perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Luhut Was-was: Suka Tak Suka, RI Bakal Dihantam Badai Besar



Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakini Indonesia akan terkena 'getah' dari krisis global, sehingga mantan menteri perindustrian tersebut meminta semua pihak kompak.

Resesi global yang kali ini disebut Luhut sebagai 'perfect storm' atau badai yang sempurna dipengaruhi oleh laju inflasi tinggi yang diikuti kenaikan suku bunga secara besar-besaran di banyak negara, termasuk AS.

"Sekali lagi saya imbau tetap rapatkan barisan kita untuk hadapi perfect storm yang sekarang ini sudah mulai terlihat ekonomi dunia terguncang dimana AS akan menaikkan terus suku bunga," kata Luhut saat peluncuran Command Center Pemantauan dan Pengawasan Terintegrasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dikutip Kamis (29/9/2022).


Luhut memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga hingga 4,75 %. "Itu suka atau tidak suka pasti akan kena ke kita," tegasnya.

Ekonomi Indonesia sendiri, menurutnya, merupakan salah satu yang terbaik. Masalah inflasi pangan sudah mulai terkendali. Akan tetapi, dia melihat inflasi inti atau core inflation sudah naik.

"Inflasi sampai akhir bulan depan ini atau bulan ini mungkin sudah mendekati 5% sekian," kata Luhut.

Dia menilai masalah inflasi telah menjadi masalah dunia. Oleh karena itu, dia mengimbau ketahanan rumah tangga dan ketahanan desa harus diperkuat.


Luhut mencontohkan masalah pasokan cabai, bawang dan telur harus bisa diselesaikan di level desa. "Kalau ini bisa diselesaikan haqqul yakin kita gak akan banyak masalah seperti negara lain," tegasnya.

Dia pun bersyukur tidak ada antrean masyarakat untuk mendapatkan makanan.

"Kita sampai hari ini gak ada yang antre makan. Kalau kita lihat di London sekarang itu banyak market-market yang kosong, jadi kenapa? Mereka gak mau impor dari China. terus selama ini produksi dari China, mereka belum siap," ungkap Luhut.


"Jadi global issue harus kita waspadai dan kita bersyukur dan belum melihat tanda tanda ini," pungkasnya.


link

Was-was gan
scorpiolama
gabener.edan
s.c.a.
s.c.a. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan