Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tidak Kalah Berbahaya dari Psikopat, Kenali Gejala Gangguan Kepribadian Sosiopat
Tidak kalah berbahaya dari psikopat, kenali ini dia gejala gangguan kepribadian sosiopat


Gangguan kepribadian psikopat, tentu Agan dan Sista sudah sangat akrab dengan pengertian psikopat itu sendiri karena istilah gangguan kepribadian yang satu ini telah banyak dibahas di media sosial atau artikel-artikel kesehatan mental oleh para ahli dengan tujuan agar GanSis dapat melihat gejala psikopat yang ada di sekitar dan terhindar dari bahaya.

Psikopat merupakan gangguan kepribadian dimana pelakunya menunjukkan perilaku kasar, manipulatif, tidak sensitif, dan anti sosial. Orang yang mengalami gangguan psikopati ini tidak segan-segan menyakiti orang lain dengan keji meskipun tanpa alasan yang jelas atau pasti.

Membahas tentang gangguan kepribadian, ternyata selain psikopat ada gangguan kepribadian lainnya yang tidak kalah berbahaya dan perlu untuk diwaspadai GanSis. Gangguan tersebut bernama Sosiopat dan ternyata gangguan kepribadian ini cukup berbahaya serta perlu untuk Agan Sista ketahui.

Berikut ini penjelasan singkat tentang gangguan kepribadian sosiopat lengkap dengan gejalanya.




Sosiopat, merupakan gangguan kepribadian dimana pelakunya memiliki perilaku dan sikap antisosial. Berbeda dengan pengertian ansos atau anti sosial pada umumnya dimana seseorang enggan untuk melakukan interaksi dengan orang-orang sekitar atau orang yang baru dikenal, pada gejala sosiopat ini seseorang bukan ingin menyendiri dam tidak nyaman untuk bersosialisasi melainkan berperilaku semau sendiri atau tidak mau untuk mematuhi aturan sosial yang berlaku.

Antara psikopat dan sosiopat sendiri hanya memiliki sedikit perbedaan, jika orang dengan gejala psikopati mereka tidak segan untuk menyakiti orang lain dengan serius, sedangkan sosiopat berupa pelanggaran kecil dengan resiko bahaya yang tidak lebih besar dari psikopat.

Adapun gejala dari gangguan kepribadian sosiopat yaitu, pelakunya tahu tindakan salah dan benar tetapi mereka tetap melakukan sebuah kesalahan dan membenarkan apa yang dilakukan.

Bukan hanya itu, pelaku sosiopat juga suka memanipulasi keadaan, berbohong untuk hal kecil dan besar, pandai mengontrol psikologis orang lain, dan tidak memiliki simpat serta empati terhadap sesama manusia.

Bagi Agan dan Sista yang ingin melihat apakah seseorang memiliki gangguan kepribadian sosiopati, sifat dan karakter asli mereka hanya akan muncul ketika emosinya memuncak dan tidak terkendali.




Itulah tadi GanSis sekilas tentang apa itu gangguan kepribadian sosiopat lengkap dengan gejalanya.

Meskipun pelaku sosiopat tidak lebih berbahaya dari pelaku psikopat tetapi mereka juga sama-sama tidak memiliki rasa empati, sehingga dapat dengan mudah menyakiti orang lain yang mungkin tidak memiliki kesalahan atau tidak sengaja membuat kesalahan.

Alasan kenapa seseorang mengalami sosiopat sendiri belum jelas, hanya saja menurut beberapa penelitian faktor dari sosiopat bisa karena traumatis masa lalu, atau juga genetik.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
64m64n9s
syaifudinseno
cor7
cor7 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.7K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan