mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KPK Panggil Lagi Lukas Enembe, 1.800 Polisi Disiagakan untuk Cegah Kerusuhan


Aparat gabungan mengamankan enam orang yang membawa senjata tajam dalam demo yang membela Gubernur Papua Lukas Enembe. Sebanyak 1.800 personel diterjunkan usai KPK memanggil Lukas Enembe untuk kedua kalinya. (Sumber: Tribun Papua)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengeluarkan panggilan kedua kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi.

Menurut rencana, pemeriksaan kedua Lukas Enembe sebagai tersangka akan dilakukan Senin (26/9/2022) besok.

Untuk itu, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengerahkan 1.800 personel untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban.

Ribuan personel itu disiagakan di Polresta Jayapura, Polres Jayapura, Polda Papua, dan Brimob termasuk tiga kompi Brimob nusantara dari Polda Sumatera Utara, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Maluku.

Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat mengatakan Kota Jayapura menjadi barometer bagi keamanan di Papua.


Selain menyiagakan personel, pihaknya juga menggalakkan patroli.

"1.800 personel itu siap digerakkan bila terjadi gangguan kamtibmas terutama di Jayapura yang merupakan ibu kota provinsi," ujar Ramdani Hidayat di Jayapura, Sabtu (24/9/2022), dilansir dari Antara.

Adapun situasi keamanan di kawasan rumah pribadi Gubernur Enembe di Koya, Distrik Muara Tami, Ramdani mengakui sekelompok masyarakat dilaporkan masih bersiaga.

"Jumlah pendukung yang berjaga di luar pagar kediaman pribadi Gubernur Enembe di Koya dilaporkan hanya sekitar 20-an orang dan bukan ribuan seperti yang diberitakan," jelasnya.

Ramdani mengungkapkan, penanganan terhadap demo juga akan diperketat agar tidak berakhir dengan kerusuhan seperti tahun 2019.

Ramdani berharap semua pihak turut menjaga keamanan dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

"Jangan mudah terpengaruh isu yang sengaja diembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mari kita jaga Papua agar tetap damai, " pungkasnya.

https://www.kompas.tv/article/331770...egah-kerusuhan
Udah cape kali ribuan massa di rumah Lukas Enembe atau balik ke kampung masing-masing buat kerja?
Pertanda bakal dijemput paksa besok?

Rencana Pemeriksaan Lukas Enembe, Polisi Giatkan Patroli dan Razia di Jayapura

JAYAPURA - Polresta Jayapura Kota terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengamankan wilayah Kota Jayapura, menyusul rencana pemeriksaan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 26 September 2022 mendatang.

Sebelumnya KPK telah melayangkan surat panggilan kedua kepada Gubernur Papua tersebut. Lukas dipanggil ulang untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka dalam dugaan gratifikasi senilai Rp1 Miliar.
Lokasi pemeriksaan terhadap Lukas Enembe pun belum jelas akan dilakukan di mana, walau dalam surat panggilan itu, Lukas rencananya akan diperiksa di Kantor KPK Jakarta.

Kaporlesta Jayapura Kota Kombes Pol Dean Victor Mackbon mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi terkait rencana pemeriksaan terhadap Gubernur Papua itu.

Walaupun rencana pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Jakarta namun aparat Kepolisian Polresta Jayapura Kota telah menyiagakan pasukan dan tetap memberikan pengamanan untuk adanya aksi-aksi keramaian atau rencana aksi demonstrasi untuk mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menurut Victor untuk pengamanan saat ini pihaknya mendapat bantuan dua SSK Brimob Nusantara dan di-back up pasukan TNI dari Kodam XVII Cenderawasih.


"Memang ada surat panggilan itu ya, kami belum mendapatkan tembusannya tapi kami sudah mengeceknya ternyata memang betul ada surat panggilan itu. Terkait panggilan itu kan kalau nggak salah pemeriksaannya di Jakarta," ungkap Victor Dean Mackbon di Jayapura, Sabtu (24/9/2022).

Menurut Victor terkait adanya informasi akan digelar aksi demo lanjutan Save Lukas Enembe oleh simptasan dan pendukung Gubernur Papua dari Koalisi Rakyat Papua (KRP) pada tanggal 26 September 2022, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan.

Namun, polisi tetap melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Pasalnya, Kota Jayapura menjadi barometer bagi keamanan di Tanah Cendrawasih.

Sehingga, selain menyiagakan pasukan, pihaknya juga menggalakkan patroli dan razia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
"Untuk aksi demo kan belum ada pemberitahuan ya kepada kami. Jadi prinsipnya kita juga melaksanakan tugas-tugas rutin saja yang ditingkatkan, apa yang ditingkatkan, patroli, kemudian razia untuk mengantisipasi, terus juga untuk soal miras menjadi atensi kami ya, karena ini menjadi sarana untuk provokasi. Itu dari kita untuk mengantisipasi terkait pemeriksaan Bapak Gubernur," imbuhnya.

Terkait situasi Kamtibmas hingga saat ini menurut mantan Wadirkrimsus Polda Papua ini situasi masih kondusif. Walaupun demikian, menurut Victor, ada beberapa laporan masyarakat terkait beberapa keributan yang dipicu oleh minuman keras.

"Memang ada laporan-laporan dari masyarakat seperti keributan, kemudian ada perkelahian, Karena ya itu karena minuman keras itu, itu kan karena memang kita di kota tidak terlepas dari laporan-laporan itu ya. Anggota kami di lapangan sudah bertindak cepat dalam mengantisipasi hal-hal tersebut sehingga tidak meluas," ujar Victor.

Victor juga berharap adanya kerja sama para tokoh untuk dapat menjaga bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah kota Jayapura.

"Kemudian juga mungkin kami imbau juga, dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh politik bisa menjaga situasi ini. Menjaga masyarakatnya jangan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang memang tidak jelas tujuannya, kita semua sama-sama menjaga. Karena yang rugi kita semua kalau tidak bisa diantisipasi. Karena memang peran para tokoh ini sangat penting," tandasnya.

https://news.okezone.com/read/2022/0...ayapura?page=2
Ada demo lagi sama massa simpatisan Lukas Enembe besok... mungkin penjagaan rumahnya dikurangi buat persiapan demo besok emoticon-Hammer2
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
2
1.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan