masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tips Sehat Bersosial Media, Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Celaka
Perlu kesadaran tinggi, ini dia tips bersosial media agar tidak mendekati bahaya dan celaka


Sosial media atau media sosial merupakan sebuah platform atau wadah yang memfasilitasi manusia untuk saling berinteraksi, komunikasi, membagikan konten-konten berupa video, suara, atau tulisan yang mana di tempat atau media inilah manusia melakukan interaksi sosial.

Dapat dikatakan di era modern ini media sosial adalah dunia kedua bagi kebanyakan orang terutama orang-orang yang tidak gagap akan tekhnologi. Media sosial bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi dengan teman, keluarga, atau sahabat melainkan juga untuk mencari uang bagi mereka yang kreatif berinovasi menjadikan media sosial sebagai ladang cuan.

Tapi apakah Agan dan Sista tahu bahwa sebagai dunia kedua media sosial juga memiliki beberapa ancaman bahaya sebagaimana dunia nyata?
Bahkan media sosial bisa lebih berbahaya dibandingkan dunia nyata jika mereka yang menggunakannya tidak bijak dan tidak mengikuti aturan-aturan bersosial media.

Beberapa macam bahaya akan mengintai Agan Sista saat kalian tidak bijak menggunakan media sosial atau malah menjadikan media sosial sebagai tempat mencari keributan dengan orang-orang yang tidak dikenal.

Bahaya bersosial media tersebut dapat dilihat dari banyaknya kasus yang membuat seseorang sampai terjerumus berhubungan dengan hukum karena sembarangan dalam bersosial media.

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan terjadi, berikut ini ada beberapa tips sehat bersosial media agar terhindar dari bahaya dan celaka.




1. Jangan Mencari Musuh

Tips sehat bersosial media yang pertama yaitu jangan mencari musuh GanSis.
Kehidupan kalian tidak hanya mengurusi yang ada di dunia maya melainkan juga banyak aktivitas lain di dunia nyata yang harus diselesaikan.

Gunakan waktu kalian di media sosial untuk hiburan setelah lelah bekerja, jangan malah mencari masalah dengan orang yang tidak dikenal di media sosial yang nantinya akan membuat kalian berurusan hingga ke dunia nyata.

Saat Agan dan Sista dapat menghindari bermasalah dengan orang lain di media sosial, paling tidak satu langkah menyehatkan mental sudah kalian lakukan.

2. Jangan Membuat Onar

Menyinggung atau menjelekkan orang lain atau pemerintah, ini juga bukan sebuah aktivitas yang baik untuk dilakukan di dunia maya.

Agan Sista dapat dituntut dengan pencemaran nama baik saat menjelek-jelekkan orang lain atau pemerintah jika orang yang dijelek-jelekkan tidak terima dan lapor Polisi.

3. Jangan Ikut Campur Urusan Orang

Ikut campur urusan orang lain di media sosial, ini juga sangat tidak perlu untuk dilakukan karena hanya akan membawa kalian pasa masalah GanSis.

Biarkan orang lain menyelesaikan masalahnya, kalaupun kalian tahu tentang masalah tersebut jangan pernah mau terlibat jika memang tidak seharusnya terlibat.
Bermasalah di media sosial itu sangat tidak dianjurkan, karena akan lebih rumit untuk diselesaikan dibandingkan masalah di dunia nyata.

4. Jangan Mudah Percaya dan Menyebarkan Hoax

Di media sosial akan selalu ditemukan pemberitaan atau gosip-gosip yang memang seru untuk dibahas.

Dari banyaknya pemberitaan atau kabar yang ada di media sosial tidak sedikit yang merupakan berita bohong atau hoax, dan Agan Sista dituntut untuk paham apakah sebuah berita yang tersebar itu fakta atau hoax. Jangan sampai kalian tidak melakukan cek ricek saat melihat sebuah kabar berita kemudian membagikan kepada orang lain dan menjadi sumber masalah baru karena miskomunikasi.



Itulah GanSis sekilas tentang tips sehat bersosial media yang dapat kalian lakukan sebagai pencegahan agar tidak terjerumus dalam bahaya dan celaka.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai himbauan bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
abunabil19
nurhuda008
Seno312
Seno312 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan