masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Banyak Remaja Terinfeksi HIV, Apa yang Harus Dilakukan oleh Para Orang Tua Saat Ini?
Banyak ditemukan kasus anak usia remaja terinfeksi virus HIV, apa yang harus dilakukan oleh para orang tua saat ini?


HIV atau Human Immunodeficiency Virusadalah virus yang menyerang imunitas tubuh seseorang yang terinfeksi sehingga orang tersebut rawan terserang berbagai macam jenis penyakit dan jika seseorang yang terinfeksi HIV tidak segera mendapatkan penanganan serius maka akan mengalami kondisi yang lebih serius yaitu AIDS.

HIV sendiri merupakan virus yang disebarkan karena seseorang bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual, dan virus ini juga disebarkan melalui hubungan seksual GanSis. HIV/AIDS berkaitan erat dengan seks bebas, itulah sebabnya orang yang bergonta-ganti pasangan lebih rawan terjangkit atau terinfeksi virus HIV/AIDS.

Membahas tentang HIV/AIDS, belakangan ini di beberapa daerah di Pulau Jawa diberitakan anak-anak usia remaja dan mahasiswa banyak yang terinfeksi virus HIV. Fenomena ini membuat banyak pihak khawatir sekaligus was-was termasuk dengan para orang tua yang memiliki anak usia remaja menginjak masuk usia dewasa.

Melihat banyaknya orang tua merasa khawatir kepada anak-anak mereka, apa yang seharusnya pata orang tua lakukan saat ini dalam mencegah agar anak tidak terinfeksi virus HIV?
Berikut ini beberapa langkah cepat yang harus dilakukan oleh para orang tua.




1. Memberikan Seks Edukasi Pada Anak

Mungkin ini sebenarnya sudah cukup terlambat untuk memberikan seks edukasi kepada anak-anak GanSis, sebab seks edukasi akan sangat lebih baik untuk diberikan atau diberitahukan kepada anak sedini mungkin agar anak tidak terjerumus ke seks bebas dan semacamnya.

Ajarkan dan berikan pengetahuan kepada anak tentang fungsi-fungsi alat reproduksi, bagian tubuh mana yang dilarang untuk dipegang orang lain, hubungan apa yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan di usia dini, dan tentang pengetahuan lainnya yang sering dianggap tabu.

Saat anak sudah paham tentang resiko dan dampak bahaya jika melakukan seks bebas sedari dini maka kemungkinan untuk mereka melakukan hal tersebut juga lebih kecil GanSis.

2. Mengawasi Pergaulan Anak

Memberikan pengawasan terhadap lingkungan dan pergaulan anak juga perlu untuk dilakukan oleh para orang tua. Pastikan anak kalian memiliki pergaulan yang positif dan tidak membawa anak-anak Agan Sista pada seks bebas, pergaulan bebas, atau penggunaan barang-barang haram dan obat-obatan terlarang.

3. Memberikan Nasihat dan Motivasi Hidup

Memberikan nasihat kepada anak untuk melakukan hal-hal baik dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi salah satu cara menanamkan pemikiran positif kepada anak GanSis. Motivasi anak Agan dan Sista untuk menjadi anak yang baik dan berguna bagi sesama agar mereka juga memiliki pandangan hidup yang baik sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Selain nasihat untuk menjadi baik kalian para orang tua juga perlu memberikan penjelasan tentang baik dan buruk yang sebenar-benarnya, jangan sampai anak salah mengartikan baik dan buruk kemudian menganggap keburukan sebagai kebaikan karena mereka sudah terlanjur nyaman dengan keburukan yang dilakukan.



Itulah GanSis sekilas tentang langkah apa yang harus dilakukan oleh para orang tua melihat fenomena banyaknya anak remaja yang terinfeksi virus HIV belakangan ini.

Sebagai orang tua tentu Agan dan Sista memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik dan mengarahkan anak-anak kalian menjadi pribadi yang baik, jadi jangan sampai kalian lalai dalam mendidik anak dan baru menyesal setelah anak kalian mengalami hal buruk di dalam hidup mereka.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
andrah.aja
siloh
hyacinthusz
hyacinthusz dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.6K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan