harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Makanan Murah Di Indonesia, Tapi Mahal Di Luar Negeri! Ada Yang Sampe Ratusan Ribu!

Sumber Gambar

Di Indonesia, ada banyak jenis makanan yang enak dan juga terjangkau. Walau terlihat sederhana, namun beberapa hidangan ini diminati banyak orang dan punya tempat tersendiri di hati masyarakat.

Mungkin selama ini ada beberapa makanan yang kita anggap murah dan remeh. Tapi kalian pun harus tahu bahwa makanan-makanan yang dijual murah di sini, bisa menjadi mahal di luar negeri. Wah, apa saja ya?

Berikut TS berikan daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Tempe


Sumber Gambar

Tempe adalah makanan yang berbahan dasar kacang kedelai. Makanan ini biasanya disajikan dengan cara digoreng, atau bisa diolah menjadi makanan lain seperti orek dan sebagainya.

Di Indonesia, tempe bukanlah sesuatu yang mahal. Tapi di negeri Paman Sam beda cerita. Di Amerika Serikat, tempe 226 gram memiliki harga mencapai 26 USD atau sekitar Rp. 400.000.

2. Pisang Goreng


Sumber Gambar

Pisang goreng adalah makanan yang biasa dinikmati dengan kopi di pagi hari. Hampir semua orang bisa membuatnya karena sangat simpel dan tidak terlalu sulit. Kalau pun beli mungkin harganya seribu atau dua ribu rupiah.

Bersyukur dengan adanya harga tersebut. Karena di Belanda, harga untuk satu pisang goreng dijual dengan 5 euro atau Rp. 75.000.

3. Bakwan


Sumber Gambar

Sedikit cerita, saat thread ini ditulis TS bisa membuat bakwan saat ini juga. Bahan-bahannya lengkap kok di kulkas. Karena membuat bakwan memang tidak sulit, bahannya pun mudah. Tepung, telur, dan sayuran sesuai selera. Kalau beli pun harganya tak beda jauh dengan pisang goreng.

Tapi di New York, harganya berbeda jauh. Sepotong bakwan dijual dengan harga 5 dollar atau sekitar 70 ribu rupiah. Yang membedakan bakwan di sana dimakan dengan mayonaise mengikuti selera. Selebihnya kurang tahu dicampur apa lagi.

4. Nasi Goreng


Sumber Gambar

Nasi Goreng adalah makanan yang sudah familiar di lidah orang Indonesia. Biasanya dijual malam hari dan jadi penyelamat ketika lapar menyerang. Bahkan bila kita niat, kita bisa membuatnya sendiri dengan nasi sisa.

Biasanya nasi goreng dibanderol dengan harga 15 ribu rupiah. Tapi di Amerika Serikat, satu porsi nasi goreng memiliki harga 10 Dollar atau sekitar 140 ribu rupiah. Hm, apakah nasi gorengnya memakai daging Wagyu?

5. Pecel Lele


Sumber Gambar

Pecel Lele mudah ditemukan di pinggir jalan bukan? Harganya pun mungkin sekitar 15-20 ribu rupiah. Bahkan di tempat TS masih ada kok yang jual dengan harga 10 ribu rupiah. Cukup murah.

Berbeda dengan di Eropa. Untuk satu porsi pecel lele memiliki harga 15 euro atau sekitar Rp. 225.000. Wah mungkin pakai lele yang segede megalodon ya.

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Tapi dengan harga segitu, mungkin bisa dibilang worth it jika kita membayangkan proses pembuatan mulai dari membeli bahannya langsung dari Indonesia, belajar atau bahkan mendatangkan tukang masak langsung dari Indonesia. Ditambahnya langkanya bahan-bahan yang ada.

So, jadi kalau kalian ada di luar negeri maunya jualan apa nih gan? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
grandiscreamo
firdainayah
firdainayah dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.8K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan