baccuAvatar border
TS
baccu
Kapten Kidd, Legenda dan Mitos Kehidupan Bajak Laut

Quote:



Kehidupan Awal

Kidd lahir pada bulan Oktober 1654 di kota Dundee, Skotlandia. Ayahnya seorang pendeta yang bertugas di sebuah gereja. Walaupun pernyataan ini masih diragukan, namun dia sendiri mengaku berasal dari Dundee saat bersumpah melakukan tugas pelayaran. Bukti ini diperkuat tentang cerita warga lokal yang mengaku membantu kondisi keuangan keluarga Kidd setelah ayahnya meninggal.

Pada masa muda, Kidd tinggal di New York di mana dia berteman dengan orang-orang penting hingga gubernur. Dia juga sempat menjadi awak kapal bajak laut yang kemudian membawanya meniti karier sebagai privateer.


Karier Privateer

Sekitar tahun 1689, Kidd bergabung menjadi anggota bajak laut Prancis-Inggris yang berlayar di lautan Karibia di bawah kepemimpinan Kapten Jean Fantin. Pada suat hari dalam sebuah misi pelayaran, Kidd dan beberapa anggota melakukan pengkhianatan, mengusir sang kapten dan berlayar ke koloni Inggris di Nevis. Di sana dia ditunjuk sebagai kapten baik dari hasil voting para awak dan juga ditunjuk oleh gubernur pulau Nevis, kemudian menamai kapal mereka Blessed William.

Pada saat perang antara Inggris dan Prancis, Kidd dipercaya untuk melindungi pulau Nevis dari gempuran Prancis. Karena gubernur Nevis tak mampu membayar mereka, Kidd menyerang pulau Marie-Galante yang saat itu diduduki Prancis. Dia berhasil meluluh lantakkan kota dan merampok sekitar 2000 poundsterling.

Kemudian pada peristiwa Perang Sembilan Tahun, Kidd ditunjuk oleh pemerintah New York dan Massachusetts untuk menangkap seorang privateer musuh di perairan New England. Tak lama berselang, dia mendapatkan uang sebanyak 150 poundsterling setelah ditugaskan sebagai privateer di Karibia. Setahun berikutnya, seorang perompak berbahaya bernama Kapten Robert Culliford berhasil mencuri kapal Kidd saat sedang berlabuh di Antigua.

Kidd pada akhirnya menikahi Sarah Bradley Cox Oort yang saat itu masih berusia 20an pada 16 Mei 1961. Namun begitu, Sarah termasuk salah satu perempuan paling kaya karena mendapat gono-gini dari mantan suaminya dan sudah menjanda sebanyak dua kali.


Pelayaran

Pada tahun 1695, Richard Coote, seorang bangsawan Bellomont yang waktu itu memerintah New York, Massachusetts dan New Hampshire meminta Kidd untuk menyerang Thomas Tew, John Ireland, Thomas Wakre, William Maze dan beberapa bajak laut lain beserta kapal Prancis musuh. Karena dianggap sebagai titah Kerajaan, mau tak mau Kidd harus menerimanya. Berkat tawaran inilah reputasi Kidd sebagai bajak laut semakin dikenal.

Dengan kapal Adventure Galley baru miliknya, dia membawa 150 awak, 34 meriam dan beberapa dayung yang menjadi kunci untuk melakukan manuver dalam pertempuran antar kapal. Saat Adventure Galley berlayar menyusuri sungai Thames, Kidd tidak memberikan salam hormat kepada armada Kerajaan di Greenwich. Akibatnya dia ditembaki dan para awak kapalnya justru melakukan tindakan tercela dengan menepuk bokong mereka dengan gestur menghina.

Karena ulahnya ini, angkatan laut Kerajaan menuntut agar awak Adventure Galley dipindahkan ke armada Kerajaan, namun Kidd menolaknya. Agar awak kapalnya lebih teratur, dia pun berlayar ke New York dan mencari beberapa orang untuk menjadi petugas kapalnya. Beberapa yang terpilih di antaranya adalah para buronan dan mantan perompak.

Di antara para petugas kapal, ada seseorang bernama Hendrick van der Heul yang menempati posisi juru mudi, yang pada era itu bisa dianggap sebagai orang nomor dua di kapal. Van der Heul sangat mencolok karena dia dijuluki sebagai “boncel hitam” dan diyakini bahwa dia keturunan Afrika. Jika hal tersebut benar, maka dia adalah perompak / privateer Afrika pertama yang memiliki jabatan tinggi. Pada akhirnya Van der Heul pensiun dan bekerja di kapal dagang.


Perburuan Bajak Laut

Bulan September 1696, Kidd berlayar menuju Semenanjung Good Hope di Afrika Selatan. Dalam perjalanan, sepertiga awak kapal meninggal akibat penyakit kolera. Kapal barunya juga mengalami beberapa kebocoran yang membuatnya gagal menangkap bajak laut saat di Madagaskar. Ambisi besarnya harus karam akibat kegagalannya, belum lagi biaya ekspedisi yang memakan banyak uang. Saat ada kesempatan untuk menyerang kapal Belanda dan privateer New York, Kidd kembali gagal. Beberapa awak mulai meninggalkan kapal dan beberapa yang tinggal mulai melakukan pemberontakan.

Kidd harus membunuh salah satu petugasnya pada 30 Oktober 1697. William Moore yang bertugas sebagai penembak melihat adanya kapal Belanda dan menyarankan untuk menyerang mereka. Sang kapten menolaknya karena saat itu Belanda tidak sedang berperang dengan Inggris. Akibatnya terjadi percekcokan hingga pada akhirnya Kidd menghantam kepala Moore dengan ember besi hingga tewas. Menurut hukum maritim, kapten kapal memang diperkenankan untuk menghukum awaknya, namun tidak boleh sampai menghilangkan nyawa.


Akhir Hayat Kidd

Pada bulan Januari 1698, Kidd berhasil merampas kapal dagang Armenia yang bernama Quedagh Merchant dan membuang Adventure Galley miliknya. Saat tiba di Anguilla pada April 1699, dia menyadari jika statusnya sebagai privateer sudah dicabut. Dia meninggalkan kapal Quedagh Merchant di pulau Hispaniola yang konon di tempat ini pula dia meninggalkan harta rampasan berupa emas, perak, satin, sutra dan beberapa harga berharga lainnya. Kemudian dia berlayar ke New York dengan sebuah kapal baru yang diberi nama Antonio.

Sesampainya di New York, Kidd melayangkan protes kepada Coote yang justru ditentang balik. Kidd akhirnya ditangkap dan dikirim ke Inggris untuk diadili. Pada 8 dan 9 Mei 1701, Kidd didakwa bersalah atas pembunuhan Moore dan tindakan perompakan lainnya. Kidd dijatuhi hukuman gantung dan beberapa harta rampasannya berhasil ditemukan di Pulau Gardiners, namun konon katanya masih ada harta karun lainnya yang belum ditemukan hingga saat ini.


Kultur Modern

Quote:


Quote:




Klik icon di bawah untuk berkunjung ke thread Ane yang lain



©2011-2022 baccu on KasKus
Diubah oleh baccu 15-09-2022 04:24
fachri15
indrag057
hay.aaja
hay.aaja dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan