Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kasihudinAvatar border
TS
kasihudin
Sebuah Anomali, Jet Tempur MiG-29 Ukraina Jatuh Akibat Drone Kamikaze Shaded-136

Sebuah Anomali, Jet Tempur MiG-29 Ukraina Jatuh Akibat Drone Kamikaze Shaded-136
indomiliter | 15/10/2022 |
Sebuah Anomali, Jet Tempur MiG-29 Ukraina Jatuh Akibat Drone Kamikaze Shaded-136
Selain insiden dogfight antar dua drone, rupanya ada lagi ‘anomali’ yang terjadi pada aksi drone di laga Perang Ukraina. Kali ini bukan melibatkan drone komersial macam DJI Mavic, melainkan terkait lakon drone kamikaze (loitering munition) Shaded-136 buatan Iran, atau yang dalam kode Rusia disebut Geran -2. Disebut anomali lantaran, insiden atas Shaded-136 disebut terkait dengan jatuhnya jet tempur MiG-29 Fulcrum milik Angkatan Udara Ukraina.

Dikutip dari eurasiantimes.com (14/10/2022), disebutkan pihak Angkatan Ukraina Ukraina telah mengkonfirmasi kasus pertama jet tempur yang jatuh akibat drone Kamikaze. Lantaran sempat simpang siur, tak sedikit media yang menyebut insiden ini adalah MiG-29 Ukraina yang telah dijatuhkan oleh drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran yang digunakan oleh militer Rusia. Ini adalah contoh pertama dari drone kamikaze yang menjatuhkan pesawat tempur.

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah benar jet tempur sekelas MiG-29 Fulcrum dapat dijatuhkan olen drone kamikaze sekelas Shaded-136?

Shaded-136.
Angkatan Udara Ukraina dalam sebuah postingan di Facebook mewartakan sebuah jet tempur dari salah satu Brigade Penerbangan Taktis jatuh di dekat Vinnytsia saat melakukan misi tempur untuk menghancurkan drone kamikaze Shahed-136.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan bahwa jet tempur itu jatuh karena kerusakan teknis yang tidak ditentukan dan menyebabkan pilot kehilangan kendali atas pesawat. Meski demikian, pilot berhasil melontarkan diri dan saat ini dirawat di rumah sakit.

Sebuah video dari kejadian itu kemudian mulai beredar di media sosial, menunjukkan sebuah jet tempur menggunakan kanon untuk menembak jatuh sasaran. Targetnya sendiri tidak terlihat, dan pesawat juga tidak terlihat menabrak. Namun demikian, netizen yang mendukung Rusia merayakan ini sebagai bentuk kemenangan drone kamikaze melawan jet tempur.

Sementara para analis berpendapat lain, mereka menyebut MiG-29 jatuh diduga karena menghantam bagian dari drone yang berhasil ditembak. Veteran pilot pesawat tempur Angkatan Udara India (IAF) Vijainder Thakur menyatakan bahwa setelah MiG-29 menembak jatuh sebuah Geran-2 (atau Shahed-136) dan ketika drone itu meledak, tampaknya MiG-29 sendiri jatuh, mungkin karena terkena pecahan peluru dari Geran-2 yang meledak.

Pada akhirnya, penilaian Thakur terbukti akurat, karena Biro Investigasi Ukraina, yang menyelidiki seluruh insiden ini, menyimpulkan jatuhnya MiG-29 karena fragmen drone musuh yang jatuh menghantam bagian kokpit pesawat tempur Ukraina tersebut.

Penggunaan drone kamikaze memberi Rusia alternatif yang dapat dibuang dan hemat biaya, ketimbang mengerahkan pesawat tempur, rudal jelajah dan rudal balistiknya yang berharga dan mahal. Rusia tampaknya menggunakan drone kamikaze seperti Shahed-136 buatan Iran untuk ‘membanjiri’ pertahanan udara Ukraina, terutama untuk menguras persediaan rudal hanud Ukraina yang berharga mahal. Sementara harga satu unit Shaded-136 diperkirakan hanya US$20.000

Shahed-136 dengan desain segitiga diperkirakan memiliki jangkauan sekitar 2.000 kilometer. Ini membuatnya mampu mencapai target yang tepat dari jarak jauh. Shaded-136 diproduksi oleh Shahed Aviation Industries, sebuah perusahaan Iran dengan pengalaman panjang dalam penelitian drone. (Gilang Perdana)


https://www.indomiliter.com/sebuah-a...ze-shaded-136/
© 2022 INDOMILITER.COM.
TENTANG KAMI DAN KONTAK

Sebuah Anomali, Jet Tempur MiG-29 Ukraina Jatuh Akibat Drone Kamikaze Shaded-136Sebuah Anomali, Jet Tempur MiG-29 Ukraina Jatuh Akibat Drone Kamikaze Shaded-136

gabener.edan
jlamp
bocilura
bocilura dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.3K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan