Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangsurotoAvatar border
TS
kangsuroto
PN Jaksel Kabulkan Permohonan Nikah Beda Agama, Dukcapil harus terbitkan akta Nikah


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan permohonan sepasang kekasih berinisial DRS yang beragama Kristen dan JN yang beragama Islam untuk didaftarkan perkimpoiannya.

Hakim tunggal Arlandi Triyogo memerintahkan Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan menerbitkan akta perkimpoian sepasang kekasih beda agama tersebut.

"Memerintahkan agar Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk mencatatkan Perkimpoian Beda Agama Para Pemohon ke Register Pencatatan Perkimpoian yang digunakan untuk itu dan segera menerbitkan Akta Perkimpoian tersebut," tulis amar putusan pengadilan dikutip dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan dikutip Kamis, (15/9/2022).

Amar putusan yang dibacakan pada Senin (8/8/2022) itu menyebutkan bahwa permohonan pasangan itu hanya dikabulkan sebagian.

Pasangan beda agama ini diberikan izin untuk mendaftarkan perkimpoiannya dan dibebankan biaya perkara sejumlah Rp 210.000. Adapun gugatan dengan nomor 508/Pdt.P/2022/PN JKT.SEL itu didaftarkan pada 27 Juni 2022.


Dalam petitumnya, kedua pemohon meminta hakim memerintahkan kepada Kantor Dukcapil Jakarta Selatan untuk menerbitkan akta perkimpoian yang dilaksanakan pada 31 Mei 2022.

Perkimpoian beda agama sepasang kekasih itu telah dilaksanakan di Gereja Kristen Nusantara, beralamat di Jalan Cempaka Putih Barat XXI, Nomor 34, Jakarta Pusat. "Memberikan izin kepada para pemohon untuk mendaftarkan perkimpoiannya di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan," demikian bunyi petitum pemohon.

Sumber


Teman ane sekolah dulu banyak yang agama ortunya beda2 ( ayahnya kristen, Ibunya islam dan sebaliknya ) tapi mereka asik asik aja, kalau ane main ke rumah mereka juga baik kalau saatnya sholat mereka juga ngingetin. Untuk masakan mereka seringnya masak makanan halal.

Semoga dengan adanya aturan ini tak ada lagi yang nyinyir dan lebih saling menghormati pilihan hidup masing masing..

Gimana kalau pendapat agan ?
pilot2isekai078
nomorelies
knoopy
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
912
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan