Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Hacker Mengaku Bobol 102 Juta Data dari Kemensos, Bukan Bjorka?
Hacker Mengaku Bobol 102 Juta Data dari Kemensos, Bukan Bjorka?

Peretasan data dalam jumlah besar diduga kembali terjadi di Tanah Air. Kali ini disebutkan data bocor dari Kementerian Sosial dengan pelaku yang belum jelas identitasnya. Ini menyambung serangkaian peretasan yang dilakukan akun Bjorka di breached.to, yang mengungkap lemahnya proteksi data pribadi oleh berbagai institusi di Indonesia.

Adanya peretasan terbaru kembali dikabarkan akun Darktracer : DarkWeb Criminal Intelligence di Twitter pada hari ini, Rabu 14 September 2022. “Peringatan. Telah muncul aktor jahat yang menjual database yang mengaku sebagai 102 juta database kewarganegaaraan yang bocor dari Kementerian Sosial RI,” cuitnya.

Pelaku disebutkan memberikan sampel data yang dibobolnya itu berupa puluhan foto lembar KTP. "Penting untuk memastikan apakah klaimnya ini benar," tulis Darktracer lagi

Terlihat pada tangkapan layar bahwa data terkompres sebesar 16 GB, data tak dikompres 85 GB dengan total data 102.533.221. Format yang digunakan antara lain JPG dan PNG. Data termasuk di dalamnya adalah NIK, KK, nama lengkap, tempat lahir, gender, dan umur yang diperoleh pada September 2022 ini.

Tidak disebut pemilik akun yang mengklaim mendapatkan data tersebut. Tapi, sebelumnya sudah ada setidaknya 2 pemilik akun di breach.to yang mengaku mengambil data dari institusi Pemerintah Indonesia. Keduanya adalah Strovian dan Bjorka.

https://tekno.tempo.co/amp/1634305/h...s-bukan-bjorka
nomorelies
Verial
Verial dan nomorelies memberi reputasi
2
1.4K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan