Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sakpattanaAvatar border
TS
sakpattana
Mengenal Mesin Pemotong Padi

Mesin Pemotong Padi
Indonesia di kenal sebagai negara agraris. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya sawah yang membentang luas terutama di Pulau Jawa. Padi sebagai makanan utama di pilih oleh banyak petani untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok.

Menarapkan sistim panen yang akurat seperti penggunaan mesin potong padi sebagai salah satu alat untuk memenuhi standar persyaratan teknis. Syarat untuk memulai panen adalah dengan cara melihat umur padi yang siap panen dengan syarat seperti kesehatan dan ekonomi.

Kehilangan jumlah hasil yang besar dan mendapatkan mutu padi yang tidak sesuai diharapkan merupakan kesalahan dalam proses pemanen padi.

Berikut jenis alat pemotong padi tradisioal dan modern dilengkapi dengan cara kerja dan penggunaan mesin tersebut:

Alat Pemotong Padi Tradisional

Sabit

Sejak zaman dahulu sabit sudah sering digunakan sebagai alat yang biasa digunakan petani untuk memanen padi. Seperti alat panen ani dan arit babatan, alat ini mempunyai peran penting saat proses pemanenan padi yang sudah siap panen. Alat ini sangat ringan dan mudah untuk digunakan.

Sabit/sabit bergerigi umumnya digunakan untuk memotong padi varietas unggul baru yang berpostur pendek seperti IR-64 dan Cisadane. Penggunaan sabit bergerigi sangat dianjurkan karena dapat menekan tingkat kehilangan hasil sebesar 3%.

Ani

Saat ini peralatan modern dan canggih sudah banyak dan banyak varian, tapi pada zaman dahulu alat pemotong padi ani yang sering digunakan lebih banyak petani kita untuk  memetik padi. Saat ini ani masih sering digunakan oleh para petani/buruh tani untuk memanen/memetik padi ketan sebagai mesin potong padi.

Ani biasanya digunakan untuk memanen padi lokal yang berpostur tinggi. Dahulu masyarakat Jawa selalu memakai ani saat panen padi telah tiba.

Mesin Potong Padi Modern

Tahap pemanenan sangatlah penting karena di tahap ini hasil panen bisa berkurang atau menyusut yang biasa di sebut sebagai susut panen. Pemanenan dengan cara tradisional yaitu menggunakan alat sederhana bisa meningkatkan nilai susut panen yaitu antara 3,5%-8,5%.

Maka dari itu, zaman sekarang kebanyakan petani sudah menggunakan mesin pemotong padi untuk menghindari hal tersebut dan juga untuk mempercepat proses dan juga mengurangi biaya tenaga kerja atau biaya buruh panen.

Mengenal Mesin Pemotong Padi

Mesin pemotong padi ialah mesin yang di gunakan untuk memotong batang padi sehingga padi bisa masuk ke proses berikutnya yaitu perontokan gabah, pengeringan gabah dan penggilingan gabah.

Mesin pemotong padi sendiri ada beberapa jenis yang di kenal saat ini yaitu reaper, binder dan combine harvester. Reaper mempunyai fungsi untuk memotong batang pohon padi dan harganya relative terjangkau.

Alat ini sangat praktis di gunakan dan juga harganya terjangkau. Reaper sangat cocok untuk lahan swah padi yang tidak begitu luas. Binder mempunyai fungsi tambahan yaitu mengikat batang padi yang sudah terpotong. Sedangkan combine harvester mempunyai fungsi paling lengkap yaitu memotong, merontokan dan bahkan memasukan gabah ke dalam karung.

Cara Kerja Mesin Pemotong Padi

Mesin pemotong padi di rancang untuk mempermudah kerja petani dalam memanen padinya. Pada alat ini terdapat pisau untuk memotong batang padi. Proses panen akan lebih cepat terutama jika di operasikan oleh tenaga yang terampil.

Maka dari itu di sarankan bagi para petani untuk menggunakan mesin pemotong padi dalam proses pemamenan untuk mempercepat proses, mengurangi biaya dan juga meningkatkan kualitas hasil panen atau padi.

Langkah Menggunakan Mesin Pemotong Padi

Memotong padi dengan menggunakan cara tradisional memerlukan waktu yang lama dan juga keahlian khusus karena cukup sulit. Akan tetapi dengan menggunakan mesin pemotong padi pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan hal tersebut bisa di lakukan dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Mesin pemotong padi akan memangkas waktu yang di butuhkan dalam proses pemanenan. Selain itu, petani juga bisa menurunkan biaya buruh panen karena mesin bisa di operasikan oleh satu orang saja. Kemudian mesin juga bisa meningkatkan kualitas gabah atau beras.

Mesin pemotong padi sudah menjadi sebuah kebutuhan mutlak dan setiap petani berhak untuk memiliki akses ke mesin ini. Pemerintah punya kewajiban untuk menyediakan mesin-mesin sehingga petani kecil bisa menggunakannya.

Distribusi mesin pemotong padi bisa melalu kelompok-kelompok tani yang tersebar di seluruh negeri. Dengan car aini, mayoritas petani bisa merasakan manfaat dari mesin potong padi tanya harus menunggu mempunyai cukup modal untuk membelinya.

Kesuksesan sebuah negara tergantung dari kesuksesan para petaninya dan penggunaan mesin pemotong padi secara masif di seluruh Indonesia merupakan salah satu caranya.


Sumber
0
832
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan