Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azka81Avatar border
TS
azka81
Hidup Serumah dengan Mertua, Ini Tips Meminimalisir Konflik!
Hidup Serumah dengan Mertua, Ini Tips Meminimalisir Konflik!
Sumber Picture : Pixabay


Selamat siang teman-teman semua, bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat dan berbahagia selalu, ya.

Bagi sista yang ingin menikah atau sudah menikah, tetapi ingin banget menghindari konflik dengan mertua, yuk merapat!

Menikah tidak selalu penuh dengan keindahan seperti drama Korea. Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika menjalani kehidupan rumah tangga. Apalagi bagi mereka yang menikah dalam kondisi labil, belum mempersiapkan diri untuk menghadapi biduk pernikahan, tentu tidak mudah melewatinya.

Selain itu, beberapa pasangan juga terpaksa harus tetap tinggal bersama orang tua dengan berbagai macam alasan, entah itu karena ekonomi, merawat orang tua, atau juga hal lainnya.

Sudah pasti keadaan tersebut mengharuskan para sista untuk tinggal serumah dengan mertua. Tidak sedikit pula yang merasa khawatir akan ada gesekan-gesekan antara dirinya dan mertua.

Beberapa tips di bawah ini boleh dicoba untuk meminimalisir konflik antara kedua belah pihak.

1. Coba anggap mertua itu sebagai orang tua sendiri, jangan beri jarak dengan bersikap seperti ke orang lain. Buatlah hubungan senyaman mungkin. Tidak ada salahnya mengakrabkan diri, asalkan tidak berlebihan dan bersikap tidak sopan.

2. Dukung suami berbakti pada mertua. Menikah dengan anaknya berarti harus menerima keberadaan orang tuanya. Banyak menantu yang bukannya mendukung suami berbakti kepada orang tuanya, malah membuat mereka saling menjauh. Itu gak patut ditiru ya, Sis.

3. Satu lagi masalah yang menghinggapi para istri yaitu merasa cemburu tatkala suami berusaha memprioritaskan orang tuanya. Padahal suami memang seharusnya bertanggung jawab atas orang tuanya. Jadi, buang perasaan itu ya.

4. Setip hari bertemu dan berinteraksi sudah dipastikan ada ucapan atau tindakan dari mertua yang tidak mengenakkan hati. Namun, tetap usahakan untuk tidak terlalu mengambil hati. Anggap saja itu adalah bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya.

5. Sesekali jika ada rezeki berlebih belikan hadiah sederhana untuk mertua, gak harus mahal kok. Mungkin hal ini bisa membuat mertua menjadi lebih lembut hatinya. Anggap saja sogokan stay halal.

6. Selain banyakin sabar, sista juga harus memperbanyak rasa syukur karena bisa mempunyai mertua. Banyak loh, di luar sana yang ingin menikah dan ingin merasakan punya mertua, tetapi apalah daya malah statusnya masih single.

7. Terakhir, apa pun yang terjadi tetap jalani hari-hari dengan rasa bahagia. Jangan sampai merasa tertekan dengan setiap keadaan. Bahagia itu kita yang ciptakan, bukan karena perbuatan orang lain. Jadi, keep smile, baik di hati maupun di wajah.

Itu adalah beberapa tips yang bisa sista coba jika ingin tetap akur dengan mertua. Selain dari itu apapun masalahnya coba bicarakan dengan kepala dingin. Jangan sampai perselisihan kecil dengan mertua malah memantik pertengkaran hebat sehingga membuat suami menjadi serba salah.

Yuk, Gansis tinggalkan komentar kalian di bawah! Mungkin ada pendapat lainnya, boleh kita sharing bareng!

Sumber: Opini Pribadi
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan