Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AltahiraAvatar border
TS
Altahira
Bukan Aksara Latin, Inilah Aksara-Aksara Kuno Nusantara yang Terlupakan!

Cikal Bakal Aksara Jawa Kuno (Sumber Gambar: metrum.co.id)

Kehadiran Bangsa Arab dan Eropa di Nusantara


Ilustrasi Kehadiran Bangsa Arab di Nusantara (Sumber Gambar: republika.co.id)

Bukti berkuasanya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dahulunya membawa sedikitnya perubahan pada masa transisi penggunaan aksara kuno (berbasis Hindu-Buddha) beralih ke penggunaan aksara arab. Beratus tahun lamanya kerajaan-kerajaan kuno (Islam) berkuasa di Nusantara yang telah melakukan kontak dagang, budaya, pendidikan, dan lain-lain dengan bangsa non-Nusantara (Eropa) lainnya. Kontak interaksi tersebut membawa perubahan yang sangat terasa hingga masa kini, yaitu penggunaan aksara. Kehadiran bangsa Eropa yang sangat berkuasa di Nusantara membawa dampak yang tidak serta merta langsung memberi pengaruh yang sangat besar di Indonesia, banyak proses yang telah dilalui hingga dicanangkannya penggunaan aksara-aksara latin pada dokumen-dokumen penting. 

Sejarah Aksara Kuno di Nusantara


   Prasasti Telaga Batu (Sumber Gambar: wikipedia.org)

Peran Negeri Kuch-Kuch Hota Hai kepada Indonesia telah memberi warna warni yang begitu mendalam. Sejarah dan budaya berpadu memberi citra yang sangat sorak indah ke dalam jalinan rangkaian aksara-aksara kuno Nusantara. Prasasti Yupa (Kerajaan Kutai) menjadi saksi bersemaraknya salah satu aksara India di Nusantara yang dinamai aksara Pallawa sejak abad ke-4 M di Nusantara. Aksara Pallawa menjadi babak awal lahirnya aksara-aksara kuno di Nusantara. Selain itu, bahasa Sanskerta menjadi salah satu pengiring dalam menggemakan jejak-jejak aksara Pallawa yang pada akhirnya bahasa Melayu Kuno dan Jawa menjadi salah satu produk atas pengaruhnya bahasa Sanskerta di Nusantara. Sementara itu, terdapat aksara Nagari yang digunakan pada beberapa prasasti-prasasti kuno Nusantara, yaitu Prasasti Kalasan, Prasasti Kelurak, Prasasti Pasir Panjang, dan beberapa prasasti lainnya. 
Melihat dari sejarahnya, aksara Pallawa dan aksara Nagari merupakan turunan dari aksara Brahmi yang merupakan induk dari segala aksara di Asia Selatan dan Asia Tenggara, khususnya di Nusantara. Orang-orang Nusantara pada masa lalu diindikasikan secara langsung mempelajari aksara-aksara turunan Brahmi tersebut di kancah internasional ataupun kontak jalinan politik, perdagangan, budaya, dan sebagainya di wilayah Nusantara sendiri.
Aksara-aksara yang berasal dari India dibawa melalui mantra-mantra yang terhubung pada tablet-tablet dan stupika dalam penyebaran agama Buddha ataupun dibawa oleh para pedagang India yang berlabuh di Nusantara. Aksara tersebut dinamai aksara Pranagari. Akan tetapi, aksara Pallawa lebih populer pada masa itu hingga menurunkan aksara-aksara lokal. 

Aksara-Aksara Kuno Nusantara
Beberapa aksara kuno Nusantara yang mulai dilupakan oleh masyarakat umumnya, khususnya dalam perkembangan aksara yang dimulai dari aksara Pallawa dan Nagari. Aksara Pallawa berkembang menjadi aksara Kawi yang akhirnya menurunkan aksara-aksara kuno lainnya di Nusantara. 

Aksara di Sumatra


Quote:


Aksara di Jawa 

Quote:


Aksara di Sekitaran Bali dan Lombok
Quote:


Aksara di Sulawesi
Quote:


Nah, agan-agan Kaskus. Itulah beberapa aksara kuno Nusantara yang bisa saya sampaikan di sana. Agan-agan bisa searching  asik di tulisan-tulisan ilmiah yang menerangkan aksara-aksara kuno tersebut. Satu hal yang paling penting melihat besarnya pengaruh bangsa India di Nusantara juga merupakan hasil budaya India dan Indonesia di masa prasejarah menuju masa klasik Hindu-Buddha. Kira-kira para agan di sini bisa kasih gambaran singkat yang ada di bayanganmu jikalau bangsa India tidak datang ke negeri kita pada masa itu?

Kalau ada kesalahan, mari kita teliti secara online bersama!

Tulis komentarmu dan mari berdiskusi secara sehat!

Terima kasih!

agankondrok
yoseful
yoseful dan agankondrok memberi reputasi
2
2.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan