KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fenomena Aneh, Harga BBM Naik Tapi Harga Harga Masih Terbilang Stabil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63214cb181db9401295a102e/fenomena-aneh-harga-bbm-naik-tapi-harga-harga-masih-terbilang-stabil

Fenomena Aneh, Harga BBM Naik Tapi Harga Harga Masih Terbilang Stabil

Harga BBM Naik, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Tetap Stabil

Fenomena Aneh, Harga BBM Naik Tapi Harga Harga Masih Terbilang Stabil

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga barang kebutuhan pokok terus stabil di masyarakat.
Pihaknya pun terus melakukan pengawasan guna mengantisipasi gejolak harga, khususnya pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Mendag menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Pemerintah Daerah untuk membantu biaya transportasi barang kebutuhan pokok. Terutama bagi daerah yang mengalami kenaikan harga barang kebutuhan pokok lebih dari 5 persen.

"Pemerintah daerah akan membantu subsidi transportasinya sehingga harga barang kebutuhan pokok dapat turun. Jadi ini harus menjadi perhatian jangan sampai bergejolak," kata Mendag Zulhas, Minggu (11/9/2022).

Ia memaparkan pemerintah akan terus berupaya menjaga inflasi pangan terkendali melalui berbagai upaya.

Mulai dari operasi pasar, subsidi angkutan, maupun optimalisasi program Gerai Maritim, Tol Laut, dan Jembatan Udara.

Dengan hal ini, pihaknya optimistis dapat mengendalikan gejolak harga sebagaimana upaya stabilisasi Minyak Goreng yang berhasil mencatatkan deflasi dalam empat bulan terakhir.

Mendag Zulhas melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar Karang Ayu, Semarang, Jawa Tengah hari ini.

"Saya setiap hari memonitor harga barang kebutuhan pokok. Di Pasar Karang Ayu harga barang kebutuhan pokok stabil. Untuk telur terus mengalami penurunan, di pasar tercatat Rp 27.000/kg dan terus kita monitor," jelasnya.

Berdasarkan informasi, harga beras medium tercatat Rp 10.000/kg, beras premium Rp 12.000/kg, gula pasir Rp 13.000/kg, minyak goreng curah Rp 12.000/liter, minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp 18.000/liter, tepung terigu Rp 12.500/kg.

Lalu, daging sapi Rp 130.000/kg, daging ayam ras Rp 34.000/kg, telur ayam Rp 27.000/kg, cabai merah keriting Rp 60.000/kg, cabai merah besar Rp 55.000/kg, cabai rawit merah Rp 45.000/kg, bawang merah Rp 30.000/kg, dan bawang putih Rp 20.000/kg.

Usai memantau harga dan ketersediaan bapok di Pasar Karang Ayu, Mendag Zulhas ikut menghadiri acara Jalan Sehat Serentak Se-Jawa Tengah dalam rangka Gebyar Muktamar Muhammadiyah 'Aisyiyah ke-48.

Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan selamat dan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung berbagai program menyambut Gebyar Muktamar Muhammadiyah 'Aisyiyah Ke-48. Termasuk dalam kegiatan jalan sehat serentak se-Jawa Tengah.

Sumber

Ane tinggal di semarang jawa tengah, Alhamdulillah sampai saat ini masih stabil harga2 kebutuhan pokok, gak tau kalau di kota lain ya... Mudah2an stabil juga

Karena ane jualan Online kemarin pas kirim barang ke JNE dan JNT ane juga sempet nanya apakah bakal ada kenaikan tarif dalam waktu dekat, mereka jawabnya belum ada rencana kenaikan tarif.

Bagaimana dengan kota agan ?




profile-picture
profile-picture
profile-picture
anonymous987 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Warteg langganan gw juga nggak ada kenaikan harga.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
cabe dan telur malah turun gan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
para pedagang besar mamin dijanjikan insentif gan oleh pemkab .
ini instruksi pusat supaya inflasi di masing2 kabupaten ga naik.
jadi ke pengecer harga ga naek.


emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
Semoga ga naek yaa.. kesian sudara2 yg belum beruntung emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
Stabil pala lu kotak?? Pernah belanja gak?
Harga sayur, daging, dll naik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amrulseven dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh truesight
Wee sama gan semarang 🤗
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
Di pasar sekarang bulan" ini aja sepi, klo mau menaik kan harga jg bingung dg kondisi pasar.

Apa lagi kemarin pd dapet bansos yg 600rb (300rb uang, 300rb dlm bentuk sembako). Ngaruh bgt efeknya ke pasar tradisional
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
ya semoga aja subsidi yang tadinya ke BMM beralih ke pangan, semoga aja sih. tapi emang sih gw yang tinggal di bekasi kerja di jakarta belanja masih normal belum ada kenaikan, makan warteg pun belum ada kenaikan. belum bukan berarti tidak loh ya emoticon-Cendol (S)
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
buat sembako kayaknya masih cukup terkendali gan... tapi ongkos2 lainnya yg langsung berhubungan sama bbm misal buat transportasi umum udah naik semua
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan nomorelies memberi reputasi
Nyimak dulu...
emoticon-Ngacir2
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Yap sementara ini harga bahan pokok masih stabil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 2 lainnya memberi reputasi
Bukan aneh, tapi rakyat berusaha menahan diri dan menanggung beban bersama walaupun tanpa apresiasi dari pemerintah.

Dah jadi rahasia umum, kalau satu pedagang naik, efek berantai yang akhirnya menghantam diri sendiri. Akhirnya berusaha memaklumkan walaupun dalam hati ada rasa ingin mengumpat, tapiii lha bisa apa rakyat.... Liat aja berita para tersangka dari pembesar saja masih enak santai nunggu dilupain kasusnya. ..

Ya memang pada akhirnya sesuatu yang di tumpuk lama2 juga bakal meledak... Semoga saja tidak sampai seperti tahun 1998
profile-picture
ashrose memberi reputasi
Diubah oleh Stand_Not_Still
Bagi-bagi uang terakhir, bagi orang yang pegang drigen
naek bre
Beras sama Telur Ayam naik kok
Kalau beli makanan di Warteg masih stabil tapi kalau beli masakan telor di warteg dari 3rb jadi 4rb
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Rumusnya seserhana modal + bahan baku + tenaga (kerja) menghasilkan komoditas.
BBM atau energi bagian dr bahan baku dasar, klo modalnya naik, bahan baku naik tapi komoditas tetap yg boncos ya tenaga (pekerja)

Contohnya dulu uang minyak untuk kerja sebulan cukup 200rb skrg harus keluar 280rb. Gaji gak naik.

Seperti itulah rantai produksi komoditas
Iya kan. Hebat ya.
Pertanda pengusaha semuanya mendukung kenaikan BBM.
Hidup .3 periode aja lanjut.
Siapa yang bilang kalau harga-harga masih stabil, lha wong harga kain saja sudah naik lho sebelum pengumuman kenaikan harga BBM dan setelah pengumuman harganya ikutan naik lagi.
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di