Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
RDTR Atur Perluasan Daratan, Pemprov DKI Klaim Beda dengan Reklamasi
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mengatur perluasan daratan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 31 tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Kepala Dinas Cipta Karya, Pertahanan dan Tata Ruang DKI Jakarta Heru Hermawanto menjelaskan bahwa perluasan daratan yang dimaksud berbeda dengan reklamasi.
Konsep perluasan daratan tertuang dalam Pasal 165 ayat 2 huruf i Pergub Nomor 31 tahun 2022. Bunyinya sebagai berikut:

Pengembangan pulau dapat dilakukan perluasan daratan pulau di atas karang mati atau pulau pasir guna mencapai kelengkapan prasarana dan sarana penunjang.

Heru menjelaskan reklamasi dan perluasan daratan merupakan dua hal yang berbeda. Sebab, perluasan daratan sendiri tidak ada aktivitas menutup daratan layaknya reklamasi.

"Kalau reklamasi itu menutup daratannya, airnya dikasih daratan. Kalau ini kan tidak. Jadi (lebih) pemanfaatan," kata Heru kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Heru mencontohkan konsep perluasan daratan ini sama halnya dengan membangun rumah apung. Nantinya, penerapan konsep ini akan berfokus di kawasan Kepulauan Seribu.

Menurutnya, konsep ini sebelumnya tak memiliki aturan tetap sehingga kini dituangkan ke dalam Pergub RDTR. "Jadi ada pemanfaatan rumah-rumah nelayan di atas air. Sekarang kan aturan itu tidak ada," jelasnya.

Heru mengungkap pengembangan daratan cenderung terbatas. Pasalnya, upaya itu justru berdampak pada keseimbangan lingkungan di Kepulauan Seribu itu sendiri.

"Pengembangan di daratan Pulau Seribu kan terbatas, nggak mungkin kalau itu dibangun malah justru mengakibatkan keseimbangan lingkungannya (terdampak)," tandasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya membeberkan lima arah dari Pergub RDTR. Salah satunya, Anies berharap Pergub RDTR membawa Jakarta sebagai kota yang berorientasi transit dan digital.

"Kita ingin Jakarta menjadi kota yang berorientasi transit dan digital. Barangkali gini, berorientasi transit itu artinya menggunakan kendaraan umum," kata Anies saat sosialisasi Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2022 tentang RDTR di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9).

Anies memandang pemerintah selama ini terus mempersiapkan infrastruktur, membangun jalan, hingga mempermudah pendanaan membeli kendaraan pribadi tanpa memikirkan mobilitas masyarakat itu sendiri.

"Sekarang diubah, mobilitas itu adalah urusan pemerintah. Dialokasikan anggaran cukup untuk membiayai mobilitas penduduk. Karena dalam sebuah kota, mobilitas itu adalah salah satu hak yang harus diterima oleh penduduk kota. Namanya hak untuk mendapatkan mobilitas," ujarnya.

Saat ini, kata dia, urusan transportasi menjadi urusan pemerintah untuk mempermudah mobilitas penduduk. Anies memandang seluruh kota global di dunia memiliki sistem transportasi yang maju sekaligus memfasilitasi mobilitas penduduk.

"Jadi berubah, dari situasi di mana urusan transportasi adalah urusan rumah tangga menjadi urusan transportasi urusan pemerintah. Diambil alih tanggung jawabnya oleh pemerintah," jelasnya.

5 arahan Anies dirinci sebagai berikut:
1. Kota berorientasi transit dan digital
2. Perumahan dan permukiman yang layak, terjangkau, dan berdaya
3. Lingkungan hidup yang seimbang dan lestari
4. Destinasi pariwisata dan budaya global
5. Magnet investasi dan pertumbuhan ekonomi kawasan

Anies berharap penerbitan Pergub ini dapat melembagakan sejumlah perubahan aturan yang sebelumnya tertuang dalam Perda RDTR. Dengan begitu, pihaknya dapat mempercepat proses transformasi Kota Jakarta.

"Begitu bisa penuhi lima ini, maka berbagai institusi akan datang ke kota ini untuk melakukan berbagai aktivitas, baik komersil, budaya, dan aktivitas lainnya," tandasnya.

https://news.detik.com/berita/d-6305...an-reklamasi/2

Pertama....

Lu ngapain aja selama hampir 5 tahun memimpin.

Skrg dah menghitung hari keluarin pergub tuk kerja bagi bawahan ente dan pjs yg akan memimpin.emoticon-Cape d...

Enak bgt nyuruh2 org lain emoticon-Cape deeehh

Kedua.

Klo mank mau perluas daratan dgn tema bangunan apung lha kagak bakal seluas reklamasi dan butuh anggaran daerah yg tdk sedikit.

Mikir kagak sih klo masih banyak warga dki yg perlu bantuan pemdanya.

Contoh MCK yg sehatemoticon-Cape d...
secer.makanta1k
antiketek
ivanind
ivanind dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan