rifayeAvatar border
TS
rifaye
Decoy Effect - Strategi Marketing Buat Ningkatin Bisnis Jualan Online Lo


Apa sie decoy effect? Decoy effect tuh suatu fenomena dalam marketing yang mana biasa disebut attraction effect atau asymetric dominan effectyaitu bisa digambarkan secara mudahnya, saat calon pembeli dihadapkan 3 pilihan, dalam hal ini pemilihan harga yang sudah diatur sedemikian rupa, calon pembeli akan lebih cenderung memilih harga yang paling tinggi/mahal yang mana akan menjadi keuntungan bagi penjual.


Disini ane akan coba jelasin sesimple mungkin(klo ada kekurangan tolong tambahin ya).


Saat lo pengen jualan, hal yang paling kritikal sebagai penentu pastilah list harga. Mau buka restoran, atau mau dagang kaki lima sekalipun, hal terpenting adalah bagaimana agan menampilkan list harga barang jualan agan ke calon pembeli.
Disinilah titik penentu kebanyakan calon pembeli akan memutuskan mereka akan membeli jualan kita atau gak.

Nah disini kuncinya, gimana caranya kita sebagai penjual bisa membantu calon pembeli untuk menentukan pilihan mereka, atau lebih tepatnya bagaimana menggiring mereka untuk bisa memilih harga yang paling "baik" sesuai kemauan kita sebagai penjual? emoticon-Leh Uga


Misal ya kita punya dua opsi harga untuk satu bentuk produk yang serupa, mereka(calon pembeli) diharuskan untuk memilih. Opsi pertama, untuk value kecil dengan harga yang murah. Opsi kedua, value yang besar dengan harga yang tinggi/mahal.

Spoiler for 2 Opsi:


Kalau begini pasti lumayan sulit yah milihnya, klo bisa mah milih yang dapet value maksimal dengan hanya ngeluarin kocek yang minimal. yak pastinya calon pembeli ujung-ujungnya rata-rata bakal lebih pilih yang lebih murah deh harganya.


Nah coba sekarang kita tambahin opsi "decoy"-nya. Disini kita bakal bikin opsi pilihan ketiga yang akan digunakan sebagai decoy itu.
Spoiler for 3 Opsi:


Harga yang ditentukan di opsi decoy ini adalah harga yang cuma sedikit lebih murah dari harga maksimal/tinggi/mahal dan jauh lebih mahal dari opsi harga termurah yang akan memberi sugesti bahwa harga mahal itu pasti lebih baik nilai valuenya.

Opsi dimaksudkan sebagai harga tengah-tengah yang padahal gak bener-bener pengimbang, yang akan membuat calon pembeli akan merasa rugi klo gak lebih memilih opsi harga paling tinggi, dibanding opsi tengah ini.


Yak sesimple itulah Decoy Effect. Gimana udah cukup jelas belum?
 



Semakin lo paham tentang Decoy Effect ini, semakin banyak contoh Decoy Effect yang ternyata selama ini kita temui di kehidupan sehari-hari.

Agan bisa terapin decoy effect ini dalam jualan apapun loh. Intinya:

Quote:

 


Ntar klo rame ane tambahin lagi dah contoh2nya ya.


Makasih ya udah mampir di thread ane y gan..sampai ketemu lagi..emoticon-Hai jangan segan2 kirim emoticon-Toast klo ada salah tolong dimaapin dan diingetin y gan, jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) 
klo suka jangan lupaemoticon-Rate 5 Star dan di-share di sosmed kalian
Kalau berkenan minta tolong juga untuk Rekomendasi HT ya!
Diubah oleh rifaye 16-11-2020 06:21
dumpsys
capogie
capogie dan dumpsys memberi reputasi
2
6.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan