindari untuk diminum bersamaan dengan durian. Yaitu kopi. TS mendapat informasi ini sendiri melalui situs Klikdokter. Dikatakan di sana bahwa durian dan kopi memiliki efek yang sama pada tubuh yaitu meningkatkan metabolisme dan membuat detak jantung lebih cepat.


Sumber Gambar

Bagi para penderita atau yang punya riwayat penyakit jantung sebaiknya dihindari karena ada kemungkinan terkena serangan jantung. Dan kita tahu sendiri bahwa serangan jantung cukup mematikan.

Sebenarnya memang ada efek tersendiri apabila meminum soda dan memakan durian secara bersamaan. Yaitu timbulnya rasa kembung, begah dan tidak nyaman. Namun hal tersebut tidak serta merta membuat kita meninggal saat itu juga.

Gimana gan? Pernah mencoba makan durian sambil minum soda? emoticon-Bingung (S)

Link Referensi: 1, 2
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
nketiahrobin763
shinwjy
capung1
capung1 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
7.1K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan