cristal308Avatar border
TS
cristal308
Mitos Dukun
Mitos Dukun



Dukun atau Orang Pintar adalah istilah yang secara umum dipahami dalam pengertian orang yang memiliki kelebihan dalam hal kemampuan supranatural.Karena memang banyak misteri di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan atau diterima dengan akal sehat.Istilah dukun biasanya digunakan di daerah pedesaan, sedangkan orang pintar atau paranormal, untuk menyatakan hal yang sama, digunakan lebih umum diantara populasi perkotaan.





Dalam ilmu ilmiah belum ada kejelasan apakah dukun itu benar benar ada.istilah dukun hanya sebatas berita burung yang berkembang dari mulut ke mulut.

Banyak ilustrasi tentang dukun dari segi kemampuan bahkan soal mistik. Dukun yang katanya bisa bikin orang kaya,menyantet dan bahkan bisa memelet lawan jenis.Semua itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah, umpama melalui penemuan fosil, bukan buku ceritera yang dikarang manusia juga, tanpa bukti ilmiah apapun. 

Banyak orang sebenarnya percaya bukan ilmu dukunnya, tapi percaya pada dukunnya.

si dukun mungkin saja ahli pengobatan tradisional, spesialis persalinan dan masalah anak, konseling percintaan, jasa terima curhat, asik diajak ngobrol, sumber gosip, dll.Setelah seseorang cocok atau menganggap bahwa si dukun berilmu.si korban pun dengan mudah diperdaya yang menjadikan dukun itu disebut dukun. Salah satu sebabnya adalah, ada ketidaktahuan di pihak pasien, dan tiba tiba terima jadi padahal belum tentu ucapan si dukun benar adanya.

Sebuah pemikiran yang sangat dangkal. Percaya karena budaya dan turun temurun. Percaya akan jalan pintas. Yang berhasil siapa?? Dukunya. Dukunya yang kaya. Bilang saja sudah dikerjakan, soal hasil urusan tuhan. Itu cara dukun menjawab pertanayaan klien saat pekerjaan si dukun tidak terbukti.Terlalu banyak data (fakta) yang menegasikan eksistensi mystical power of a dukun. Yang benar adalah natural power (fisika-kimia) yang ditutup-tutupi lantas diklaim sebagai fenomena supernatural alias gaib atau mistis.

1.Telur berisi rambut, darah, jarum dan silet.

2.Telur berputar-putar di atas piring porselein mengikuti gerakan tangan dukun.

3.Kelapa muda berisi sapu tangan, uang kertas, mie instant, dan batu akik

4.Keris bergerak-gerak lalu berdiri tegak tanpa sentuhan.

5.Demonstrasi pengeluaran jin dari tubuh seorang jamaah pengajian melalui metode rukyah.

6.Demontrasi khasiat jimat kebal senjata tajam dengan golok, pisau, bahkan senjata api.

7.suksesnya sebuah acara pesta tanpa terganggu oleh hujan karena dikawal dukun.



Ini cara mengidentifikasi adanya trik/kebohongan dalam atraksi (fenomena) yang diklaim sebagai kekuatan gaib dukun:

1.Dukun membutuhkan waktu persiapan khusus yang orang lain tidak boleh terlibat.

2.Dukun melakukan atraksi di tempat khusus yang hanya dia dan asistennya yang tahu seluk beluk tempat tersebut.

3.Dukun mengenakan pakaian khusus jubah, topi, ikat pinggang, sarung tangan, kaca mata dll.Dilakukan dalam ruangan dengan tingkat pencahayaan atau warna ruangan tertentu.

4.Dukun menggunakan benda-benda atau peralatan yang orang lain tidak diijikan memeriksa atau menyentuhnya.

5.Dukun meminta seseorang untuk menjadi medium atraksi (memanggil arwah misalnya) tetapi anda dan mayoritas audience tidak mengetahui identitas orang tersebut.

6.Dukun berucap: “Orang yang satu guru satu ilmu jangan menganggu”Dukun berucap: “saya ini hanya perantara saja, Tuhan yang menentukan, karena itu mari kita sama-sama berdo’a”Dukun memberikan syarat dan pantangan yang sepele tetapi mustahil bisa dipenuhi.



Praktik perdukunan terjadi di seluruh dunia, perbedaannya hanya soal “kadar”. Semakin maju penguasaan sains dan teknologi sebuah bangsa, praktik perdukunan cenderung rendah karena jumlah pemercaya ‘manfaat’ perdukunan semakin berkurang.Dukun itu sebutan lain dari tukang/profesi yang didapat dari penafsiran atau pemberian nama orang jaman dulu.

Dukun beranak, tukang yang bantu persalinan.

Dukun sunat, tukang nyunati.

Karena perkembangannya,kebanyakan orang dukun bersifat pada hal mistis karena semua itu didapat dari kurangnya ilmu pengetahuan dijamannya.



Apakah perdukunan itu mitos atau fakta ?

[ ] Sebenarnya saya tidak berani juga bilang kalau itu hoaks. Karena memang banyak misteri di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan atau diterima dengan akal sehat.

Kesimpulan: 

Dimana ada ajaran tentang kemukjisatan di situ akan ada kepercayaan terhadap kekuatan gaib/paranormal. Dimana ada kepercayaan terhadap kekuatan gaib pada manusia atau benda tertentu di situlah praktik perdukunan akan marak.Dimana ada ilmu pendidikan lebih maju,ilmu sain dan teknologi lebih berkembang di situlah praktik perdukunan akan menurun dan bahkan hilang.
zaekun69
radiansyah23
diki174
diki174 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan