Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Menarik dan Perlu Untuk Dicoba, Ini Beberapa Makanan Tradisional Khas Lampung
Menarik dan perlu untuk dicicipi secara langsung, ini dia beberapa makanan tradisional khas Lampung


Lampung, tentu Agan Sista sudah sangat mengenal baik nama salah satu provinsi yang ada di daerah Pulau Sumatera yang satu ini.

Dikenal karena menjadi provinsi persinggahan bagi para pelancong lokal yang datang dari Pulau Jawa dan sekitarnya saat berkunjung ke Sumatera, Lampung selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sebagaimana provinsi-provinsi lain di Indonesia, Lampung juga memiliki ibu kota, kota, dan kabupaten.
Lampung beribukota di Bandar Lampung, memiliki dua kota besar yaitu kota Bandar Lampung dan kota Metro, serta memiliki 13 kabupaten.

Tidak kalah dengan 33 provinsi yang lain, Lampung juga mempunyai keanekaragaman adat, budaya, kesenian, dan juga makanan tradisional yang sangat layak untuk dibanggakan.

Masyarakat Lampung memiliki beberapa menu masakan tradisional yang mungkin di daerah lain tidak punya atau kalaupun memang ada olahan makanan yang mirip maka bumbu olahannya akan berbeda.

Apa saja makanan tradisional khas Lampung yang perlu untuk Agan Sista icip-icip saat datang kesini?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Tempoyak

Tempoyak, merupakan olahan makanan tradisional khas Lampung yang terbuat dari bahan olahan durian fermentasi GanSis.
Durian fermentasi atau tempoyak ini biasanya dikonsumsi dengan menggunakan sambal, atau dijadikan sebagai campuran bahan panganan yang lain seperti santan ikan patin, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Cita rasanya yang khas membuat banyak orang tergiur untuk menyantap tempoyak, makanan ini selalu dihidangkan di setiap acara keluarga atau acara-acara adat Lampung.

2. Seruit (Seghuit)

Makanan khas Lampung yang selanjutnya ini tidak kalah terkenal dari tempoyak. Seruit ini merupakan olahan sambal terasi khas Lampung yang dimakan bersama ikan asap, tempoyak, dan juga mangga muda. Tidak luput lalapan-lalapan seperti terong mentah, terong goreng, daun kemangi, selada, timun, dan yang lainnya juga menyempurnakan cita rasa seruit.

3. Sekubal

Mirip dengan lontong sayur yang disediakan bersama dengan opor ayam, Lampung memiliki makanan khas tersendiri yang digunakan sebagai menu makanan tradisional yang wajib ada saat menjelang lebaran idul Fitri.
Sekubal merupakan lontong khas Lampung yang dibungkus dengan menggunakan daun dan menjadi hidangan istimewa bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri.

4. Bekasam

Mungkin banyak orang yang belum pernah mencoba sama sekali makanan tradisional khas Lampung yang satu ini, karena memang bekasam sendiri sangat jarang ditemui karena cara pengolahannya yang khusus dan memakan waktu cukup lama.

Bekasam merupakan makanan tradisional khas Lampung yang terbuat dari fermentasi ikan air tawar yang dicampur dengan nasi dan garam, membuat cita rasa masakan ini menjadi asam.

Untuk membuat bekasam ini membutuhkan waktu yang cukup lama GanSis yaitu dua hari untuk merendam ikan dengan air garam, kemudian membutuhkan waktu 7 hari untuk proses fermentasi ikan dengan karbohidrat seperti nasi dan juga campuran asam laktat.



Itulah tadi GanSis beberapa olahan makanan tradisional khas Lampung yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Lampung.

Selain ke empat makanan tersebut di atas, masih banyak lagi jenis-jenis makanan tradisional Lampung yang bisa Agan Sista coba dan jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta referensi makanan Nusantara dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
hallowwolf94
cheria021
adnanami
adnanami dan 24 lainnya memberi reputasi
25
5K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan