masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Permainan Tradisional Gobak Sodor
Asal usul nama permainan tradisional Gobak Sodor, jarang ada orang yang tahu


Permainan tradisional, di tengah canggihnya teknologi saat ini keberadaan beragam permainan-permainan lama ini sudah tersingkirkan atau banyak anak-anak yang tidak mengenali dan memainkannya.

Saat ini banyak anak yang lebih untuk memilih permainan elektronik di handphone yang menurut mereka lebih seru dan tidak perlu lelah atau capek panas-panasan di luar rumah atau di lapangan.

Berbeda dengan anak zaman dulu yang mana permainan tradisional adalah aktivitas untuk mengisi waktu luang bersama teman. Entah itu saat istirahat sekolah ataupun ketika sepulang sekolah.

Jenis-jenis permainan tradisional sendiri dapat dikatakan cukup banyak GanSis, jika kalian masih ingat jumlah permainan tradisional tidak kalah banyak dengan jumlah permainan modern atau games mobile.

Salah satu permainan tradisional yang paling sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu dan dimainkan secara berkelompok adalah permainan Gobak Sodor, yang mungkin Agan dan Sista juga masih ingat dengan permainan tradisional yang satu ini.




Permainan Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok GanSis, terdiri dari tiga sampai lima orang di setiap kelompoknya dan dimainkan antara dua kelompok.

Di dalam permainan Gobak Sodor yang perlu untuk dipersiapkan sebelum bermain adalah lapangan permainan yang berbentuk persegi panjang, dibagi menjadi 6 bagian menggunakan garis vertikal dan horizontal yang mana setiap lajur garis dijaga oleh anggota kelompok yang mendapatkan tugas berjaga.

Cara bermainnya pun sangat mudah, team atau kelompok yang berjaga bertugas menghalangi lawan agar tidak mencapai ujung lapangan dengan menghadang dan menyentuh pemain lawan. Lawan yang tersentuh otomatis berubah tuga menjadi penjaga bersama teman kelompoknya.

Mungkin Agan dan Sista sudah sedikit paham dengan penjelasan permainan Gobak Sodor karena rata-rata pernah memainkan permainan ini. Tapi apakah GanSis tahu asal muasal nama Gobak Sodor permainan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun ini?

Menurut beberapa sumber yang TS baca, permainan Gobak Sodor bukanlah permainan tradisional yang asli datang dari Indonesia GanSis, melainkan permainan yang dibawa oleh orang Belanda di zaman penjajahan dulu.

Begitupun dengan nama awal permainan ini, Belanda memberikannya nama "Go Back Through The Door" yang artinya adalah menembus pintu, sebagaimana permainan Gobak Sodor yang memang melaju menembus pintu atau garis.

Memiliki nama yang cukup sulit untuk dilafalkan oleh lidah orang Indonesia, akhirnya nama permainan ini pun dirubah dalam bahasa Indonesia oleh masyarakat terdahulu dengan nama Gobak Sodor.

Di beberapa daerah permainan Gobak Sodor juga memiliki nama lain, yaitu Galasin atau Gala Asin.




Itulah GanSis sekilas tentang permainan Gobak Sodor yang memiliki nama asli "Go Back Through The Door". Mungkin banyak dari Agan dan Sista yang beranggapan bahwa permainan ini berasal dari Indonesia, ternyata permainan ini adalah bentuk permainan warisan jajahan Belanda yang dimainkan oleh anak-anak Indonesia dari zaman dulu sampai sekarang.

Permainan ini selain memiliki sejarah yang cukup panjang dan dimainkan dari masa kemasa, juga memiliki manfaat bagi anak-anak GanSis. Selain mengajarkan anak untuk aktif bergerak juga mengajarkan kedisiplinan, kejujuran, kerjasama, dan ketangkasan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan dari Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
arsenalkufc
cheria021
DeviMp
DeviMp dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.5K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan