harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Harus Tahu! 3 Bahaya Makan Terlalu Banyak Bagi Kesehatan, Makan Secukupnya Saja Gan!

Sumber Gambar

Makan adalah kebutuhan setiap manusia. Dengan makan kita bisa memiliki tenaga cukup untuk beraktivitas, selain itu juga bisa membentuk tubuh kita supaya lebih berisi dan tidak kurus. Selain porsi, perlu juga diperhatikan nutrisi dan kandungan-kandungan dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Tapi, kadang kita tak tahu batasan. Entah karena terlalu lapar atau makanan terlalu enak, orang bisa saja makan melebihi porsi normal atau porsi yang secukupnya. Hal ini tidak bagus bagi kesehatan dan justru bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh kita.

Berikut ini TS tampilkan beberapa bahaya apabila kita makan terlalu banyak!emoticon-Ngacir



1. Obestias

Ini sudah pasti, bagi yang banyak makan sudah pasti akan mengalami obesitas dan kelebihan berat badan. Terlebih lagi jika kurang olahraga. Jumlah kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibakar, maka akan membuat obesitas menjadi semakin tak terkendali.

Obesitas juga meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti penyakit kantung empedu, stroke, penyumbatan nafas ketika tidur, penyakit jantung hingga hipertensi. Selain itu, obesitas juga mempengaruhi bentuk fisik kita yang membuat beberapa orang merasa minder. Berat badan berlebih juga bisa menganggu beberapa aktivitas kita.

2. Diabetes Tipe 2

Apabila terlalu banyak makan dan membuat lemak dalam perut berlebih. Maka bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2 yang diakibatkan karena insulin dalam pankreas tidak mampu untuk mengendalikan kadar gula darah.

Salah satu dampak dari diabetes tipe 2 adalah sulitnya luka untuk sembuh hingga pengelihatan yang kabur. Selain itu juga, diabetes tipe 2 bisa mengakibatkan datangnya penyakit lain seperti penyakit jantung, hingga alzheimer.

3. Mengganggu Pencernaan

Makan berlebihan juga bisa menganggu pencernaan. Ketika perut kita sudah kelebihan kapasitasnya, maka organ-organ pencernaan lain akan kewalahan dan mungkin saja menyebabkan organ pencernaan bekerja tidak sesuai fungsinya. Perut akan terasa kembung bahkan sakit.

Bila terus dibiarkan maka akan menyebabkan seseorang memuntahkan kembali makanannya. Dan jika kebiasaan ini diteruskan, bukan tidak mungkin akan mendatangkan banyak kerusakan pada sistem pencernaan.


Sumber Gambar

Ya, itulah tiga bahaya makan terlalu banyak yang bisa TS bagikan. Tentu, semua orang butuh makan karena merupakan kebutuhan pokok. Tapi ada baiknya kita makan secukupnya saja. Karena kita makan untuk hidup, bukan sebaliknya.

Dan kalau bisa, perhatikan juga nutrisi dari makanan yang kita makan. Akan semakin baik bagi tubuh kita apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh mengandung nutrisi yang baik juga. So, makan yang sehat ya!

Kalau kalian biasanya makan berapa piring nih? Hehe. emoticon-Blue Guy Peace

Referensi: 1, 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jlannister
nketiahrobin763
koi7
koi7 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
8.9K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan