Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Cerita Sopir Truk, Pilih Lewat Tol Trans Sumatera Ketimbang Jalan Nasional
Cerita Sopir Truk, Pilih Lewat Tol Trans Sumatera Ketimbang Jalan Nasional

Jakarta - Was-was, mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan beberapa pengendara yang kerap melintas di jalan nasional di Sumatera. Selain medan yang berat, mereka dihadapkan pada kondisi yang menantang di mana ada titik-titik tertentu rawan tindak kriminal.

Adanya titik-titik rawan ini sendiri telah menjadi pemahaman bersama bagi pengendara yang wira-wiri di jalan nasional.

"Biasanya kalau kita jalan dari Jakarta ke Palembang itu ada titik tertentu, ada yang malak lah, atau biasanya lebih serem lagi bajing loncat bisa habis barang kita diambil," kata Valentino kepada detikcom di Rest Area Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Senin (5/9/2022).

Valentino sendiri merupakan pria yang berprofesi sebagai sopir truk. Biasanya, ia mengirimkan komoditas pangan seperti beras dan buah-buahan dari Jakarta ke beberapa wilayah di Lampung seperti Metro, Kota Bumi dan Natar.

Dalam sepekan, setidaknya Valentino bolak-balik dari Jakarta ke sejumlah wilayah tersebut sebanyak dua kali. Hal itu tergantung adanya permintaan pengantaran.

Namun itu dulu. Kini, kekhawatiran Valentino untuk mengirimkan barang ke Sumatera bisa dibilang sirna. Hal terjadi setelah adanya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Buat kami para supir jadi lebih aman, angka kriminalitas kan berkurang soalnya kalau kita lewat jalan nasional itu biasanya ada titik-titik tertentu yang kita biasa harus memberikan uang lah istilahnya," terangnya.

Valentino pun memaparkan, dengan adanya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah mempersingkat waktu tempuhnya. Sebelumnya, untuk Bakauheni ke Lampung bisa menghabiskan waktu sekitar 4 sampai 5 jam. Kini, waktu tempuh bisa dipersingkat menjadi sekitar 2 jam.

Tak cuma itu, ia menganggap, melintas di tol lebih nyaman. Jalan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tidak bergelombang seperti halnya jalan nasional. Kemudian, jalurnya pun lebar sehingga bisa melaju di lajur kiri tanpa ada rasa khawatir 'bersenggolan' dengan pengendara motor maupun orang menyeberang jalan.

"Tempat istirahat juga rest areanya nyaman, jadi kalau kita nunggu waktu solat, tinggal nunggu. Kalau kita lewat jalan nasional harus nyari tempatnya, buat parkir kita juga susah," katanya.

Hal senada juga diungkap Edi yang juga pengguna Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Menurutnya, kehadiran tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 lalu ini tidak hanya mempersingkat waktu tempuh, tapi juga memberikan rasa aman bagi pengguna kendaraan.

Sebelum adanya tol, ia kerap melintas di jalan nasional yang membuatnya kerap was-was.

"Pada saat kita berangkat ke Palembang Sumatera Selatan begitu banyak rintangan di mana titik-titik rawan yang biasa kita lewati buat pengemudi untuk melintasi Sumatera itu agak down," ujarnya.

Sementara, Branch Manager Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar PT Hutama Karya (Persero) Hanung Hanindito menjelaskan, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dilengkapi sejumlah fasilitas. Di antaranya 12 rest area atau tempat beristirahat untuk pengguna jalan.

Dari 12 rest area ini, sebanyak 8 rest area merupakan Tipe A dan 4 rest area merupakan Tipe B. Rest area Tipe A sendiri dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

"Rest area Tipe A itu sudah dilengkapi dengan SPBU sehingga pengguna jalan tidak perlu takut kehabisan BBM sepanjang melalui jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar," ujarnya.

Fasilitas lain yang disediakan yakni patroli tol, mobil derek hingga ambulan untuk mengantisipasi jika ada kecelakaan.

"Selain itu juga untuk menjamin keamanan dari pengguna jalan itu kami juga melakukan kerja sama dengan temen-temen dari Polda Lampung dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas mengirimkan satuan patroli jalan rayanya untuk melakukan pengamanan di jalur Tol Bakauheni-Terbanggi Besar selama 24 jam," jelasnya.

https://finance.detik.com/infrastruk...jalan-nasional

Alhamdulillah.. Ternyata jalan tol Sumatera bermanfaat juga ya.. emoticon-Malu (S)

Kirain..

Cerita Sopir Truk, Pilih Lewat Tol Trans Sumatera Ketimbang Jalan Nasional

Eh.. Kata mas AHY.. jangan lupa berterima kasih ma pak SBY ya.. Soalnya pak jokowi itu cuma bagian gunting pitanya aja.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 16-09-2022 04:53
bangmansyur
deepzt
bebeninfinix313
bebeninfinix313 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
2.7K
69
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan