valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Sumur Resapan Sempat Tergenang, Kini Sodetan Antibanjir Kelar Dibikin


Jakarta - Sumur resapan di Jl Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini sempat tergenang pada Maret lalu. Masalahnya, air tidak bisa meresap ke jenis tanah rawa di sini. Solusi mengusir genangan adalah membangun sodetan supaya air mengalir ke kali terdekat. Kini, sodetan sudah selesai dibangun.

"Sudah selesai dibangun selama dua bulan. Alhamdulillah, semua mengucapkan terima kasih," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Mustajab, kepada detikcom, Rabu (22/9/2022).





Mustajab menjelaskan, sodetan itu menggunakan APBD DKI dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar. Panjangnya adalah 500 meter atau sekitar setengah kilometer.


Lokasi sodetan menghubungkan kawasan sumur resapan yang tergenang dekat Vila Delima, Lebak Bulus, yakni di Jl Karang Tengah, menuju Kali Grogol, melintasi Perumahan Bumi Karang Indah. Sodetan itu berbentuk drainase yang memanfaatkan gravitasi untuk mengalirkan air ke Kali Grogol.



"Bentuk fisiknya kita memakai u ditch precast (beton). Ada yang terbuka (tanpa tutup) dan ada yang tertutup, sesuai kondisi di lapangannya. Kalau memotong jalan maka bentuknya kita tutup dengan boks, apabila di tepi jalan maka terbuka. Dengan demikian, maintenance bisa kita jalankan langsung," kata Mustajab.



Dia yakin kawasan Jl Karang Tengah di seberang Vila Delima itu tidak lagi tergenang seperti Maret lalu. Dihubungi detikcom secara terpisah, Lurah Lebak Bulus, Jaenudin, juga berharap demikian.

"Sekarang sudah rapih. Pengerjaannya selesai kemarin bulan Agustus-September. Sekarang tidak ada banjir dan air lancar mengalir," kata Lurah Lebak Bulus, Jaenudin.

https://news.detik.com/berita/d-6305...-kelar-dibikin

Ane serius tanya lagi nih.. emoticon-Malu (S)

Kalo akhirnya mesti bangun sodetan (baca: got gorong2 seharga 3 miliar) sebagai solusi agar genangan segera mengalir ke kali terdekat.. Trus kemarin pak anies bangun sumur resapan d situ tuh gunanya buat apa??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 22-09-2022 07:49
VruZ
nurade247
ayah.junaedi
ayah.junaedi dan 23 lainnya memberi reputasi
24
2K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan