mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Ketua Komnas HAM Temui Lukas Enembe di Papua

Ketua Komnas HAM Temui Lukas Enembe di Papua


Jayapura, CNN Indonesia -- Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik terlihat mendatangi rumah Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Rabu (28/9).
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, rombongan Taufan terlihat datang ke rumah Lukas sekitar pukul 15.00 WIT. Namun, awak media tak dapat ikut masuk ke dalam rumah itu untuk meliput langsung pertemuan Komnas HAM dengan Lukas Enembe dan kuasa hukumnya.

Warga yang mendukung Lukas Enembe pun terlihat berjaga di luar rumah gubernur yang telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan foto yang diterima CNNIndonesia.com, Lukas terlihat berbincang langsung dengan Taufan di sebuah meja. Terlihat pula salah satu pengacara Lukas di foto tersebut. Pertemuan itu disebutkan berlangsung sekitar satu jam.

"Dalam pertemuan itu hadir pimpinan Komnas HAM Bapak Ahmad [Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM] didampingi Bapak Choirul Anam dan Bapak Beka [Beka Ulung Hapsara] dan Bapak Fritz [Ramandey] Komnas HAM Papua," ujar pengacara Lukas, Roy Rening, kepada wartawan di depan rumah Gubernur Papua tersebut usai pertemuan.

"Dialog antara ketua Komnas Ham dengan bapak gubernur papua, Bapak Lukas Enembe menjelaskan situasi yang beliau hadapi selama ini dari tekanan-tekanan politik yang dihadapi," imbuhnya.

Roy menyebut Ketua Komns HAM meminta agar Lukas fokus pada kesehatan terlebih dahulu, dan pihaknya ingin memastikan hak-haknya didapatkan.

Selain itu di depan Komnas HAM, kata Roy, lewat ponselnya miliknya menghubungi Direktur Penyidikan KPK untuk menjalinkan komunikasi dengan Lukas Enembe.

"Perkembangan yang terbaru telah terjadi obstruction of justice... saya sampaikan tadi siang di hadapan pimpinan Komnas HAM ada pembicaraan antara Direktur Penyidikan [KPK] Asep guntur dengan Bapak Lukas Enembe, juga pembicaraan dengan bapak Komnas HAM melalui telepon seluler saya," kata Roy.

Atas dasar itu, dia menegaskan tak ada obstruction of justice, karena proses hukum tetap akan diikuti pihak kliennya.

"Kami sama sekali tidak punya niat menghalang-halangi penyidikan, kami selalu berkoordinasi dengan penyidik KPK," ujarnya.

"Komitmen kami terhadap penegakan hukum itu jalan, hanya memang harus diakui secara de facto kondisi Bapak Lukas Enembe tidak memungkinkan untuk diperiksa sebagai saksi," imbuhnya.

Hingga berita ini ditulis, CNNIndonesia.com belum mendapatkan pernyataan resmi dari Komnas HAM terkait kunjungan komisioner ke rumah Lukas Enembe itu. CNNIndonesia.com sudah menghubungi Taufan, Anam, dan Beka namun belum ada respons yang didapat.


Sebagai informasi, sebelumnya KPK menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi. Lukas sudah dua kali dipanggil KPK baik sebagai saksi maupun tersangka, tetapi ia selalu mangkir.

Kuasa hukum beralasan Lukas sedang menjalani perawatan akibat penyakit. Bahkan, tim kuasa hukum Lukas mengajukan permohonan agar Lukas bisa berobat ke luar negeri.

(wel, yla/kid)


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...embe-di-papua.


Ketua Komnas HAM RI temui Gubernur Papua


Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI, Ahmad Taufan Damanik saat bertemu Gubernur Papua, Lukas Enembe di rumah pribadi Enembe yang terletak di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (28/9/2022). - Istimewa
Jayapura, Jubi – Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik mendatangi rumah pribadi Gubernur Papua, Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (28/9/2022) siang. Kedatangan Damanik itu untuk melihat langsung kondisi kesehatan Lukas Enembe yang tengah menghadapi perkara dugaan penerimaan gratifikasi Rp1 miliar yang tengah disidik Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hal itu dinyatakan kuasa hukum Gubernur Papua, Stefanus Roy Rening di Kota Jayapura, Rabu malam. Menurut Rening, Damanik menyarankan agar Enembe fokus memulihkan kondisi kesehatannya.

“Dalam pertemuan tadi, Ketua Komnas HAM meminta agar Lukas Enembe fokus kepada kesehatannya terlebih dahulu, tanpa harus memikirkan segala persoalan yang kini dihadapinya,” kata Rening kepada wartawan di Jayapura.

Menurut Rening, Damanik juga sempat bertanya kepada Enembe tentang penyakit yang dideritanya. “Intinya Komnas HAM ingin memastikan bahwa hak kesehatan Gubernur Papua terpenuhi dengan baik. Pak Lukas sampaikan jika dirinya sudah empat kali stroke,” ujarnya.

Ia menyatakan pihaknya tidak mengetahui apa langkah lanjutan yang akan diambil Komnas HAM RI setelah melihat langsung kondisi kesehatan Enembe.

“Saya tidak tahu rekomendasi apa yang akan dikeluarkan oleh Komnas HAM,” ucapnya. (*)

https://jubi.id/polhukam/2022/ketua-...ubernur-papua/

Di Depan Ketua Komnas HAM, Lukas Enembe Telepon Dirdik KPK


Gubernur Papua Lukas Enembe. (Detikcom/Wilpret Siagian)
Jayapura, CNN Indonesia -- Gubernur Papua Lukas Enembe menelepon Direktur Penyidikan KPK Kombes Asep Guntur saat didatangi jajaran Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di rumahnya, Jayapura, Rabu (28/9).
Penasihat hukum Lukas, Stefanus Roy Rening mengatakan lewat sambungan telepon di depan anggota Komnas HAM itu kliennya memberikan informasi kepada KPK terkait kondisi terkini kesehatannya.

Roy menyebut informasi itu disampaikan Lukas sekaligus mengklarifikasi isu yang beredar bahwa kliennya melakukan obstruction of justice atau perintangan penyidikan dalam kasus gratifikasi.

"Saya sampaikan bahwa tadi siang di hadapan pimpinan Komnas HAM ada pembicaraan antara Direktur Penyidikan Asep Guntur dengan bapak Lukas Enembe, juga pembicaraan dengan bapak Komnas HAM melalui telepon seluler saya," kata Roy kepada wartawan di depan rumah Lukas.

Roy mengatakan dalam pertemuan itu hadir Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan jajarannya.

"Dalam pertemuan itu hadir pimpinan Komnas HAM Bapak Ahmad [Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM] didampingi Bapak Choirul Anam dan Bapak Beka [Beka Ulung Hapsara] dan Bapak Fritz [Ramandey] Komnas HAM Papua," ujarnya.

"Dialog antara ketua Komnas Ham dengan Bapak Gubernur Papua, Bapak Lukas Enembe menjelaskan situasi yang beliau hadapi selama ini dari tekanan-tekanan politik yang dihadapi," imbuhnya.

Roy mengatakan dalam komunikasi jarak jauh dengan Dirdik KPK di depan Komnas HAM itu, Lukas memberi informasi dengan suara yang berat. Lukas juga didampingi dokter pribadinya untuk menjelaskan kepada Dirdik KPK terkait kondisinya.

Menurut Roy, sikap Lukas tersebut menunjukan bahwa kliennya tidak ada tujuan untuk melakukan perintangan penyidikan. Sebab, kata dia, dalam kondisi belum pulih pun Lukas tetap berkoordinasi dengan penyidik.

"Itu memastikan bahwa kami tetap dalam koordinasi dengan penyidik KPK. Jadi kalau ada isu2lnisu yang menyatakan bahwa kita menghalang halangi penyidikan itu tidak benar," ujarnya.

Roy menyampaikan bahwa ketidakhadiran Lukas dalam pemanggilan pemeriksaan KPK murni karena alasan kesehatan. Dia menyebut pihaknya juga mengirim surat keterangan dari dokter jika Lukas tak bisa hadir.

"Kami datang memberitahukan kepada penyidik KPK bahwa Bapak Lukas tidak bisa hadir karena sakit yang dilampirkan dengan surat keterangan dokter pribadi dan RS di Singapura," ucapnya.

Hingga berita ini ditulis, CNNIndonesia.com belum mendapatkan pernyataan resmi dari Komnas HAM terkait kunjungan komisioner ke rumah Lukas Enembe itu. CNNIndonesia.com sudah menghubungi Taufan, Anam, dan Beka namun belum ada respons yang didapat.

Sebelumnya KPK menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi. Lukas sudah dua kali dipanggil KPK baik sebagai saksi maupun tersangka, tetapi ia selalu mangkir.

Kuasa hukum beralasan Lukas sedang menjalani perawatan akibat penyakit. Bahkan, tim kuasa hukum Lukas mengajukan permohonan agar Lukas bisa berobat ke luar negeri.

(wel, yla/kid)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...on-dirdik-kpk.

Dari foto yang ada kelihatan nggak separah yang dikabarkan...






news.bpln
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan