muyasyAvatar border
TS
muyasy
Gangguan Mental yang Menyerang Kaum Rebahan, Berikut Gejala Umumnya


Setiap hari kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas apa pun untuk menggerakkan otot-otot pada tubuh agar tidak kaku. Jalani aktivitas apa pun itu, seperti bekerja, berolah raga maupun kegiatan yang bersifat positif.

Selain itu, kita yang disebut dengan mahkluk sosial tidak bisa untuk berdiam diri saja. Karena, di luar sana banyak sekali pemandangan yang bagus untuk dilihat.

Namun, beda dengan cara pemikiran orang mengidap gangguan mental yang menyerang kaum rebahan. Gangguan tersebut disebut dengan clinomania.

Penderita clinomania bisa juga menderita akibat gangguan neurologis yang dikenal sebagai neurasthenia. Ini adalah kondisi psikologis yang di dapat dari gangguan kecemasan seperti depresi dan dikaitkan dengan sindrom kelelahan kronis.




Berikut gejala umumnya :

1. Malas keluar dengan teman-teman atau pun tidak memiliki rencana apa pun. Sampai menghabiskan sepanjang hari tetap tidak beranjak di tempat tidur tanpa bangun, kecuali untuk ke kamar mandi.

2. Mulai mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba.

3. Setiap kali untuk mencoba untuk bangun dari tempat tidur, ada semacam gaya gravitasi yang menarikmu dan tidak bisa melepaskannya.

4. Berbaring di tempat tidur membuatmu sangat nyaman. Karena, ini otakmu sudah menghasilkan pola penghargaan yang melibatkan mensekresi dopamindan zat lain yang memberi kesenangan intens yang setiap kali kamu akan tidur.





Dopamin adalah zat kimia dalam tubuh yang fungsinya sangat banyak. Dopamin berperan besar dalam mempengaruhi emosi, gerakan, sensasi, kebahagiaan, konsentrasi dan merasakan sakit.

Orang yang hobi dengan rebahan, hormon dopamin dalam dirinya sudah aktif di saat dia mulai pertama kali nyaman dengan rebahan dan tidak melakukan aktivitas apa pun.

Lebih baik, hindari rebahan terus menerus agar pikiran tidak stres. Meskipun dalam rumah ada hiburan seperti televisi atau ponsel, tetapi alangkah baiknya bersosialisasi untuk mencegah suasana hati yang gampang berubah-ubah atau mood swing.



Sumber opini pribadi
Sumber gambar : pixabay
Referensi : di sini
Diubah oleh muyasy 25-10-2022 09:26
provocator3301
eyefirst2
terbitcomyt
terbitcomyt dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan