dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ketua DPD Usul Israel 'Diungsikan' ke Singapura di Piala Dunia U-20
Ketua DPD Usul Israel 'Diungsikan' ke Singapura di Piala Dunia U-20

Jumat, 16 Sep 2022 23:43 WIB



Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan timnas Israel U-20 bermain di negara tetangga selama perhelatan Piala Dunia U-20 2023.(Detikcom/Rengga Sancaya)

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan timnas Israel U-20 bermain di negara tetangga selama perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Usulan itu diungkapkan La Nyalla mengingat ada penolakan dari organisasi kemasyarakatan akan kedatangan Israel ke dalam negeri. Sudah begitu Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Ide ini terungkap setelah La Nyalla menerima kunjungan beberapa organisasi kemanusiaan yang fokus terhadap persoalan Palestina, Jumat (16/9). Beberapa di antaranya MER-C, AWG, KISDI dan BSMI.

"Win-win solution-nya setelah drawing nanti, semoga pot-nya Indonesia beda dengan Israel, sehingga grup Israel bisa melakukan pertandingan di negara terdekat Indonesia," kata La Nyalla.

"Artinya secara sport, pertandingan jalan, sedangkan secara kemanusiaan dan hubungan diplomatik dengan Palestina juga terjalin baik," kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI itu.

Dalam pandangan organisasi kemanusiaan tersebut Israel adalah negara pelanggar hak asasi manusia. Kehadiran Israel dianggap bertentangan dengan sikap Indonesia yang ingin ada perdamaian di dunia.


"Ini bertentangan juga dengan tujuan negara kita yang ingin mewujudkan perdamaian di muka bumi ini dan menolak segala bentuk penjajahan," kata Sarbini Murad, Ketua Presidium MER-C Indonesia.

Kehadiran Israel, kata Sarbini, melukai perjuangan Indonesia dalam hal kemanusiaan. Lewat La Nyalla mereka berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil sikap untuk tak menerima Israel.

"Makanya kami minta Pak La Nyalla untuk surati Presiden agar kita tidak berikan visa ke Israel. Sebagai bentuk komitmen menentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel terhadap Palestina," katanya.

https://www.cnnindonesia.com/olahrag...ala-dunia-u-20
gabener.edan
s.c.a.
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan